Metode Pendidikan Islam Menurut Khalid Al-Hazimi Dalam Kitab Ushul Al-Tarbiyah Al-Islamiyyah

Adib Fattah Suntoro

Abstract


Artikel ini meneliti pandangan Khalid bin Hamid al-Hazimi terkait metode pendidikan Islam dalam karyanya berjudul Ushul al-Tarbiyyah al-Islamiyyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan gambaran komprehensif pandangan Khalid al-Hazimi tentang metode pendidikan dalam Islam. Jenis penelitian ilmiah ini adalah kajian kepustakaan (library research) dan metode yang digunakan dalam analisis data adalah konten analisis dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi melalui sumber utama yaitu buku Ushul al-Tarbiyyah al-Islamiyyah karya Khalid al-Hazimi. Adapun data pelengkap yang digunakan berupa buku-buku lain yang relevan dengan judul artikel ini. Pada akhirnya, penulis menyimpulkan bahwa metode pendidikan Islam yang digagas oleh Khalid al-Hazimi merupakan pengembangan dari metode-metode para pakar pendidikan Islam sebelumnya, yaitu metode-metode yang berasaskan pada ajaran al-Qur’an dan Hadis Nabi. Metode-metode tersebut antara lain adalah; metode keteladanan, metode kisah, metode nasehat, metode at-targhib wa at-tarhib, dan metode hukuman.

 

 


Keywords


Metode; Pendidikan Islam; Khalid al-Hazimi

Full Text:

PDF

References


Abudin Nata. 2016. Al-Qur’an, Pendidikan Islam Dalam Perspektif. Jakarta: Kencana.

al-Bukhari. 1422. Shahih Al-Bukhari. Dar Thuq al-Najah.

Al-Hazimi, Khalid. n.d. Ushul at-Tarbiyah Al-Islamiyah. Riyadh: Maktabah Alim al-Kutub.

Aly, Hery Noer. 1999. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

An-Nawawi. 2013. Shahih Muslim Bi Syarhi an-Nawawi. Bait al-Afkar ad-Dauliyah.

Anon. n.d. “http://www.tarbyatona.net/include/plugins/article/article.php?action=s&id=43.” Retrieved (http://www.tarbyatona.net/include/plugins/article/article.php?action=s&id=43).

Fikri, Mumtazul. 2017. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM; Pendekatan Metode Pengajaran.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 11(1):116. doi: 10.22373/jiif.v11i1.66.

Mandhur, Ibnu. n.d. Lisân Al-‘Arab. Beirut: Dar Shadir.

Muhammad Haris. 2015. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. H.M Arifin.” Ummul Quro 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015 ):1–19.

Nurjannah, Rianie. 2015. “Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam (Sebuah Perbandingan Dalam Konsep Teori Pendidikan Islam Dan Barat).” Jurnal: Management of Education 1(2):105–17.

Qowim, Agus Nur. 2020. “Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3(01):35–58. doi: 10.37542/iq.v3i01.53.




DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v12i1.10295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Medan Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.