HUMOR DAN KOMUNIKASI DAKWAH PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

Muniruddin Muniruddin

Abstract


Pembahasan ini meneliti corak dan fungsi humor dalam komunikasi dakwah dalam pengembangan masyarakat Islam. Tidak asing lagi mayoritas masyarakat pada umumnya menginginkan komunikasi itu diselingi atau disisipi dengan humor, sehingga seperti sebuah makanan mempunyai bumbu yang enak untuk dimakan, dan setelah audiens merasa senang dan terhibur tentu selanjutnya mereka akan mengambil perhatian penuh dari komunikan yang sedang memberikan wejangan dalam bentuk tujuan komunikasi dakwah yang diterapkannya. Masyarakat islam pada umumnya kelas menengah ke bawah dalam bidang ekonominya, masyarkat banyak bekerja di daerah pertanian, nelayan, guru, bisnis, perkantoran dan lain sebagainya. Dalam mengelola pekerjaan sering menimbulkan lelah, jenuh dan mendapat kesulitan kesulitan. Dengan adanya isian rohani lewat pendengaran dari komunikasi yang berbentuk dakwah uang humoris dapat merangsang dan menghibur masyarakat sekaligus mereka mendapat tambahan ilmu pengetahuan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v5i2.3998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.