Social Analysis of the Dynamics of History Learning for Generation Z
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abrar, Abrar. “Pembelajaran Sejarah Dan Teacherpreneur.” Jurnal Pendidikan Sejarah 4, no. 2 (August 18, 2017): 1–12. https://doi.org/10.21009/JPS.042.01.
Anggito, A, and J Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. books.google.com, 2018.
Bencsik, Andrea, Tímea Juhász, and Gabriella Horváth-Csikós. “Y and Z Generations at Workplaces.” Journal of Competitiveness 6, no. 3 (September 30, 2016): 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06.
Bucovetchi, Olga, Gabriela Corina Slusariuc, and Simona Cincalova. “Generation Z – Key Factor for Organizational Innovation.” In IBAB International Conference. Bucuresti, 2019.
Butet Nurpadilah Lubis, Ilma Nur Firdaus, Malena Sari Franlin, and Nur Asiah. “Persepsi Mahasiswa Generasi Z Terhadap Sejarah.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 2, no. 2 (June 5, 2023): 107–11. https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i2.223.
Chillakuri, Bharat, and Rajendra Mahanandia. “Generation Z Entering the Workforce: The Need for Sustainable Strategies in Maximizing Their Talent.” Human Resource Management International Digest 26, no. 4 (2018).
Daryanto. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jakarta: Gava Media, 2013.
Firdausi, Fadrik Aziz. “Sejarah Di Mata Generasi Z.” Historia, 2017. https://historia.id/politik/articles/sejarah-di-mata-generasi-z-DB4qV.
Hastini, Lasti Yossi, Rahmi Fahmi, and Hendra Lukito. “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA) 10, no. 1 (February 11, 2020): 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678.
Mulyana, Agus. “Mengembangkan Keterampilan Penelitian Dalam Pembelajaran Sejarah.” Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Pendidikan Indonesia, 2019. http://sejarah.upi.edu/artikel/dosen/mengembangkan-keterampilan-penelitian-dalam-pembelajaran-sejarah/.
Mulyana, Agus, Bara Prastama, Brigida Intan Printina, Chaerol Riezal, Citra Smara Dewi, Dieka W Mardheni, Dwi Ratna Nurhajarini, et al. Pembelajaran Sejarah Kesiapanya Menghadapi Tantangan Zaman. Yogyakarta: Ombak, 2017.
Nasional, Departemen Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional, 2006.
Rahayu, Widayati. “Pembelajaran Sejarah Untuk Generasi Z.” JPSI: Jurnal Pendidikan Sejarah Islam 2, no. 1 (2019). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um0330v2i1p1-7.
Ridhoi, Ronal, Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim, Arif Subekti, Wahyu Djoko Sulistyo, Lutfiah Ayundasari, Indah Wahyu Puji Utami, and Ulfatun Nafi‟ah, eds. “Pembelajaran Sejarah Berbasis Kehidapan Untuk Generasi Z.” In Seminar Nasional Sejarah 2019. Malang: Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, 2019.
Sadiman, Arief S, R. Rahardjo, Anung Haryono, and Rahardjito. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Sakitri, Galih. “Selamat Datang Gen Z Sang Penggerak Inovasi.” Forum Manajemen Prasetiya Mulya 35, no. 2 (2021).
Sidik, Humar, and Suswandari Suswandari. “Pembelajaran Sejarah Dalam Perspektif Generasi Z: Studi Kasus Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 42 Jakarta.” Jurnal Pendidikan Sejarah 11, no. 1 (2022).
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2015.
Umamah, Nurul. “Kurikulum 2013 Kendala Yang Dihadapi Pendidik Dalam Merancang Desain Pembelajaran Sejarah" Dalam Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Sejarah Di Tengah Perubahan.” Prosiding Seminar Nasional "Pembelajaran Sejarah Di Tengah Perubahan, 2014.
Wiratami, Ni Luh, Ni Kadek Candra Widiastuti, and Ni Putu Dita Elysiana. “Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Peningkatan Budaya Literasi Untuk Melahirkan Generasi Penerus Bangsa Yang Berkualitas Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.” Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR) 3 (2023).
Yusuf, Eddy. “Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Generasi Z.” WIDYAKALA JOURNAL 3 (June 14, 2016): 44. https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.23.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dinda Pratiwi Margolang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Mujtama’: Journal of Social Sciences
Published by Faculty of Social Sciences
State Islamic University of Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Email: almujtama@uinsu.ac.id
Al-Mujtama': Journal of Social Sciences is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License