Strategi Komunikasi Interpersonal Orang Tua Tunggal pada Anak Remaja Pecandu Gadget di Desa Simirik Kecamatan Batunadua Kota Padang Sidempuan

Marianna Siagian, Mailin Mailin, Erwan Efendi

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada masalah Komunikasi interpersonal orangtua tunggal pada anak remaja pecandu gadget. Dimana anak-anak remaja sibuk seharian bermain gadget tanpa melakukan aktifitas apapun selama seharian dampak dari ini tentu anak-anak remaja akan merasakannya kelak baik dampak fisik dan fsikis. Anak menjadi pecandu karena orangtua kurang mengawasi kegiatan anak bermain gadget. Maka dari itu sangat dibutuhkan peran  komunikasi orangtua  dalam mencegah anak  pecandu  gadget. Strategi komunikasi yang di buat pada penelitian ini strategi komunikasi interpersonal dengan metode persuasif. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis mendalam. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa komunikasi interpersonal orangtua tunggal dengan strategi persuasif dilakukan orang tua tunggal pada anak remaja dengan cara verbal dan non verbal yakni melalui perbuatan, perkataan, keteladanan dan reward Sehingga sulit bagi orangtua untuk menyelesaikan masalah ini.  Situasi dan kondisi masa pendemi corona ini menjadi hambatan pada komunikasi orangtua ke anak remaja untuk menanggulangi kecanduan gadget. Hambatan lainnya adalah hambatan dari orangtua yaitu kurangnya pemahaman orangtua membina anaknya di rumah dan waktu  belajar, kurangnya pengawasan orangtua terhadap anaknya saat bermain gadget  dan kesibukan orangtua dalam keseharian saat mencari nafkah diluar rumah.


Keywords


Strategi; Komunikasi Interpersonal; Pecandu Gadget.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al Ulil Amri, M. I., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19’. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 14. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://e-resources.perpusnas.go.id:2093/doi/abs/10.1142/S0192415X20500500

Kominfo. (2020). Pengguna Internet. http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/kominfo+%3A+Pengguna+Internet

Kota Padang Sidempuan. (2010). Pembakuan Nama Rupabumi Kabupaten Tapanuli Selatan. http://www.kotapadangsidimpuan.go.id.

Moleong, L. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Nida, F. L. K. (2014). Persuasi dalam media komunikasi massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam “AT-TABSYIR,” 2(2), 77–95.

Retnowati, Y. (2008). Pola Komunikasi Orangtua Tunggal Dalam Membentuk Kemandirian Anak (Kasus Di Kota Yogyakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi UPNYK, 6(3), 104137. https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.6.1.%p

Widiawati. (2014). Pengaruh Penerapan Gadget terhadap Daya Kembang Anak. Universitas Budi Luhur.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v8i1.9480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Marianna Siagian, Mailin Mailin, Erwan Efendi

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.