Tebus Murah di Ritel Modern Perspektif Hukum Islam

Rahmat Hidayat

Abstract


Dalam melakukan persaingan dan pengembangan usaha, ritel modern terus melakukan inovasi-inovasi. Salah satu bentuk inovasi ritel modern adalah pemberian promo tebus murah. Promo tebus murah bisa didapatkan konsumen dengan membeli produk sponsor dengan harga atau kuantitas minimum. Promo ini terbilang baru di masyarakat sehingga perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hukum promo tebus murah yang ada di ritel modern. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan sifat indentifikasi hukum. Penelitian ini menemukan bahwa promo tebus murah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Skema tebus murah tidak termasuk dari skema multi akad yang dilarang oleh syariah. Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan promo tebus murah adalah jenis produk, ketentuan dan syarat tambahan, serta penetapan harga produk sponsor.


Full Text:

PDF

References


Buku

Ali, Zainuddin. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika, 2021.

Al-Baihaqi, Abu Bakar. Al-Sunan al-Kubra. Beirut: Dar al-kutub al-Ilmiyah, 2003.

Daruquthni, Sunan Darquthni. Beirut: Mu`assasah al-Risalah, 2004.

Gilbert, David. Retail Marketing Management. United Kingdom: Financial Times Prentice Hall, 2003.

Ibnu Hanbal, Ahmad. Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal. Kairo: Muassasah Al-Risalah, 2001.

Ibnu Majah, Sunan Ibnu Majah. Kairo: Dar Ihya Kutub Arabiyah, t.th.

Kuwait, Kementerian Wakaf dan Urusan Islam. Al-Mausu’ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah. Kuwait: Dar al-Salasil, 1327H.

Al-Nawawi, Abu Zakaria. Al-Majmu’ Syarh al-Muhazzab. Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Qamar, Nurul., et al., Metode Penelitian Hukum (Legal Research Methods). Makassar: CV. Social Politic Genius, 2017.

Al-Syafi’i, Muhammad bin Idris. Al-Umm. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1990

al-Zuhaily, Wahbah. Al-Fiqh al-Islamy wa Adillatuhu. Beirut: Dar al-Fikr, 1985.

Jurnal

Euis Soliha, “Analisis Industri Ritel Di Indonesia”, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Vol. 15, No.2, (September 2008): 128-142.

Luqman Hakim, Rina Sri Wulandari,dan Candra Maulana, “Peranan Tingkat Kualitas Pelayanan Dalam Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Di Supermarket X”, Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SNasTekS), Vol. 1 No. 1 (2019): 192-210.

Skripsi

Rudi Mintarto, “Analisis Kualitas Pelayanan Pada Ritel Dengan Pendekatan Retail Service Quality Scale (Rsqs), Customer Satisfaction Index (Csi) Dan Improvement Gap Analysis (Iga) (Studi Kasus: Super Indo Jl. Menuan No. 1-3 Kel. Brontokusuman, Kec. Margansan, Yogyakarta)”, Skripsi, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2017.

Website

KBBI Online, diakses pada 25 Januari 2022. https://kbbi.web.id/tebus

KBBI Online, diakses pada 25 Januari 2022. https://kbbi.web.id/murah




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/taqnin.v3i02.11054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By :

Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.

 

INDEXED BY :