Kedudukan Penting Baitul Maqdis Bagi Umat Islam (Studi Analisis Historis)

Amir Sahidin

Abstract


Baitul Maqdis adalah kota suci, bersih dan diberkahi, terletak di pertengahan wilayah Palestina. Kota ini dahulu merupakan ibu kota Syam yang disifati oleh Allah SWT dengan keberkahan. Bahkan, penyebutannya sebagai kota atau tanah barakah sebanyak lima kali dalam empat surat Makkiyah. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kedudukan Baitul Maqdis bagi umat Islam. Namun disayangkan, penjajahan terhadap Baitul Maqdis kini terulang kembali, dilakukan oleh kaum Yahudi. Dari sini penulis melihat perlunya untuk menulis artikel tentang kedudukan penting Baitul Maqdis bagi umat Islam, sehingga akan tumbuh kesadaran untuk membantu kaum Muslimin yang terjajah di tanah barakah tersebut. Artikel ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan berbagai data dari perpustakaan (library research). Berdasarkan kajian tersebut, dapat disimpulkan, Baitul Maqdis memiliki kedudukan penting bagi umat Islam karena ia merupakan kiblat pertama kaum Muslimin; tempat diutus dan singgahnya kebanyakan para nabi; dan terdapat banyak keutamaan. Kedudukan penting ini diperkuat dengan langkah-langkah yang dilakukan Rasulullah dan para sahabat untuk menaklukkannya. Ditambah dengan respon kaum Muslimin baik dari kalangan ulama, hakim, penyair, dan panglima perang pasca penjajahan atau invasi Pasukan Salib terhadap Baitul Maqdis. Selain itu, Baitul Maqdis merupakan bukti toleransi umat Islam terhadap agama lain.

 


Keywords


Kedudukan; Baitul Maqdis; umat Islam

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, J. M. dan J. (n.d.). Tafsir al-Jalalaini. Kairo: Dar al-Hadits.

Al-Baihaqi, A. bin al-H. (2003). Syu’ubu al-Iman. Riyad: Maktabah al-Rusydi.

Al-Basri, M. bin al-M. (1381). Majaz Al-Qur’an. Kairo: Maktabah al-Khanija.

Al-Bukhari, M. bin I. (1422). Shahih al-Bukhari. Beirut: Dar Thuqi al-Najah.

Al-Hakim, A. A. (1990). al-Mustadrak ‘ala Shahihaini. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah.

Al-Hamawi, Y. (1995). Mu’jam al-Buldan. Beirut: Dar Shadir.

Al-Harafi, S. M. (2016). Buku Pintar sejarah dan Peradaban Islam, terj: Masturi Irham dan Malik Supar. Jakarta: Pustaka al-Kausar.

Ali, M. (2016). Para Panglima Islam Penakluk Dunia, terj: Umar Mujtahid. Jakarta: Umul Qura.

Al-Jashash, A. bin A. (1405). Ahkam Al-Qur’an. Beirut: Dar Ihya’ al-Turats.

Al-Jauzi, J. bin A. (2004). Tadzkirah al-Arib fi Tafsir al-Gharib. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah.

Al-Kailani, M. I. (2002). Hakadza Dhahara jil Shalahuddin wa Hakadza ‘Adat al-Quds. Imarat al-’Arabiyyah: Dar al-Qalam.

Al-Kufi, A. bin A. (1976). al-Futuh. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah.

Al-Maghlus, S. bin abdullah. (2009). Atlas Agama Islam, terj: Fuad Syarifuddin Nur. Jakarta: Almahir.

Al-Maqhluts, S. bin A. (2009). Athlas al-Hamalat al-Shalibiyi ‘ala al-Masyrik al-Islami fi al-‘Usur al-Mustha. Riyad: Maktabah al-Abaiken.

Al-Maradi, A. bin M. (1421). I’rab Al-Qur’an. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah.

Al-Naisaburi, M. bin H. (n.d.). Shahih Muslim. Beirut: Dar Ihya’ al-Turats.

Al-Qurthubi, S. (1964). al-Jami’ li Ahkam Al-Qur’an. Kairo: Dar al-Kurub al-Misriyyah.

Al-Shalabi, A. M. (2007). Daulah Zankiyah. Beirut: Dar al-Ma’rifah.

Al-Shalabi, A. M. (2007). Shalahuddin al-Ayyubi wa Wujuduhu fi Qadha’ ’ala al-Daulah al-Fathimiyah wa Tahrir Bait al-Maqdis. Kairo: Dar Ibnu Jauzi.

Al-Thabari, M. bin J. (2000). Jami’ al-Bayan fi Ta’wil Al-Qur’an. Beirut: Muassasah al-Risalah.

Al-Tirmidzi, M. bin ‘Isa bin S. bin M. (1998). Al-Jami’ al-Kabir Sunan al-Tirmidzi. Beirut: Dar al-Gharb al-Islami.

Al-Tsa’alibi, A. bin M. (1418). al-Jawahir al-Hasan fi Tafsir Al-Qur’an. Beirut: Dar Ihya’ al-Turats.

Al-Tsa’labi, A. bin M. (2002). al-Kasyfu wa al-Bayan ‘an Tafsir Al-Qur’an. Beirut: Dar Ihya’ al-Turats.

Al-Wakil, M. S. (1998). Wajah Dunia Islam dari Dinasti Umayyah hingga Imperialisme Modern, terj: Fadhli Bahri. Jakarta: Pustaka al-Kausar.

An-Nawiri, S. (1423). Nihayatu al-Arab fi Funun al-Adab. Kairo: Dar al-Kurub wa al-Watsaiq al-Qaumiyyah.

Badri, Y. bin T. (n.d.). al-Nujum al-Dzahirah fi Muluk Misr wa al-Qahirah. Kairo: Dar al-Kutub.

Hanbal, A. bin M. bin. (2001). Musnad Imam Ahmad bin Hanbal. Beirut: Muassasah al-Risalah.

Hiban, M. bin. (1993). Shahih ibnu Hibban. Beirut: Muassasah al-Risalah.

Hosein, I. N. (2014). Yerusalem Dalam Al-Qur’an, terj: Ikhya Ulumuddin. Jawa Barat: Penerbit Sabiq.

Jauzi, I. (1980). Fadhail al-Quds. Beirut: Dar al-Afaq al-Jadidah.

Katsir, I. bin U. bin. (1988). al-Bidayah wa al-Nihayah. Beirut: Dar Ihya’ al-Turats.

Katsir, I. bin U. bin. (1999). Tafsir Al-Qur’an al-‘Adzim. Dar al-Thab’ah li al-Nasri wa al-Tauzi'.

Khalifah, J. M. S. (2000). Mauqif Fuqaha’ al-Syam wa Qudhatiha min al-Ghazwi al-Shalibi. Libya: Jami’ah al-Fathih.

Khalil, I. (2005). al-Muqawwamah al-Islamiyah li al-Gazwi al-Shalibi. Dar Ibnu Katsir.

Ma’ruf, A. (2010). Atlas Ma’alim al-Masjid al-Aqsha al-Mubarak. Jordan: Muassasah al-Firsan.

Mas’aq, J. A. H. M. (n.d.). al-Thariq ila Bait al-Maqdis. Dar al-Wafa li al-Thaba’ah wa al-Nasr wa al-Tauzi’.

Maulani, Z. A. (2002). Zionisme: Gerakan Menaklukkan Dunia. Jakarta: Penerbit Daseta.

Montefiore, S. S. (2017). Jerusalem the Biography, terj: Yanto Musthafa. Jakarta: PT. Pustaka Alvabet.

Mu’nis, H. (1987). Nuruddin Mahmud. Saudi: Dar Su’udiyyah.

Muhammad, A. bin M. bin. (1987). al-Kamil fi al-Tarikh. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah.

Munawwir, A. W. (1997). Al-Munawwir kamus arab-indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Thaqus, M. S. (2008). Tarikh al-Ayyubi fi Misri wa Bilad al-Syam wa Iqlimi al-Jazirah. Beirut: Dar al-Nafas.

Zaghrut, F. (2009). al-Nawazil al-Kubra fi at-Tarikh al-Islami. Mesir: al-Andalus al-Jadidah.




DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v12i1.9887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Medan Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.