MATEMATIKA DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Azizah Yusra Amaliyah Harahap, Indah Syasmita, Latifah Annisa, Fitra Ramadan Akbar

Abstract


Matematika adalah studi yang mempelajari tentang besaran, struktur, ruang, relasi, perubahan dengan beraneka topik, pola, bentuk dan entitas. Matematika digunakan dalam seluruh aspek kehidupan didunia, sebagai alat penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan seperti ilmu pengetahuan alam, rekayasa, medis, sosial, ekonomi dan psikologi. Cabang ilmu matematika seperti algoritma dapat menciptakan efektivitas dan efisiensi dalam pemograman komputer dan ukuran file. Penggunaan logika, aritmatika, sistem bilangan real berguna untuk kecerdasan buatan, sistem digital, basis data, teori komputasi, pembuatan jaringan saraf tiruan dan lain sebagainya. Sehingga tidak diragukan lagi matematika mempunyai peran besar dalam mengembangkan teknologi yang ada saat ini.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad, A. M. (2021). Konsep-Konsep Dasar Matematika Dalam Ekonomi. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.59098/mega.v2i1.428

Amir, A. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma, 11, 18–33. https://repo.uinsyahada.ac.id/127/1/Almira Amir.pdf

Arianto, F., & Julan, H. (2016). RJ25.pdf (pp. 2527–6182).

Hasmiati, Sri Auliyah S, Pratama, M. I., Ade Septiani Kusuma Dewi, Muh. Taufiqurahman, & Nurul Sakinah. (2023). Analisis Model Matematika dalam Menemukan Solusi Permasalahan Stunting Akibat Kesehatan Mental Masyarakat di Kabupaten Jeneponto. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 44–55. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3133

Hassan, S. M. (2017). Prinsip Desain Geometri Arsitektur Tadao Ando. EMARA: Indonesian Journal of Architecture, 3(2), 77–90. https://doi.org/10.29080/emara.2017.3.2.77-90

Hermawan, H., Komalasari, G., & Hanim, W. (2019). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 65. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.924

Hidayatika, A. M., Sri, T., & Asih, N. (2021). Pemodelan Matematika Perkembangan Kanker Serviks dengan Treatment Radioterapi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 727–735.

Husna, I., & Alfarizi, A. G. (2013). Pengolahan Bentuk Geometris Pada Massa Bangunan Di. 1–10.

Irani, A. R., Rizqi, N. R., Dalimunthe, N. F., Eriliya, T., Boru, W., Tobing, L., Thahara, M., Yani, J., Herawati, N., Studi, P., Matematika, P., & Washliyah, U. Al. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Wordwall pada Materi Bilangan Bulat. 5(1), 16–20.

Izza, Z. A., Falah, M., & Susilawati, S. (2023). Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Masa Merdeka Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2871–2880. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1954

Karim, A., Labuhanbatu, U., Purnama, I., Labuhanbatu, U., Harahap, S. Z., Labuhanbatu, U., & Labuhanbatu, U. (2021). OR (Issue January).

Khairil, & Ginta, P. W. (2012). Implementasi Pengamanan Database Menggunakan MD5. Jurnal Media Infotama, 8(1), 29–44.

Khatizah, E. (2024). RJ7.pdf (pp. 145–156).

Mahardika, F. (2019). Penerapan Teori Graf Pada Jaringan Komputer Dengan Algoritma Kruskal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 4(1), 48–53. https://doi.org/10.30591/jpit.v4i1.1032

Nst, Z. M., Siadari, M. M., Saragih, I. J. S., Kirana, I. O., & Siregar, Z. A. (2023). RJ12.pdf (pp. 180–191).

Nur Latifah, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42–51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051

Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 39. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890

Rismawati, M. (2016). Melinda Rismawati.,. Mengembangkan Peran Matematika Sebagai Sarana Berpikir Ilmiah, 7(2), 203–215.

Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106

Saifudin, M. N., Cahyaningrum, Z. F., Habiba, D. H. I., Ulayya, S. D., & Susilo, B. E. (2024). Studi Literatur : Tantangan dan Peluang: Inovasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Prisma, 7, 906–913. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

Siregar, R. M. R., & Dewi, I. (2022). Peran Matematika dalam Kehidupan Sosial Masyarakat. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 77–89. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1888

Sudrajat. (2020). Peranan Matematika Dalam Perkembangan IPTEK. “The Power of Mathematics for All Aplications,” 1–12.

Tamimi, F., & Munawaroh, S. (2024). Teknologi Sebagai Kegiatan Manusia Dalam Era Modern Kehidupan Masyarakat. 2(3), 66–74. https://doi.org/10.61132/saturnus.v2i3.157

Yuniarti, D. A. F., Kartika, D. L., & Prianggono, A. (2022). Analisis Minat Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Pada Mata Kuliah Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 7(1), 47. https://doi.org/10.26737/jpmi.v7i1.3437

Yusuf, H. baharudin, Jannah, H., Mufatikhatunihayah, M., Nurhalizah, A., & Rasilah, R. (2024). Cendikia Cendikia. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 454–474.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v15i1.24079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.