POTENSI UMKM SYARIAH DODOL BENGKEL DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Sri Meylinda, Syahruna Fitri

Abstract


Era 5.0 atau yang biasa disebut dengan zaman kontemporer dengan segala macam teknologi yang dihasilkan menuntut setiap individu untuk dapat berinovasi. Perkembangan industri yang pada awalnya bermula di Inggris sejak pasca renaisans terus meregenerasi berbagai pemikiran baru terkait dengan kemjuan industri di seluruh dunia. Pada mulanya kegiatan industri hanya dapat dilaksanakan oleh orang-orang yang memiliki modal dengan jumlah besar. Namun, seiring berkembangnya teknologi, pelaksanaan kegiatan industri dapat dilaksanakan oleh masyarakat kecil hanya dengan membuka lapak kecil atau yang biasa disebut dengan Usaha Minimum Kecil Menengah (UMKM). Pada kesempatan ini, peneliti akan mencoba mengungkap beberapa faktor yang menjadi pemicu timbulnya potensi pengembangan industri oleh program UMKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari data yang valid mengenai Potensi yang dihasilkan oleh pelaksanaan kegiatan UMKM dalam meningkatkan stabilitas dan kemajuan perekonomian dalam industri halal di Desa Pasar Bengkel Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang bedagai. Melalui penelitian ini juga, penulis berharap bahwa agar masyarakat dapat lebih gencar untuk mengembangkan UMKM syariah

Keywords


Industri halal, Perekonomian, UMKM

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifqi, Moh. Musfiq. 2021. “Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah Di Masa Pandemi Covid-19.” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 3, no. 2.

Handayani, Tati, dan Pusporini. 2021. Membangun UMKM Syariah Di Industri Halal. Yogayakarta: Penerbit Deepublish.

Indupurnahayu, Muhamad Fahrudin Safalah, dan Miranti Ayu Utami. 2022. “Potensi Dan Peluang UMKM Terhadap Upaya Pemulihan Ekonomi Di Kota Bogor Pada Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 10, no. 2.

Saepudin, Encep. 2022. Ekosistem Industri Halal. Departemen Ekonomi Dan Keuangan Syariah - Bank Indonesia. Vol. 5.

Setiavani, Gusti, Adil Sugiono, and Dkk. 2018. “Teknologi Pengolahan Dan Peningkatan Nilai Gizi Dodol.” PANGAN 27, no. 3.

Setyawati, Irma. 2009. “Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Dalam Perekonomian Nasional.” Majalah Ilmiah Widya".

Singgih, Moh. Nur. 2020. “Strategi Penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai Refleksi Pembelajaran Krisis Ekonomi Indonesia.” Jurnal Ekonomi Moderenisasi Fakultas Ekonom.

Siregar, Eddy Irsan. 2014. “Model Keunggulan Kompetitif Usaha Mikro Kecil Batik.” Jurnal Pengkajian Koperasi dan UMKM 9, no. 1.

Thamrin, Husni, Zulfadli Nugraha, and Triyan Putra. 2022. “Overview Industri Halal Di Perdagangan Global.” SYARIKAT 5.

Wilson, Heri, and Ety Rahayu. 2023. “Dampak Sosial Dan Ekonomi Pembangunan Jalan Tol MKTT Terhadap UMKM Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai.” Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP) 7, no. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/se.v0i1.17147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/studiaeconomica/