PERAN MEDIA MASSA DALAM SISTEM POLITIK INDONESIA

Dwi Fuji Pangesty

Abstract


Tulisan ini mengkaji konsep peran media massa dalam sistem Politik di Indonesia. Bagaimana gambaran peran media massa dan konstitusi dalam sistem politik di Indonesia. Dari kajian ini disimpulkan bahwa Peran media sosial dalam dunia politik yang pertama adalah sebagai media kampanye. Media sosial yang biasanya hanya digunakan sebagai media untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman dan kerabat dekat, kini mulai merambah pada komunikasi antara individu dengan institusi. Kedua, media sosial berperan penting dalam pengembangan melek politik masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Kehadiran media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat termasuk mahasiswa sebagai bagian dari kehidupan sosial politik harusnya dapat dimaksimalkan dengan baik. Peran media sosial yang ketiga adalah meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya pemilih pemula. Media sosial yang dijadikan sebagai strategi komunikasi politik merupakan relatif baru dan menjadi fenomena hangat hingga kini

Keywords


Media Massa, Politik, Indonesia

Full Text:

PDF

References


Berikut adalah referensi yang telah dirapikan:

Ardha, B. “Social Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 Di Indonesia.” Jurnal Visi Komunikasi 13, no. 1 (2014): 105–20.

Darajat, Deden Mauli, and Muhtadi Muhtadi. “STRATEGI LITERASI POLITIK UNTUK MENDUKUNG KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA.” Sosio Informa. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung, 2020. https://doi.org/10.33007/inf.v6i3.2422.

Gandhiadi, G K, Komang Dharmawan, and I Putu Eka Nila Kencana. “Peran Pemerintah, Modal Sosial, Dan Kinerja Usaha Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pelaku Industri Tenun Di Kabupaten Jembrana, Bali.” Jurnal Matematika. Universitas Udayana, 2018. https://doi.org/10.24843/jmat.2018.v08.i01.p95.

Mahdia, Asrini. “PENGARUH KONTEN INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS REMAJA AKHIR.” Jurnal Psikologi. Gunadarma University, 2018. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2262.

Muchtar, Khoiruddin, and Aliyudin Aliyudin. “Public Relations Politik Partai Keadilan Sejahtera Dalam Pemilukada Jawa Barat.” Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi 3, no. 1 (June 25, 2019): 69–90. https://doi.org/10.15575/cjik.v3i1.5047.

Mufrikhah, Solkhah. “Keterbatasan Kuota Perempuan Di Parlemen Lokal Indonesia: Analisis Kondisi Kultural Dan Institusional Yang Mempengaruhi Rendahnya Keterwakilan Perempuan Di DPRD Jawa Tengah.” JPW (Jurnal Politik Walisongo) 2, no. 2 (October 31, 2020): 47–66. https://doi.org/10.21580/jpw.v2i2.8070.

Nasrullah, R. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017.

Prayogo, Agung. “BAWASLU: PENGAWASAN DAN TANTANGAN DALAM MEWUJUDKAN PEMILU DEMOKRATIS.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP) 11, no. 3 (December 1, 2022): 246–60. https://doi.org/10.33366/jisip.v11i3.2555.

Suharyanto, A. “Surat Kabar Sebagai Salah Satu Media Penyampaian Informasi Politik Pada Partisipasi Politik Masyarakat.” Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal 6, no. 2 (2016): 123–36.

Sulianta, F. Keajaiban Sosial Media. Jakarta: PT Gramedia, 2015.

Tanuwidjaja, Sony. “Politik Islam Dan Partai Islam Di Indonesia: Mengkaji Secara Kritis Bukti Kemunduran Politik Islam.” Asia Tenggara Kontemporer: Jurnal Urusan Internasional Dan Strategis 32, no. 1 (2010): 29–49.

Yunus, E. “The Role of Social Media in Creating Political Awareness and Mobilizing Political Protests.” Royal Institute of Technology, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/moderateel-siyas.v2i1.23133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dwi Fuji Pangesty