Analisis Perbedaan Empati Anak Usia Dini Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin di TK A di Kecamatan Purwakarta

Karisya Aprilliani, Jojor Renta Maranatha, Risty Justicia

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis perbedaan empati anak usia dini di tinjau berdasarkan jenis kelamin di TK A di Kecamatan Purwakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah anak usia dini dengan kriteria 5-6 tahun di TK di Kecamatan Purwakarta berjumlah 7 orang anak perempuan dan 7 orang anak laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian di analisis menggunakan analisis data model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan empati anak usia dini ditinjau berdasarkan jenis kelamin di Kecamatan Purwakarta yang dimana anak perempuan memiliki empati lebih tinggi dari pada anak laki-laki atau anak perempuan memiliki empati lebih baik dari pada anak laki-laki.

 


Full Text:

PDF

References


Andayani, T. R. (2012). Studi meta-analisis: Empati dan bullying. Buletin

Psikologi, 36-51.

Bastomi, H. (2020). Perbandingan Sikap Empati Mahasiswa Sebagai Calon

Konselor Berdasarkan Analisis Gender. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 64-75.

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Faizah, Kurniawati, Y., & Rahma, U. (2017). Empati Terhadap Siswa Bekebutuhan Khusus ditinjau dari Jenjang Pendidikan Inklusi dan Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi, 2.

Goleman, D. (2016). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Killing, Yahaness, I., & Bunga. (2016). Develoving Empathy Ability By Story-Telling With Puppet For Early Childhood Center. Jurnal Ilmiah Psikologi Manasa. 2.

Maranatha, J. R., & Hadi Putri, D. I. (2021). Empati Anak Usia Dini : Pengaruh Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak Kanak . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1992.

Michalskaa, K.J., Kinzler, K.D., & Decety, J. (2013). Age-Related Sex Differences In Explicit Measures Of Empathy Do Not Predict Brain Responses Across Childhood And Adolescence. Developmental Cognitive Neuroscience. Vol. 3, 22–32.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung :

PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nurdin, M. N., & Fakhri, N. (2020). Perbedaan empati kognitif dan empati afektif

pada remaja laki-laki dan perempuan. Jurnal Psikologi TALENTA, 11.

Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Permendikbud No. 58 Tahun 2009. Tentang Pendidikan Anak Usia Dini.

Santrock, John W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. (Terjemahan: Sarah Genis B) Jakarta: Erlangga.

Solekhah, A. M., Atikah, T. P., & Istiqomah, M. (2018). Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi Sikap Empati Terhadap Perilaku Prososial Pada Anak Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global”. Prosiding Seminar Nasional Kudus: Universitas Muria Kudus.

Sugiyoni. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Villadangos, M., Errastil, J., Amigo, I., Jolliffe, D., & Garcia-Cueto, E. (2016). Characteristics Of Empathy In Young People Measured By The Spanish Validation Of The Basic Empathy Scale. Psicothema. Vol. 28, No. 3, 323- 329.




DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v14i1.16842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Medan Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.