Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Masa Pandemi Covid 19

Suherman Suherman, Hubbul Wathan

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk menemukan kegiatan pendidikan karakter di masa pandemi covid-19 dalam keluarga di Babussalam Langkat. Dalam penelitian ditetapkan 50 orang tua sebagai responden dan pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket, wawancara, dokumentasi serta observasi mendalam.  Setelah menganalisis informasi jawaban angket dari 50 responden orang tua, hasil wawancara dengan beberapa orang tua dan siswa (anak remaja), Tuan Guru dan Kepala Desa serta didukung dengan data observasi maka disimpulkan beberapa hasil penelitian. Secara khusus penelitian ini telah menemukan beberapa kegiatan pendidikan karakter dalam keluarga pada masyarakat Babussalam Kabupaten Langkat. Bahwa masyarakat Babussalam sebagai pengamal tarekat Naqsyabandiyah telah melakukan pendidikan karakter  dalam keluarga dimasa pandemi covid-19 bahkan sudah lama sejak berdirinya kampung Babussalam. Metode dan pola pendidikan yang dilakukan orang tua adalah : pembiasaan, nasihat, ketauladanan, kekompakan, komunikatif, kasih sayang dan lemah lembut, konsisten, komitmen, kebersamaan dan musyawarah. Adapun nilai-nilai karakter yang ditanamkan terhadap siswa (anak-anak) antara lain adalah : Karakter religius, kepedulian, kasih sayang, tanggungjawab, hormat dan memuliakan guru dan orang tua, gemar menuntut ilmu, bergaul dan silaturrahim, kompak dan gemar menolong serta musyawarah.

 


Keywords


Pendidikan; Karakter; Keluarga; Pandemi

Full Text:

PDF

References


Abdullah Munir.(2010). Pendidikan Karakter. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani.

Ainissyifa, H.(2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1-26

Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2019). Program parenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan keluarga. Abdimas Siliwangi, 1(1), 1-8.

A'la, B. A. (2019). Pendidikan karakter perspektif Imam Al Ghazali dan Soemarno Soedarsono (Doctoral disertation, UIN Sunan Ampel Surabya).

Al-Ghazali, (tt), Iḥyā’ ‘Ulumal-Dīn,Jilid III. Kairo: Mustafa al-Babi al-Halabi

Ali Rajab, Manshur (1961), Ta‘ammulāt fi Falsafat al-Akhlaq, Mesir: Maktabah al-Miṣr

Aliwar, A. (2013). Mengembangkan Pendidikan Karakter Di STAIN Kendari. Shautut Tarbiyah, 19(2)

Anis, Ibrahim,(tt). Al-Mu‘jam.

Anwar, S. (2018). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah:Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233-247.

Arikunto, Suharsimi. (2015). Prosedur Penelitian Kualitatif Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta : Rineka Cipta.

Asifuddin, Ahmad Fais. (2018). Pendidikan Islam, Basis Pembangunan Umat, Karanganyar, Solo: Naashirussunnah.

Aziz, Hamka Abdul. (2018). Karakter Guru Profesional, Jakarta: Almawardi Prima.

B. Milles, Matthew, Hubermen. (2002). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press

Bungin, Burhan. (2015). Penelitian Kualitatif, Jakarta: Prenada Media Group.

Depdikbud, (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Edisi Kedua PN Balai Pustaka

Elmubarok, Zaim. (2015). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

FATIMAH, H. K. (2019). RESILIENSI KELUARGA PADA KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK DOWN SYNDROME (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Gunarta, I. K. (2016). Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Pendidikan Spiritual Anak. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 78-85.

Ilma, N. (2015). Peran Pendidikan Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Bangsa.

Kaelany (2009).Islam Agama Universal, Jakarta: Midada Press

Kurniawan, A. (2015). Pembelajaran Dengan Kecerdasan Jamak di Sekolah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2).

Lestari, S. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanaman Konflik dalam Keluarga. Prenada Media.

Lickona, Thomas. (2014). “Educating for Character”.Journal of Moral Education, Vol. 13, No. 3, hlm. 89-97.

Malihah, E., Maryani, E., & Supriatna, N. (2019, February). Integration Of Environmentally Caring Character In Social Studies Lesson With Experiental Leaming. In International Conference Primary Education Research Pivotal Literature and Research UNNES 2018 (IC PEOPLE UNNES 2018). Atlantis Press.

Miskawaih, Ibn (tt). Tahzib al-Akhlaq wa Taṭhir al-A‘raq, cet.I. Mesir: al-Maṭba’ah al-Miṣriyah.

Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musanna, A. (2017). INDIGENISASI PENDIDIKAN: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 117-133.

Murniyetti. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. Universitas Negeri Padang.Tahun VI, Nomor 2

Najib Sulhan. (2011). Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa. Surabaya : PT Temprina Media Grafika.

Nata,Abuddin.(2001).Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Noer, M. A., & Sarumpaet, A. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 181-208.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Poerwadarminta, W.J.S. (1986). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39-54.

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37..

Renata, R., Kristiawan, M., & Pratami, F. A. R. (2017, December). Perbincangan Pendidikan Karakter. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Samani, Muchlas. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami.

Sanjaya, R. (Ed.). (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.

Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192-204.

Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: ALFABETA

Tanjung, M. (2018). Dinamika lembaga pendidikan islam di sumatera timur pada tahun 1892-1942 (Doctoral dissertation, universitas islam negeri sumatera utara).

Tribun-Medan.com diakses tanggal 2 Januari 2020

Ulfiah, U. (2016). Psikologi Keluarga: Pemahaman Hakikat Keluarga dan Penanganan Problematika Rumah Tangga. Ghalia Indonesia.

Ulwan, Abdullah Nasih t.t., Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. Semarang: C.V. Asy-Syifa’

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi Kedua. Kencana.

Zubaedi, Z. (2019). OPTIMALISASI PERANAN IBU DALAM MENDIDIK KARAKTER ANAK USIA DINI PADA ZAMAN NOW. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 49-63.

Zulhaini, Z. (2019). Peranan Keluarga dalam Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Kepada Anak. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 1(1), 1-15.




DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v12i2.10994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Medan Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.