Membangun Generasi Milenial Melalui Penddikan Al-Quran Sebagai Investasi Masa Depan Bangsa

Indah Fitriya, Imam Syafi’i

Abstract


Kemajuan suatu bangsa ditandai dengan majunya kesempatan memperoleh pendidikan  yang luas dan  berkualitas  tinggi bagi  masyaraktnya.  Keberhasilan membangun sumber  daya  manusia  yang berpengetahuan  sekaligus  berakhlakul karimah, merupakan tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di instansi  kependidikan.  Dalam konteks  manusia yang berkualitas  dan  memiliki keunggulan, maka keunggulan itu perlu dikenali dan dikembangkan  sebagai nilai tambah yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi kehidupan yang komptetitif dan penuh tantangan. Manusia Indonesia yang unggul dan berakhlakul  karimah sesuai dengan yang termaktub dalam Al Quran itu tidak hanya unggul dalam intelektual akan tetapi juga terampil, unggul dalam komitmen, tabiat, berperilaku dan memiliki hati nurani terhadap masyarakat  serta mencintai seluruh rakyat. Mewujudkan generasi cinta Al Quran merupakan tugas utama pendidik dan lingkungan sekitarnya, agar kelak  Al Quran bisa menjadi  pedoman hidupnya.  Menanamkan cinta  pada Al Quran  sudah harus dibangun  sedari ia kecil dengan harapan dekat bersama Al Quran dapat memotivasi dan hidup menjadi terarah. Antara ilmu agama dan ilmu umum memang harus seimbang dan sama sama memiliki  kedudukan tinggi dalam pendidikan. dengan itu, menciptakan generasi qurani yang diharapkan unggul dan agama dan umum mampu membawa maju bangsa Indonesia.

 


Keywords


Unggul; Al Qur`an; Bangsa

Full Text:

PDF

References


Ali Ash-Shaabuuniy, Muhammad. 1998. Studi Ilmu Al Qur’an, Bandung: Pustaa Setia.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Edisi IV.

Devito. Joseph A. 1985. Yang termasuk media massa adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, dan film, communicology: An Introduction to the study of communication. Lihat pula, Onong Uchjana Efendy, Ilmu komunikasi: teori dan praktek, Bandung: Remaja karya.

Fitrii, Anggi. Pendidikan Karakter Prespektif Al Quran Hadis, Ta’lim, Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 01 No. 02.

Hamka, 2015. Tafsir Al – Azhar, Juz 5. Depok: Gema Insani.

Ilham Muchtar, M. Pendidikan Karakter: Garansi Peradaban Berkemajuan. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, No. 02.

Katsir Ad-Damasyqi, Ibnu. 2012. Tafsir Al Qur’an Al ‘azim, Bandung: Sinar Biru Algesindo Bandung.

Mamonto Umar, M.F. & Usman, I.K. 2020. Pendidikan Nilai-Nilai Islam Pada Remaja Perkotaan (Studi tentang Aktivitas Dakwah Bikers Subuhan Manado), Journal Civics & Social Studies 4 (1).

Nata, Abuddin. 2003. Pemikiran Para Tokoh Penididikan Islam, Jakarta: Raja Wali Press.

Noveliyati, Sabani, 2018. Generasi Milenial dan Absurditas Debat Kusir Virtual. Informasi: Kajian Ilmu Komunikasi, Vol. 48, No. 1.

Syabrani¸ Amrullah. 2012. Pendidikan Karakter, Jakarta: Prima Pustaka.

Tafsir, Ahmad. 2004. Ilmu Pendidikan Dalam Prespektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v13i2.12384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Medan Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.