Konsep Hulul Menurut Al-Hallaj Dan Penempatan Posisi Tasawuf

Amir Reza Kusuma

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mendiskusikan pemikiran Hulul menurut al-Hallaj dan mencari penempatan tasawuf dari kalangan tasawuf, Kajian pemikiran Hulul  yang sering diidentikkan dengan  belakangan menarik perhatian kalangan akademisi, peneliti dan para pengkaji agama agama. Isu Al-Hulul, oleh sebagian pihak secara paksa dicoba untuk disandingkan dan disamakan dengan pemikiran wihdatul wujud yang dikonsepsikan tokoh sufi seperti al-Hallaj. Tulisan ini bermaksud mengkaji model dan praktik tasawuf dalam pribadi Abu Mansur Al-Hallaj yang disebut oleh sebagian pihak sebagai pengusung ide Hulul. Kehidupan al Hallaj, adalah perjalanan spiritualitas yang total.” atau kesatuan substansi Sampai sejauh ini ternyata tuduhan tersebut adalah berkenaan dengan pandangan Al-Hallaj, bahwa antara manusia dengan Tuhan bisa terjalin hubungan cinta, yang bagi penuduhnya itu berarti penyamaan Tuhan dengan manusia Tulisan ini juga merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan filosofis-teologi. Yang berkesimpulan ajaran al-Hallaj adalah persatuan dengan Tuhan dalam bentuk al-hu1ul (mengambil tempat). Menurut falsafahnya Tuhan mempunyai sifat kemanusiaan dan manusia sendiri mempunyai sifat ke-Tuhanan, Nasrut dan Lahut. Tetapi para ulama sufi memberukan kritik terhadap konsep Hulul ini karena banyak yang tidak sesuai dan menyimpang.

 


Keywords


Al-Hallaj; Kesatuan; Al-Hulul

Full Text:

PDF

References


Abdul Karim. (2015). Makna kematian dalam Tasawuf‎. Jurnal Esoterik, 1 Juni.

Al-Ghazali. (n.d.-a). Ihya Ulum ad-din. Musthafa bab al-halab.

Al-Ghazali. (n.d.-b). Samudra Pemikiran al-Gazali. Pustaka Sufi.

Al-Jaelani, A. Q. (n.d.). Sirral-asrar wa Madhar al-anwar. Matbaah al-Misriyah.

Al-Jaelani, A. Q. (1973). Futuhul Ghoib. Maktabah wa matbaah Mustofa.

Arabi, I. (n.d.). Fushush al-Hikam. Dar al-Kitab Arabi.

Asmaran. (2002). Pemikiran Studi Tasawuf, Cet II. PT. Raja Grafindo Persada.

Bagir, H. (2015). Semesta Cinta Pengantar kepada Pemikiran Ibn ‘Arabi. Mizan Publika.

Fathul Mufid. (2018). Mengenal Epistemologi ilmu huduri dalam tradisi tasawuf falsafi. Jurnal Esoterik, 4 no1, 172.

Fatih, M. Al. (2008). Miftahus Sufi. Teras.

Fatih Syuhud. (2020). Ahlussunah Wal Jana’ah: Islam Wasathiyah, Tasamuh, Cinta Damai. Pustaka Alkhoirot.

Hamka. (n.d.). Perkembangan dan Pemurnian Tasawuf. Republika.

Imadudin, M. F. (2021). Kosmologi Ibnu Arabi dan Covid 19: Relasi dan Solusi Alternatif dalam tasawuf filosofis. Jurnal ‎Esoterik, 7(1), 37.

Jarberry, ‎ A. (n.d.). Muslim Sains and Mistics (Lindong (ed.)).

Kafrawi. (2020). Pemikiran Syekh Abdul Qodir Al-Jailani tentang ma’rifat. Al-Liqo : Jurnal Pendidikan Islam, V(1).

Kartanegara, M. (2006). Menyelami Lubuk Tasawuf. Erlangga.

Maksum, ‎ A. (2003). Tasawuf Sebagai Pembebasan Manusia Modern. Pustaka Pelajar.

Massignon. (2000). Al-Hallaj Sang Sufi Syahid. Fajar Pustaka Baru.

Munirul Abidin. (2004). Buku Putih Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani. Darul Falah.

Mustafa, K. (n.d.). Asy-Sayaiby As-Silatu baina al – Tasawuf wa al-Tasyi (Cet II. Dar al Maarif.

Nasution, H. (1973). Filsafat dan mistisme dalam Islam. Bulan Bintang.

Nasution, H. (1978). Falsafat dan Misticisme Dalam Islam. Bulan Bintang.

Nata, A. (2011). Akhlaq Tasawuf. PT Rajagrafindo Persada.

Rofi’ie, A. H. (2010). Wahdat al-wujud pemikiran ibnu arabi. Jurnal Ulul Albab, 13(2).

Syaraf, M. Y. (1996). Harakah al Tasawuf wa al-tasyyi. al-Haiah al-’Ammah Lilkitab.

Syeikh Hussain bin Mansur Al-Hallaj. (n.d.-a). At-Thowasin Al Azal, (terj:adebbenmahmod)‎.

Syeikh Hussain bin Mansur Al-Hallaj. (n.d.-b). At-Thowasin Al Azal. Diwan Qosidah.

Zaini, A. (2016). ‎Pemikiran Tasawuf Imam Al-Ghazali. Jurnal Esoterik, Vol. 2(1), 155.




DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v12i1.10488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Medan Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.