NILAI NILAI SUFISTIK DALAM POLITIK ISLAM
Abstract
Kajian tasawauf sering hanya dikaitkan pada ibadah yang bersifat individual seperti shalat, puasa, zakat maupun haji, sehingga tasawuf dipahami pada ranah bagaimana berbagai ibadah individual dimaksud dapat menjadi bagian penting seorang hamba dihadapan Tuhan. Padahal tasawuf juga bersifat dinamis tidak unsich pada ibadah individual, tapi juga ibadah yang bersifat sosial termasuk didalamnya tentang kekuasaan atau politik. Tentu menjadi pertanyaan yang sentral, bagaimana hubungan tasawuf dengan politik? Dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan normatif dan studi pustaka tentang nilai-nilai sufistik dalam politik Islam. Hasil penelitian ternyata nilai-nilai sufistik menjadi bagian penting dalam politik Islam sebagaimana yng dikemukakan para ahli.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Abbas, M. A. (1970). Kecemerlangan Umar bin Khattab (B. A. Gani & Z. A. Ahmad, Trans.). Jakarta: Bulan Bintang.
Abu al-Farid. (1907). Jamharat awliya wa a‘lam ahl al-tasawuf (Vol. 2). Qahirah: Mu’assasah al-Halabi.
Abu Nasr al-Sarraj. (1950). Kitab al-Luma‘ fi al-Tasawwuf. Mesir: Dâr al-Kutub al-Haditsah.
Agus Salim. (1925, January 9). Jong Islamieten Bond (Persatuan Pemuda Islam). Harian Hindia Baroe. Dalam Tanzil. (1996). Seratus tahun Haji Agus Salim (pp. 292–293). Jakarta: Sinar Harapan.
Agus Salim. (1928, July 6). Iman dan bahagia tidak bercerai. Harian Fadjar Asia. Dalam Tanzil. (1996). Seratus tahun Haji Agus Salim (p. 341). Jakarta: Sinar Harapan.
Agus Salim. (n.d.). Keterangan filsafat tentang tauhid, takdir dan tawakkal.
Al-Amrusyi. (n.d.). Qiṣaṣ al-‘ālam al-Islāmī (Vol. 2). Dar al-Syumul.
Al-Ghazali. (n.d.). Al-Munqidz min al-Dhalal. Kairo.
Al-Ghazali. (n.d.). Ihya’ ‘ulum al-din.
Al-Houdaiby, I. (2010). Memoar Hasan al-Banna: Pengalaman dan perjuangan seorang mujaddid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Al-Qusyairi al-Naisaburi. (n.d.). Al-Risalah al-Qusyairiyah.
Al-Syarqawi, H. (1987). Mu‘jam alfāẓ al-ṣūfiyyah.
Amin, S. (2000). Zuhud di abad modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bukhari, M. ibn I. A. (1422 H). Ṣaḥīḥ al-Bukhārī (Vols. 1 & 8). Damaskus: Dār Ṭauqun Najah.
Ermaya Suradinata. (1997). Pemimpin dan kepemimpinan: Pendekatan budaya, moral dan etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hasan al-Banna. (1992). Majmu‘ah rasā’il al-imām al-shahīd Hasan al-Banna. Kairo: Dar al-Da‘wah.
Haidar Musyafa. (2009). Haji Agus Salim: Diplomat nyentrik, penopang republik. Bandung: Imania.
Ibn ‘Arabi. (1999). Al-Futūḥāt al-Makkiyah (Vol. 3). Libanon: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Ibn al-Qayyim al-Jawziyyah. (1974). Madarij al-salikin: Iyyaka na‘budu wa iyyaka nasta‘in. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Arabi.
Kemendikbud. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kartono, K. (2009). Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Press.
Kusniyati Mochtar. (n.d.). Agus Salim manusia bebas.
Nicholson, R. A. (1975). The mystics of Islam. London: Routledge.
Quraish Shihab. (2000). Menyingkap tabir Ilahi: Asmaul Husna dalam perspektif al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Rachmat Ramadhana al-Banjari. (2008). Prophetic leadership. Jogjakarta: Diva Press.
Rahmat, J. (2000). Tobat. Dalam Sukardi. Kuliah-kuliah tasawuf (p. 225). Bandung: Pustaka Hidayah.
Seyyed Hossein Nasr. (1991). Sufi essays. Albany: State University of New York Press.
Solichin Salam. (n.d.). Ulama intelek.
Tallal Alie Turfe. (2000). Patience in Islam (A. Saifullah, Trans.). Bandung: Mizan.
Trimingham, J. S. (1971). The Sufi orders in Islam. Oxford: Clarendon Press.
Underhill, E. (n.d.). Mysticism: A study of the nature and development of man’s spiritual consciousness.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/moderateel-siyas.v4i1.25759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Moderate El Siyasi: Jurnal Pemikiran Politik Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.