Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian J.CO Donuts & Coffee Masyarakat Kota Binjai

muhammad haqqi an nazili lubis lubis, Anriza Witi Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh labelisasi halal, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian J.CO Donuts & Coffee di Kota Binjai pada Masyarakat Kota Binjai.Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian, sedangkan variabel independen adalah labelisasi halal, kualitas produk dan harga. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Sumber data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dinilai dengan skala likert kepada konsumen J.CO Donuts & Coffee dengan teknik Probability Sampling menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan uji determinasi dengan tingkat signifikansi sebesar 5 persen (α = 0,05) yang diolah dengan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel labelisasi halal tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian J.CO Donuts & Coffee. Sedangkan variabel kualitas produk dan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, variabel labelisasi halal, kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alfian, I., & Marpaung, M. (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Brand Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Medan. AT-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), 122–145. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/article/view/777 Universitas Potensi Utama Fakultas Ekonomi Islam

Amirullah. (2021). Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.ISBN/ISSN: 978-623-6133-27-9

Databoks.katadata.co.id. (2021). Inilah Merek Cepat Saji Terbaik di Indonesia pada 2021, Mana Kesukaanmu? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/23/inilah-merek-cepat-saji-terbaik-di-indonesia-pada-2021-mana-kesukaanmu. Diakses Pada 30 Mei 2023, Pukul 19.46 WIB

Databoks.katadata.co.id. (2022a). Indonesia Jadi Konsumen Makanan Minuman Halal Terbesar di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/15/indonesia-jadi-konsumen-makanan-minuman-halal-terbesar-di-dunia#:~:text=Dinar%20Standard%20menghitung%20nilai%20konsumsi,konsumsinya%20sebesar%20US%24113%20miliar. Diakses Pada 30 Mei 2023, Pukul 23.51 WIB

Inilahbandung.com. (2023). Belasan Tahun Berdiri, JCO dan BreadTalk Putuskan untuk Proses Sertifikasi Halal. https://www.inilahbandung.com/nasional/5847883805/belasan-tahun-berdiri-jco-dan-breadtalk-putuskan-untuk-proses-sertifikasi-halal. Diakses Pada 17 Juni 2023, Pukul 14.23 WIB

Kedutaan Besar Republik Indonesia. (2018). Selamat Datang J.CO Donuts and Coffee di Riyadh. https://kemlu.go.id/riyadh/id/news/489/selamat-datang-jco-donuts-and-coffee-di-riyadh. Diakses Pada 13 Juni 2023, Pukul 15.51 WIB

Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2014). UU No. 33/2014: Pemerintah Harus Bentuk Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal. https://www.kominfo.go.id/content/detail/4240/uu-no-332014-pemerintah-harus-bentuk-badan-penyelenggara-jaminan-produk-halal/0/berita. Diakses Pada 31 Mei 2023. Pukul 18.36 WIB

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (2022). Kemenperin: Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,57% di Kuartal III-2022. https://kemenperin.go.id/artikel/23696/Kemenperin:-Industri-Makanan-dan-Minuman-Tumbuh-3,57-di-Kuartal-III-2022. Diakses Pada 31 Mei 2023, Pukul 17.58 WIB

KOMINFO. (2019). [HOAKS] J.CO Mengandung Minyak Babi. https://www.kominfo.go.id/content/detail/17047/hoaks-jco-mengandung-minyak-babi/0/laporan_isu_hoaks. Diakses Pada 31 Mei 2023, Pukul 16.22 WIB

Kotler, P., & Armstrong, G. (2022). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Maxmanroe.com. (2014). Melihat Sejarah Bisnis J.Co Donut & Coffee. https://www.maxmanroe.com/melihat-sejarah-bisnis-j-co-donut-coffee.html. Diakses Pada 16 Juni 2023, Pukul 13.41 WIB

Nurlaela, Pettenreng, H. A. Muh. A., & Hamid, Abd. H. (2021). Produk Halal Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen. Makassar: Pusaka Almaida. ISBN: 978-623-226-214-0

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Top Brand Award. (2023). Top Brand Index. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_year=2023&tbi_index=top-brand&type=brand&tbi_find=Donuts. Diakses Pada 27 Juli 2023, Pukul 10.43 WIB

Tvonenews.com. (2022). Viral! Pecahan Kaca Ditemukan di Donat JCO. https://www.tvonenews.com/lifestyle/trend/52906-viral-pecahan-kaca-ditemukan-di-donat-jco-netizen-itu-pesanan-punya-limbad?page=2. Diakses Pada 11 Juli 2023, Pukul 22.13 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/se.v0i2.18022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/studiaeconomica/