PENDIDIKAN SEBAGAI ALAT PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIOUS POLITIK MASYARAKAT

Mayang Sari Lubis

Abstract


Agama Islam merupakan salah satu agama terbesar yang dianut oleh umat manusia di seluruh dunia. Salah satu ajarannya adalah menjamin kebahagiaan hidup bagi para pemeluknya, baik di dunia maupun di akhirat, yang tercermin dalam Alquran dan Hadis. Selain itu, agama Islam memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat, dengan berbagai fenomena, keadaan, dan fakta-fakta sosial yang ada di sekitarnya. Dalam interaksi sosial sehari-hari, banyak kemajuan yang terjadi dan jelas mempengaruhi perilaku serta pola sikap masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah studi pustaka, yaitu dengan mengumpulkan data melalui pemahaman dan analisis terhadap teori-teori dari berbagai literatur terkait. Temuan menjelaskan bahwa dengan menerapkan nilai-nilai agama Islam secara nyata dan konsisten dalam masyarakat, kita dapat melihat adanya perubahan sosial yang positif. Pendidikan menjadi alat pembentukan karakter yang baik, disamping berfungsi sebagai pedoman hidup, Pendidikan Agama Islam juga berperan sebagai filter dalam menghadapi dampak-dampak negatif akibat perubahan sosial yang terjadi di masyarakat

Keywords


Pendidikan, Islam, Karakter, Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Elvan, Nola Ariesta, ‘Sejarah Pendidikan Islam Dari Klasik, Pertengahan, Dan Modern’, Qouba: Jurnal Pendidikan, 1.2 (2024), pp. 130–40.

Febi Febrianda, ‘Relevansi Konsep Modernisasi Perspektif Ibnu Khaldun Terhadap Perencanaan Pendidikan Agama Islam Di Era Kontemporer’, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 5.1 (2025), pp. 93–99.

Hariyadi, ‘Perubahan Sosial Dalam Islam’, Journal Tarbiyah Jamiat Kheir, 1.1 (2023), pp. 62–73.

Hernawati, and Dewi Mulyani, ‘Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam Dalam Menyiapkan Generasi Tangguh Di Era 5.0’, Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 6.1 (2023), p. 1, doi:10.30659/jspi.6.1.1-17.

Hidayah, Nurul, ‘Transformasi Lembaga Pendidikan Islam Tradisional Masyarakat Madura’, Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 07.02 (2023) .

Husen, and Sukino, Pendidikan Islam Berbasis Modal Sosial, IAIN Pontianak Press, 2023.

Husin, ‘Perkembangan Dan Perubahan Kurikulum Pendidikan Islam Di Indonesia: Tinjauan Historis, Sosiologis, Politis, Ekonomi Dan Manajemen Negara’, ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3.2 (2018), pp. 91–102.

Isti’ana, Ais, ‘Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam’, Indonesian Research Journal on Education, 4.1 (2024), pp. 302–10, doi:10.31004/irje.v4i1.493.

Muhammad Iqbal, Amin Husein Nasution, Pemikiran Politik Islam: Dari Masa Klasik Hingga Indonesia Kontemporer, Jakarta: Kencana, 2017 .

Salman, Atsir Ahmad, Muhammad Fajar Pramono, and Amir Reza Kusuma, ‘Konsep Kesejahteraan Politik Al-Farabi’, 7.4 (2024), pp. 415–25, doi:10.31943/afkarjournal.v7i4.1134.Al-Farabi.

Syaefudin, Ilmu Pendidikan Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/moderateel-siyas.v2i2.23295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mayang Sari Lubis