Analisis Kurikulum Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X Pada Madrasah Aliyah

M.Yogy Qorri Dwi Pratama, Moh. Annas Fachruddin, M. Luthfi HS, Alaika M Bagus Kurnia PS

Abstract


Mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah adalah salah satu mata pelajaran yang mempelajari tentang aspek-aspek aqidah akhlak dengan menunjukkan tanda-tanda perilaku kehidupan sehari-sehari baik individu maupun sosial. Dalam pembelajaran aqidah akhlak pastinya terdapat banyak tantangan dan hambatan dalam mengimplementasikan kompetensi pengetahuan baik sikap dan keterampilan. Pada hasil pembelajaran aqidah akhlak siswa kelas X pastinya sangat beragam dan tidak selalu memuaskan. Ada siswa yang hasil belajar aqidah akhlaknya tinggi, ada yang sedang dan ada juga beberapa dari mereka yang hasil belajarnya rendah. Tentu banyak faktor yang mempengaruhi hasil dari proses pembelajaran tersebut tentunya yaitu pentingnya yaitu Guru dalam menganalisis suatu metode pembelajaran yang harus digunakan dalam setiap mata pelajaran. Penyesuian metode sangat penting dalam sebuah interaksi antara Guru dengan siswa agar dapat meningkatkan hasil pembelajaran yang lebih efektif serta meningkatkan hasil dari pembelajaran tersebut. Jika metode pembelajaran sudah diterapkan maka faktor implementasi sosial yang juga sangat penting terhadap penerapan dari hasil pembelajaran yaitu dari pihak individu serta tentunya juga dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi belajar. Pelajaran aqidah bukan hanya sekedar sebuah pembelajaran akan tetapi juga bagaimana Guru dapat membentuk karakter siswa baik itu di dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan luar sekolah seperti kepada keluarga, masyarakat dan teman-teman mereka

Keywords


Kurikulum, Aqidah Akhlak, Madrasah Aliyah

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim, Ali, Tarbiyah Khuluqiyah, Solo: Media Insani, 2013

Syofian Effendy, Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas X Bahasa Di Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong (Bengkulu: IAIN Bengkulu, 2019).

Ahmadi, Abu, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Baskara, 1989

Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012

“Ika Putri Rahayu.Pdf,” n.d., 4–7, accessed December 17, 2022, http://etheses.iainponorogo.ac.id/2161/1/Ika%20Putri%20Rahayu.pdf

“SYOFIAN EFFENDY.Pdf,” n.d., 37–41, accessed December 17, 2022, http://repository.iainbengkulu.ac.id/3224/1/SYOFIAN%20EFFENDY.pdf.

Evi Putriani, “PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BENGKULU 2020” (n.d.).

“RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN” (n.d.): 114.

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2014

Glendoni, Komponen-Komponen Pembelajaran, diakses 30 Oktober 2018

La Adi, “Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam,” JURNAL PENDIDIKAN AR-RASYID 7, no. 1 (2022): 1–9.

“7. BAB IV.Pdf,” n.d., accessed December 17, 2022, http://repository.iainkudus.ac.id/274/7/7.%20BAB%20IV.pdf.

Hidayat, Sholeh, Pengembangan Kurikulum Baru, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2013

Suparman Suparman, “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru,” Milenial: Journal for Teachers and Learning 2, no. 2 (January 31, 2022): 65–68.




DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v14i2.14167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Medan Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.