Konstruksi Pesan Dan Pemaknaan Visual Dalam Video Marketing Campaign “Nike Pro Hijab” Dan “Noore Sport Hijab”

Yusmawati Yusmawati, Restiawan Permana

Abstract


Dalam penelitian ini, penulis memilih video pemasaran dari dua merek sportswear terkenal yaitu Nike dan Noore. Alasannya adalah kedua merek tersebut membuat hijab yang diperuntukkan kepada atlet muslimah yang berhijab, atau muslimah yang berhijab (hijabers) yang ingin beraktivitas olahraga. Penulis menggunakan analisis semiotika pada penelitian ini. Dengan menggunakan analisis semiotika penulis dapat mendeskripsikan video Nike “Pro Hijab” dan Noore sebagai strategi kampanye pemasaran kedua merek tersebut. Kemudian penulis mengkaitkan dengan pemaknaan tanda-tanda visual dari beberapa adegan pada setiap video di atas, untuk memahami fenomena yang diteliti, seperti perilaku, persepsi, dan tindakan dalam bentuk kata-kata. Dengan menggunakan metode analisis Roland Barthes, terdapat tiga makna dari pesan-pesan visual dalam video pemasaran Nike “Pro Hijab’ dan Noore, yaitu makna denotatif, konotatif, dan mitos.


Keywords


Konstruksi Pesan; Pemaknaan Visual;, Marketing Campaign

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andhika, A. (2019). Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui Youtube Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Ke Provinsi Kalimantan Selatan. Mutakallimin, 2(2), 26–30.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Daring (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar). Kareba, 7(2), 219–231.

Budiman, K. (2011). Semiotika Visual Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas. Yogyakarta: Jalasutra.

Denzin, N. K. dan Y. S. L. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Edupaint. (2014). Paduan Indah Warna Monokromatik. Retrieved from http://edupaint.com/warna/4533-paduan-indah-warna-monokromatik

Elcorps. (2020). Noore Profile. Retrieved from https://elcorps.com/page/en/noore

Fathoni, R. S. (2016). Dinamika Minoritas Muslim di Amerika Serikat. Retrieved April 20, 2021, from http://wawasansejarah.com/minoritas-muslim-di-amerika/

Hamzah, M. H. dan M. A. O. P. (2017). Representasi Citra Wanita Muslim dalam Iklan Nike. In D. Ahmadi (Ed.), Prosiding Hubungan Masyarakat (pp. 351–355). Bandung: Universitas Islam Bandung. Retrieved from http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6983/pdf

Hestanto, H. (n.d.). Konsep Dasar Video Marketing (Pemasaran Video). Retrieved April 23, 2021, from https://www.hestanto.web.id/pemasaran-video/

Ibrahim bin Fathi bin Abd Al-Muqtadir. (2008). Wanita Berjilbab vs Wanita Pesolek (II). Jakarta: Amzah.

Miles dan Huberman. (1992). Analisis data Kualitatif. (T. R. Rosidi, Ed.). Jakarta: Universitas Indonesia.

Mubarok, I. (2019). Panduan Lengkap Memulai Video Marketing. Retrieved April 20, 2021, from https://www.niagahoster.co.id/blog/video-marketing/

Nurmatari, A. (2017). Noore, Baju Olahraga Khusus Hijabers Hadir di Indonesia. Retrieved April 22, 2021, from https://wolipop.detik.com/hijab-update/d-3493735/noore-baju-olahraga-khusus-hijabers-hadir-di-indonesia

Oktavianus, Y. (2019). Video Promosi Wisata KUAU Kuliek Nagari Sungai Buluah. Dekave, 8 (4), 1–16. Retrieved April 17, 2021 from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/view/104375

Sobur, A. (2004). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing (I). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tinarbuko, S. (2012). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Vera, N. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v8i1.9477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yusmawati Yusmawati, Restiawan Permana

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.