MAKNA LOGO PARTAI POLITIK ISLAM PADA PEMILU TAHUN 2019 DI INDONESIA PERSPEKTIF SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Aiyuhan Nurul Ain, Muhammad Yuslih

Abstract


Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana makna tanda dalam logo partai politik Islam pemilu tahun 2019 di Indonesia dalam analisis semiotika Roland Barthes serta relevansinya pada pemilu tahun 2019 dengan realitas politik di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Dengan metode pengumpulan data membaca, meneliti, dan memahami data yang sesuai dengan tema yang mendukung penelitian ini. Penulis juga melaksanakan wawancara dengan tokoh partai, tokoh agama dan masyarakat awam untuk memperkuat data penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan oleh penulis adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang kemudian dianalisis secara faktual, objektif, dan sistematis. Adapun hasil dari penelitian pada skripsi ini adalah ternyata logologo yang digunakan pada partai politik Islam peserta pemilu tahun 2019 di Indonesia mempunyai makna bahwa simbol-simbol dan warna yang digunakan dalam logo partai menunjukkan lambang dari agama Islam. Dan makna tanda dalam logo partai politik Islam ternyata mempengaruhi masyarakat pemilih dalam menetukan pilihannya pada pemilu tahun 2019 di Indonesia

Keywords


Logo, Partai Politik, Semiotika, Roland Barthes

Full Text:

PDF

References


Berikut adalah referensi yang disusun tanpa nomor dan tanpa menggunakan bullet:

Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Partai Bulan Bintang (PBB). Medan: 25 April 2010.

Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Bandung: 4 Januari 2013.

Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta: Desember 2019.

Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Jakarta: 5 November 2018.

Asrofah. 2014. Semiotik Mitos Roland Barthes dalam Analisis Iklan di Media Masa. Universitas PGRI Semarang: Jurnal Sasindo Vol.2 No.1 Januari.

Januariyansah, Sapitri. 2018. Analisis Desain Logo Berdasarkan Teori: Efektif Dan Efisien. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta: 1 November.

Kusuma, Putu Krisdiana Nara, Iis Kurnia Nurhayati. 2017. Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Ritual Otonan Di Bali. Prodi S1 Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Universitas Telkom: Jurnal Manajemen Komunikasi, Volume 1, No. 2, April.

Mirnawati, Amrah Kasim dan Abd. Rauf Aliah. 2016. Simbol Mitologi dalam Karya Sastra Teks al-Barzanji (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Diskursus Islam Volume 04 Nomor 3, Desember.

Nasution, Afri Deliansyah. 2017. Logo Sebagai Tanda: Analisis Makna Bentuk Dan Peranan Warna Pada Hasil Ciptaan Para Mahasiswa Polimedia. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Nugraha, Aat Ruchiat. Representasi Corporate Identity dalam Logo Baru PDAM Kota Bandung. Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Pratiwi, Trieska Sela, Yuliani Rachma Putri Dan Mohamad Syahriar Sugandi. 2015. Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Logo Calais Tearoland Barthes Semiotics Analysis On Calais Tea Logo. E-Proceeding Of Management: Vol.2, No.3 Desember.

Rosana, Ellya. 2012. Partai Politik dan Pembangunan Politik. Jurnal TAPIs Vol.8 No.1 Januari - Juni.

Sastrawati, Nila. 2015. Simbolisme Dalam Pencitraan Partai Politik. UIN Alauddin Makassar, Al-Daulah Volume 4 Nomer 1 Juni.

Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Siddiq Hartono/ Moderat el-Siyasi: Jurnal Pemikiran Politik Islam Vol. 1 No. 1 Januari 2023.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suprihatini, Amin. 2018. Partai Politik Di Indonesia. Klaten: Penerbit Cempaka Putih.

Tim Penyusun Skripsi. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi. Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo. Semarang: Cetakan II.

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wibowo, Catur. 2018. Partai Politik: Teori dan Praktik di Indonesia. Jakarta: Indocamp.

Wulandari, Sari. 2010. Bedah Logo Autocilin Menggunakan Teori Semiotika. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Komunikasi dan Multimedia, Bina Nusantara University. Humaniora Vol.1 No.2 Oktober.

Muhajirin, Noeng. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rake Sarasin.

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/moderateel-siyas.v2i1.23132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Aiyuhan Nurul Ain, Muhammad Yuslih