Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Plastisin di TK Al-Khairiyah Bandar Lampung

Diani Deka Rusanti, Naimah Naimah, Khamim Zarkasih Putro

Abstract


Perkembangan kreativitas pada seorang anak untuk menampilkan suatu karya,ide yang baru yang belum pernah ada sebelumnya. Kreativitas anak dapat dikembangkan ataupun diberikan stimulasi melalui kegiatan bermain menggunakan media plastisin. Permainan media plastisin dapat melatih anak untuk mengembangkan kreativitas serta melatih koordinasi mata dimana dengan menggunkan plastisin anak dapat menuangkan ide kreatif anak secara bebas dan sesuai dengan yang anak inginkan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dimana sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Dalam peneltian ini uji keabsahan data yang digunakan peneliti yaitu triangulasi sumber dan teknik. Dari hasil observasi peneliti menunjukkan bahwa perkembangan kreativitas anak berkembang dengan baik, hal tersebut dapt dilihat bahwa pengembangan kreativitas anak menggunakan permainan plastisin di TK Al-Khairiyah Bandar Lampung Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB), akan tetapi ada sebagian anak yang perkembangan kreativitasnya masih memerlukan bantuan guru ataupun teman sebayanya dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru karena ada sebagian dari anak yang memiliki kebutuhan khusus.


Keywords


Kreativitas; Anak; Media Plastisin

Full Text:

PDF

References


Arlinah, Siti, and Rohita Rohita. 2014. “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Plastisin Pada Kelompok a Di Paud Plus Al Fattah Jarak Kulon Kabupaten Jombang.” PAUD Teratai 3(3):1–5.

ASMAWATI, LULUK. 2017. “Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak.” JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini 11(1):145–64. doi: 10.21009/jpud.111.10.

Astuti, Ria, and Thorik Aziz. 2019. “Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2):294. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.99.

Bermain, Aktivitas. 2014. “Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain.” Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif 0(2).

Cahyani, Ratih, and Suyadi Suyadi. 2019. “Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 3(4):219–30. doi: 10.14421/jga.2018.34-01.

Fitria. 2013. “済無No Title No Title.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Habibi, Muazar. 2012. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. DIY: Deepublish.

Ilhamuddin, and Muallifah. 2011. Psikologi Anak Sukses : Cara Orangtua Memandu Anak Meraih Sukses. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Kholik, Nur. 2020. Startegi Taktis Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.

Miranda, Dian. 2016. “Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Kota Pontianak.” Jurnal of Prospective Learning 1(1):60–67.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nina, VirdynaKhayatul. 2019. Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bangkes, Kadur: Duta Media Publishing.

Nurani, Yuliani, Sofia Hartati, and Sihadi. 2020. Memacu Kreativitas Melalui Bermain: Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pendahuluan, I. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Anak Melalui Media Plastisin Pada Kelompok a ( 4-5 ) Tahun Di Tk Srikandi.” 01(02):66–71.

Rachmawati, Yeni, and Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Rachmawati, Yeni, and Euis Kurniati. 2016. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini.” Wacana Didaktika 4(2):193–200. doi: 10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200.

Rahman, Habibu, Nia Kurniasari, Rita Kencana, Wahyu Purwasari, Gesang Eca Mentari, Azam Muhammad Muttaqin, Mutia Rahayu, Rahma Eka Yuning Wati, Dina Khairiah, Aulia Rahma, Nurhidayati, and Putri Lestari. 2020. Asessmen Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.

Renawati, Renawati, and Suyadi Suyadi. 2021. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Alat Permainan Edukatif Papan Pintar Dari Kulit Kerang.” Aulad: Journal on Early Childhood 4(1):22–27. doi: 10.31004/aulad.v4i1.92.

Sari, Mirna, Prof. Dr. M. Yusu. Aziz, and M. P. Dra. Yuhasriati. 2016. “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Bermain Plastisin Di Tk Satu Atap Sdn Lamlheu Kabupaten Aceh Besar.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usai Dini 1(1):132.

Vionitta, Devi, and Suyadi. 2020. “Kegiatan Kreativitas Seni Warna Anak Usia Dini Melalui Permainan Cat Air Di Masa Pandemi.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Anak Dini 4(1):74–87. doi: 10.31849/paud-lectura.v.

Wahyudin. 2007. A to Z Anak Kreatif. Jakarta: Gema Insani.

Walujo, Adi Djoko, and Anies Listyowati. 2017. Kompendium Pendidikan Anak Usia Dini. Cimanggis-Depok: Prenadamedia Group.

Wiwik Pratiwi. 2017. “Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini.” Manajemen Pendidikan Islam 5:106–17.

Yogyakarta, Universitas Negeri. n.d. “3,389 > T-.” (2):199–208.

Yulinda, Okta, and Sitti Rahmaniar Abubakar. 2020. “Vol. 3, No. 1, Maret 2020 Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO.” Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO 3(1):98.

Yus, Anita. 2012. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v13i2.12861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Medan Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.