STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
Abstract
Komunikasi sebagai suatu proses dalam menyampaian pesan atau informasi untuk mencapai suatu tujuan, komponen utamanya adalah komunikator atau sumber pesan, komunikan atau penerima pesan dan pesan itu sendiri. Dalam proses pembelajaran bagi anak usia dini, komunikasi harus dikembangkan dengan strategi yang disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satu pusat perhatian kajian adalah perkembangan bahasa anak yang akan memberikan pengaruh besar terhadap strategi komunikasi terhadap anan usia dini. Kesalahan populer komunikator yaitu orang dewasa dalam bahasa komunikasi, dan hambatan-hambatan komunikasi bagi anak harus menjadi perhatian yang besar dalam menyusun strategi komunikasi. Ada tiga hal Penting dalam pembelajaran anak usia dini yakni penggunaan istilah yang tepat, berkesinambungan, dan adanya aba-aba untuk berpindah tema. Beberapa strategi yang dapat dilakukan agar anak usia dini merasa nyaman saat berkomunikasi dengan guru , Pertama Jadilah pendengar yang baik Kedua Fokus pada anak dan Ketiga Mengulang kembali cerita anak dan Keempat Bertanya.
Keywords
komunikasi, belajar, anak usia dini
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Zahroh, Iroh Siti. 2002 .Komunikasi dalam Pengasuhan.Dirjen PAUD Nonformal dan Informal. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Brown, H. Douglas. 1994. Principles of Language and Teaching. Third Edition New Jersey Prentice Hall Regents.
Hurlock ,Elizabeth B.. 2005. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Hadari Nawawi dan Mini Martini, Penelitian Terapan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1996.
Effendy, Ucjhana Onong. (2011). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Iriantara, Yosal. (2013). Komunikasi Pendidikan. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v26i1.9474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 An Nadwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.