Efektivitas Dakwah MediasSosial Dalam Pengamalan Agama Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Batu Bara Sumatera Utara

Rahayu Rahmadani, Mailin Mailin, Anang Anas Azhar

Abstract


Penelitiannini bertujuannuntuk mengetahui pengamalan agama mahasiswa STIT BB SU melalui dakwah di media sosial  dan efektifitas mahasiswa STIT BB SU dalammmengakses dakwah di media sosial. Pendekatan dan metode yang digunakan pada penelitian ini  adalahukualitatif, adapun teknik pengumpulanndata diperoleh melalui observasi, wawancara, danmdokumentasi. Informan penelitian ini adalahhmahasiswa STIT BB SU. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data kemudian merumuskannkesimpulan hasil penelitian. Temuan dalam penelitian ini yaitu pengamalan agama Mahasiswa STIT BB SU setelah mengakses dakwah di media sosial melalui smartphoone adalahhmereka paham dengan apa yang dilihat dan didengarkan, dakwah di media sosial berdampak kearah yang positif dan dapat mengamalkannya terlebih lagi dari pendakwah yang mereka gemari. Dengan adanya dakwah media sosial keraguannmereka akan terjawab lengkap dengan Ayat, Hadits maupun pendapat para imam mazhab, dengan adanya dakwah tersebut juga dapat merubah akhlak buruk menjadi lebih baik dan ini sangatlah menjadi dampak yang sangat positif dalam pengamalan agama, dan efektifitas Mahasiswa STIT BB SU dalam mengakses dakwah di media sosial ialah sangat bermanfaat untuk diterapkan, setelah mendengar dakwah di media sosial tersebut kehudipan mereka merasa lebih baik, mereka juga mengerti tentang yang halal dan yang haram yang baik dan yang buruk, lebih meningkatkan kembali amalan sunnah dan menjadikan mereka bertawakkal kepada Allah. mengakes dakwah melalui media sosial sangatlah efektiv karena dapat mencapai tujuan yang diharapkan dalam tujuan berdakwah dalam Islam.


Keywords


Efektivitas Dakwah; Media social; Pengamalan Agama

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dictionary. (2019). Efektifitas. https://www.dictionary.com/

Lestariya, A. W. (2008). StudiiPerbandingan SmartphonegGPS terhadapfBeberapaeTipe GPS Receiver. Jurnal Ilmiah Geomatika, 14(2).

Morrison, A. C. W., & Hamid, F. (2010). Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia.

Osman, M. A., Talib, A. Z., & Sanusi, Z. A. (2012). , A Study of thekTrend of Smartphonesand its UsageeBehavior in Malaysia. Https://Scholar.Google.Co.Id/Scholar?Q=ISSN:+2220-9085&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart, 2(1), 275–286.

Safiraa. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar. https://www.kompasiana.com/safiraa/56de54c37797734b655aaa4b/pengaruh-media-sosial-terhadap-motivasi-belajar

Sofyan, H. (2011). Ilmu Dakwah dari Konsep Paradigma Hingga Metodologi. Center for Society Studies.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryabrata, S. (2008). Metodologi Penelitian. Raja Grafindao Persada.

Tubbs, S. L., & Moss, S. (2001). Human Communication: Konteks-konteks Komunikasi (3rd ed.). Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v8i1.9481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rahayu Rahmadani, Mailin Mailin, Anang Anas Azhar

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.