Pengaruh Digitalisasi Terhadap Keberhasilan Kegiatan PLP 1 Micro Teaching

Alfi Yatunnaafi'ah, Laily Rosyidah, Nur Izzatul Ulya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digitalisasi terhadap keberhasilan kegiatan PLP 1 Micro Teaching. Digitalisasi sendiri merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan proses alih media dari bentuk tercetak, audio, maupun video menjadi bentuk digital. Media yang sering digunakan mahasiswa dalam praktek PLP 1 microteacing yaitu WhatsApp, YouTube, dan Ppt. pengaruh digitalisasi kegiatan ini memberikan banyak sekali kemudahan mahasiswa dalam pelaksanaan praktek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan tujuan untuk membangun pengetahuan dengan melalui pemahaman dan penemuan yang baru. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi suatu referensi alternatif dalam pengaruh digitalisasi terhadap keberhasilan kegiatan yang ada di Indonesia.

 


Keywords


Pegaruh Digitalisasi, Media Digital, Keberhasilan PLP 1 Micro Teaching

Full Text:

PDF

References


Andi. Panduan Praktis Microsoft Power Point. Semarang: Wahana Komputer, 2007.

Edi Suryadi dkk. Penggunaan Sosial Media WhatAppdan Pengaruhnya Terhadap DisiplinBelajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 7 No.1, 2018.

Hadad, Muna. Hati-Hati Terhadap Media yang Merusak Anak. Jakarta: Gema Insani Press, 2012.

Harsanto, Budi. Inovasi Pembelajaran Di Era Digital: Menggunakan Google Sites Dan Media Sosial. Bandung: Unpad Press, 2017.

Hartanto, Aat. Panduan Aplikasi Smartphone. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.

Nurul Anriani dkk. "Digitalisasi pembelajaran di era new normal" Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Vol. 3, No. 1, 2020.

Pustikayasa, M. I. Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran, Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu. Vol. 10 No. 2 2019.

Rusman dkk. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Sanaky, A.H Hujair. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2009.

Sofyani Wigati dkk. Penegembangan Youtube Pembelajaran Berbasis Ki Hadjar Dewantara Untuk Materi Integral Di SMA. Yogyakarta: UST Press, 2018.

Suryadi. Penggunaan Sosial Media WhatsApp Dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Masa Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7 No.1 2018.

Syamsuriwal, dkk. “Digitalisasi Media Pembelajaran Praktikum Fisika Dasar” Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, Vol. 9, No. 3, 2021.

Syamsi, Ibnu. Efisiensi Sistem dan Prosedur Kerja. Jakarta: Bina Aksara, 2007.

Wati, Ega Rima. Ragam Media Pembelajaran Visual, Audio, Visual, Komputer, Power Point, Internet, Interactive Video. Jakarta: Kata Pena 2016.

Widika, Tjanatjantia. Sejarah Berdirinya Youtube: Sejara Dunia, https://canacantya.wordpress.com/sejarah/sejarah-berdirinya-youtube. Diakses pada 9 Juli 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v13i2.12296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Medan Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.