MATEMATIKA DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
Abstract
Matematika adalah studi yang mempelajari tentang besaran, struktur, ruang, relasi, perubahan dengan beraneka topik, pola, bentuk dan entitas. Matematika digunakan dalam seluruh aspek kehidupan didunia, sebagai alat penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan seperti ilmu pengetahuan alam, rekayasa, medis, sosial, ekonomi dan psikologi. Cabang ilmu matematika seperti algoritma dapat menciptakan efektivitas dan efisiensi dalam pemograman komputer dan ukuran file. Penggunaan logika, aritmatika, sistem bilangan real berguna untuk kecerdasan buatan, sistem digital, basis data, teori komputasi, pembuatan jaringan saraf tiruan dan lain sebagainya. Sehingga tidak diragukan lagi matematika mempunyai peran besar dalam mengembangkan teknologi yang ada saat ini.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ahmad, A. M. (2021). Konsep-Konsep Dasar Matematika Dalam Ekonomi. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.59098/mega.v2i1.428
Amir, A. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma, 11, 18–33. https://repo.uinsyahada.ac.id/127/1/Almira Amir.pdf
Arianto, F., & Julan, H. (2016). RJ25.pdf (pp. 2527–6182).
Hasmiati, Sri Auliyah S, Pratama, M. I., Ade Septiani Kusuma Dewi, Muh. Taufiqurahman, & Nurul Sakinah. (2023). Analisis Model Matematika dalam Menemukan Solusi Permasalahan Stunting Akibat Kesehatan Mental Masyarakat di Kabupaten Jeneponto. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 44–55. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3133
Hassan, S. M. (2017). Prinsip Desain Geometri Arsitektur Tadao Ando. EMARA: Indonesian Journal of Architecture, 3(2), 77–90. https://doi.org/10.29080/emara.2017.3.2.77-90
Hermawan, H., Komalasari, G., & Hanim, W. (2019). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 65. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.924
Hidayatika, A. M., Sri, T., & Asih, N. (2021). Pemodelan Matematika Perkembangan Kanker Serviks dengan Treatment Radioterapi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 727–735.
Husna, I., & Alfarizi, A. G. (2013). Pengolahan Bentuk Geometris Pada Massa Bangunan Di. 1–10.
Irani, A. R., Rizqi, N. R., Dalimunthe, N. F., Eriliya, T., Boru, W., Tobing, L., Thahara, M., Yani, J., Herawati, N., Studi, P., Matematika, P., & Washliyah, U. Al. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Wordwall pada Materi Bilangan Bulat. 5(1), 16–20.
Izza, Z. A., Falah, M., & Susilawati, S. (2023). Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Masa Merdeka Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2871–2880. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1954
Karim, A., Labuhanbatu, U., Purnama, I., Labuhanbatu, U., Harahap, S. Z., Labuhanbatu, U., & Labuhanbatu, U. (2021). OR (Issue January).
Khairil, & Ginta, P. W. (2012). Implementasi Pengamanan Database Menggunakan MD5. Jurnal Media Infotama, 8(1), 29–44.
Khatizah, E. (2024). RJ7.pdf (pp. 145–156).
Mahardika, F. (2019). Penerapan Teori Graf Pada Jaringan Komputer Dengan Algoritma Kruskal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 4(1), 48–53. https://doi.org/10.30591/jpit.v4i1.1032
Nst, Z. M., Siadari, M. M., Saragih, I. J. S., Kirana, I. O., & Siregar, Z. A. (2023). RJ12.pdf (pp. 180–191).
Nur Latifah, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42–51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051
Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 39. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890
Rismawati, M. (2016). Melinda Rismawati.,. Mengembangkan Peran Matematika Sebagai Sarana Berpikir Ilmiah, 7(2), 203–215.
Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106
Saifudin, M. N., Cahyaningrum, Z. F., Habiba, D. H. I., Ulayya, S. D., & Susilo, B. E. (2024). Studi Literatur : Tantangan dan Peluang: Inovasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Prisma, 7, 906–913. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Siregar, R. M. R., & Dewi, I. (2022). Peran Matematika dalam Kehidupan Sosial Masyarakat. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 77–89. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1888
Sudrajat. (2020). Peranan Matematika Dalam Perkembangan IPTEK. “The Power of Mathematics for All Aplications,” 1–12.
Tamimi, F., & Munawaroh, S. (2024). Teknologi Sebagai Kegiatan Manusia Dalam Era Modern Kehidupan Masyarakat. 2(3), 66–74. https://doi.org/10.61132/saturnus.v2i3.157
Yuniarti, D. A. F., Kartika, D. L., & Prianggono, A. (2022). Analisis Minat Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Pada Mata Kuliah Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 7(1), 47. https://doi.org/10.26737/jpmi.v7i1.3437
Yusuf, H. baharudin, Jannah, H., Mufatikhatunihayah, M., Nurhalizah, A., & Rasilah, R. (2024). Cendikia Cendikia. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 454–474.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v15i1.24079
Refbacks
- There are currently no refbacks.