Motivasi Dakwah Perempuan Bercadar: Dari Feeling of Inferiority Menuju Feeling of Superiority

Rizky Andana Pohan

Abstract


Memakai cadar merupakan salah satu pilihan berbusana bagi perempuan muslimah. Meskipun mengambil pilihan ini akan berkonsekuensi pada pandangan menerima dan menolak di kalangan masyarakat. Artikel berikut membahas pengalaman perempuan bercadar dalam melaksanakan aktifitas dakwah di ruang publik. Berdasarkan narasi biografis empat orang perempuan, tulisan ini bertujuan menelusuri proses, tantangan, dan motivasi dakwah perempuan bercadar dalam menjalani aktifitas di ruang publik. Sumber data diperoleh melalui survei kemudian diperdalam melalui observasi dan wawancara semi terstruktur selama Tahun 2020-2021. Tulisan ini menggunakan kerangka teori psikologi individual oleh Alfred Adler (1964) sebagai pisau analisis dengan metode penelitian kualitatif. Tulisan memperlihatkan bahwa rentang usia proses pengambilan keputusan untuk bercadar berada pada kategori kepribadian yang sukses. Tulisan ini juga memperlihatkan bahwa proses perubahan tingkah laku dari sebelum dan sesudah bercadar melalui tahapan persepsi, tujuan hidup, gaya hidup sampai pada minat sosial yang belangsung secara baik.  Minat sosial menjadi dasar munculnya motivasi dakwah dari para niqabis yang dimulai dari feeling of inferiority menuju feeling of superiority. Hal iniliah yang menjadikan bercadar sebagai bagian dari gaya hidup para niqabis.

Keywords


Perempuan Bercadar; Motivasi Dakwah; Feeling of Inferiority; Feeling of Superiority

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adler, A. (2019). The Fundamental Views of Individual Psychology. The Journal of Individual Psychology, 75(3), 185–187. https://doi.org/10.1353/jip.2019.0023

Adler, A. (1987). Religion and individual psychology. Individual Psychology, 43(4), 522.

Adler, A., & Jung, C. G. (1981). Individual and Analytic Psychologies. In Contemporary Theories and Systems in Psychology (pp. 283–315). Springer US. https://doi.org/10.1007/978-1-4684-3800-0_7

Ansbacher, H. L. (1967). Life style: A historical and systematic review. Journal of individual psychology, 23(2), 191.

Ansor, M. (2014). Being woman in the land of shari’a: Politics of the female body, piety and resistance in Langsa, Aceh. Al-Jami’ah, 52(1), 59–83. https://doi.org/10.14421/ajis.2014.521.59-83

Chamberlayne, P., Bornat, J., & Wengraf, T. (2020). Biographical work and biographical structuring in present-day societies. In The Turn to Biographical Methods in Social Science (pp. 127–143). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203466049-9

Dzuhayatin, S. R. (2020). Islamism and Nationalism Among Niqabis Women in Egypt and Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 10(1), 49–77. https://doi.org/10.18326/ijims.v10i1.49-77

Ghozali, M., & Haqq, A. A. (2018). Program Participatory Action Research Melalui Pendekatan Dakwah Bil Hal. Orasi: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 9(2), 115. https://doi.org/10.24235/orasi.v9i2.3696

HAMACHEK, D. E. (1988). Evaluating Self‐Concept and Ego Development Within Erikson’s Psychosocial Framework: A Formulation. Journal of Counseling & Development, 66(8), 354–360. https://doi.org/10.1002/j.1556-6676.1988.tb00886.x

Hansen, J. C., Stevic, R. R., & Warner, R. W. (1982). Counseling: Theory and process (Vol. 23). Allyn & Bacon.

Individual Psychology - Alfred Adler [51433w6vmv4j]. (n.d.). Retrieved June 6, 2021, from https://idoc.pub/documents/individual-psychology-alfred-adler-51433w6vmv4j

Islamic Counselling: An Introduction to theory and practice - G. Hussein Rassool - Google Buku. (n.d.). Retrieved June 13, 2021, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=o_QsCgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=islamic+counseling+an+introduction+to+theory+and+practice&ots=1c_BMCW5bH&sig=LGQZsCwEd1la7qPje1Uq6jOL4Fs&redir_esc=y#v=onepage&q=islamic counseling an introduction to theory and practice&f=false

Nurfuadi, N. (2016). Reaktualisasi Profesi Dakwah. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(1), 54–72. https://doi.org/10.24090/komunika.v2i1.810

Peluso, P. R., Peluso, J. P., Buckner, J. P., Kern, R. M., & Curlette, W. (2009). Measuring lifestyle and attachment: An empirical investigation linking individual psychology and attachment theory. In Journal of Counseling and Development (Vol. 87, Issue 4, pp. 394–403). Wiley Blackwell. https://doi.org/10.1002/j.1556-6678.2009.tb00123.x

Pohan, R. A. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Merespon dalam Pembelajaran Serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1, 146–161.

Pohan, R. A., Hayati, R. H., & Sahputra, D. S. (2018). Kontribusi Motivasi Berprestasi Dan Konsep Diri Terhadap Kegiatan Merespon Dalam Pembelajaran Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 145. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i2.1941

Pohan, R. A., & Sahputra, D. (2020). Kecerdasan Emosi Mahasiswi Bercadar Serta Implikasinya Bagi Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.32505/enlighten.v3i1.1582

Poston, J. M., Hanson, W. E., & Schwiebert, V. (2012). The relationship between episodic and dispositional forgiveness, psychosocial development, and counseling. Counseling and Values, 57(2), 181–198. https://doi.org/10.1002/j.2161-007X.2012.00016.x

Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook - Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, Johnny Saldana - Google Buku. (n.d.). Retrieved June 6, 2021, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=lCh_DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=miles+and+huberman+qualitative+data+analysis&ots=2SbqGCCl88&sig=GzpmRayfdDsz9EsnS4oVytZf6oE&redir_esc=y#v=onepage&q=miles and huberman qualitative data analysis&f=false

Rahman, A. F., & Syafiq, M. (2017). Motivasi, Stigma dan Coping Stigma pada Perempuan Bercadar. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(2), 103. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n2.p103-115

http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/view/1872/1445

Sabates, A. M. (2020). Individual Psychology of Alfred Adler. In The Wiley Encyclopedia of Personality and Individual Differences (pp. 111–115). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119547143.ch20

Samsul Hadi Mungawan, 1731143043. (2018). Konsep ‘Abd dalam Al Qur’an Kajian atas SuratAdz Dzariyaat Ayat 56.

Schwartz, J. P., & Waldo, M. (2003). Interpersonal Manifestations of Lifestyle: Individual Psychology Integrated with Interpersonal Theory. Journal of Mental Health Counseling, 25(2), 101–111. https://doi.org/10.17744/mehc.25.2.ggbxt83l4f5ap05e

Shirazi, F., & Mishra, S. (2010). Young Muslim women on the face veil (niqab): A tool of resistance in Europe but rejected in the United States. International Journal of Cultural Studies, 13(1), 43–62. https://doi.org/10.1177/1367877909348538

Shulman, B. H. (1985). Cognitive Therapy and the Individual Psychology of Alfred Adler. In Cognition and Psychotherapy (pp. 243–258). Springer US. https://doi.org/10.1007/978-1-4684-7562-3_9

Stroobants, V. (2005). Stories about learning in narrative biographical research. In International Journal of Qualitative Studies in Education (Vol. 18, Issue 1, pp. 47–61). Taylor and Francis Ltd . https://doi.org/10.1080/09518390412331318441

Syafriani, D. (2018). Hukum Dakwah Dalam Al-Qur’ An Dan Hadis. Jurnal Fuaduna : Jurnal Kajian Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 1(1), 16–27. https://doi.org/10.30983/FUADUNA.V1I1.439

Tissot, S. (2011). Excluding Muslim women: From hijab to niqab, from school to public space. Public Culture, 23(1), 39–46. https://doi.org/10.1215/08992363-2010-014

Zempi, I. (2016). ‘It’s a part of me, I feel naked without it’’: choice, agency and identity for Muslim women who wear the niqab.’ Ethnic and Racial Studies, 39(10), 1738–1754. https://doi.org/10.1080/01419870.2016.1159710

Wawancara

Fitriani (23) Mahasiswi Prodi IH FUAD IAIN Langsa, 21 April 2021

Intan Wahyuni (24) Mahasiswa Prodi BKI FUAD IAIN Langsa, 15 Mei 2021

Siti Wahyuni (23) Mahasiswa Prodi IAT FUAD IAIN Langsa, 7 Juni 2021

Mardiana (23) Mahasiswa Prodi IAT FUAD IAIN Langsa, 7 Juni 2021

Marhaban (48) Dosen Prodi BKI, IAT dan IH FUAD IAIN Langsa, 2, 8 Juni 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v8i1.9476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rizky Andana Pohan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.