IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN TEMAN SEBAYA

lia hidayah, Eibi Pramitha Miranda, Rani Mega Putri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan permainan edukatif ular tangga untuk meningkatkan etika pergaulan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan subjek penelitian sebanyak 8 peserta didik yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase untuk data angket dan analisis kualitatif untuk data observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor di setiap siklus tindakan. Pada siklus I, skor rata-rata etika pergaulan peserta didik  adalah sebesar 51,25% dan setelah diberikan layanan pada siklus II, skor rata-rata etika pergaulan peserta didik meningkat menjadi 89,87% dan telah mencapai target yang diharapkan peneliti.

 


References


Agustin, P., Nelyahardi, N., & Wahyuni, H. (2022). Upaya Meningkatkan Etika Pergaulan Peserta didik Melalui Teknik Modelling Dalam Layanan Bimbingan Kelompok. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3(2), 70-77.

Arikunto, Suharsimi. (2019) Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmaun, W. O., Syahran, R., & Sastrawati, D. P. (2025). Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Etika Pergaulan Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Bening: Belajar Bimbingan dan Konseling, 9(1), 61-72.

Atika, A., & Martin, M. (2020). Setting Outdoor untuk Dinamika Kelompok dalam Bimbingan Kelompok. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 9(2).

Azmi, L. N., & Nursalim, M. (2019). Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Pemahaman Etika Pergaulan Siswa Kelas VII SMPN 51 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 10(1).

Kesici, S. (2007). Middle school students' guidance and counseling needs. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 7(3), 1325.

Murti, F. K. (2018). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Pemahaman Etika Pergaulan Siswa (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Nasution, H. S., & Abdillah, A. (2019). Bimbingan Konseling: Konsep, Teori Dan Aplikasinya.

Nasution, P. E. S., & Siregar, A. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium UINSU Medan. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(01), 197-208.

Pangestika, R. N., Damiri, D. S., & Sari, R. P. (2023). Upaya Meningkatkan Etika Berbicara Siswa Melalui Teknik Sosiodrama Kelas VIII SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling (JIMBK), 5(2), 299-306.

Rama, dkk. 2019. “Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Etika Pergaulan di Sekolah Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Martapura. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman”. 5(2): 91- 94.

Reinald, I. R. K. C. C., & Nugraha, F. R. (2024). Pentingnya Konseling Kelompok Dalam Layanan Konselor SDIT Permata Hati Bekasi, Kabupaten Bekasi Terhadap Peserta Didik Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak di Era Digital.

Rismi, Ridho., dkk. (2022). Bimbingan Kelompok dalam Pemahaman Nilai Empati untuk Meningkatkan Sikap Prososial peserta didik. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia).8(1)

Sudarman, E., & Madiistriyatno, H. (2022). Sosiologi dan Manajemen Pendidikan (Edisi Revisi). Indigo Media.

Supriyanto, A., Hendiani, N., Wahyudi, A., Purwadi, P., & Fauziah, M. (2020). Peer Guidance: development of Children's Wellbeing on Addicted Parents. Counsellia: jurnal bimbingan dan konseling, 10(1), 69-82.

World Health Organization (WHO). (2018). Guidance on ethical considerations in planning and reviewing research studies on sexual and reproductive health in adolescents.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v15i1.24197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.