Efektivitas Penggunaan Gadget terhadap Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa (Studi Fenomenologi di STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe)
Abstract
Kajian ini berjudul “Efektivitas penggunaan gadget terhadap komunikasi interpersonal pada mahasiswa (Study fenomenologi di STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe). Pada penulisan kajian ini terdapat dua permasalahan yaitu Bagaimana efektivitas penggunaan gadget dalam komunikasi interpersonal pada mahasiswa STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe dan bagaimana dampak gadget terhadap komunikasi interpersonal pada mahasiswa STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan gadget dan dampaknya terhadap komunikasi interpersonal pada mahasiswa STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Proses pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah delapan orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget dalam komunikasi interpersonal mahasiswa dinyatakan efektif sesuai dengan ciri yang di kemukan oleh teori DeVito yaitu keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesetaraan dan dampak gadget terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa didapati adanya dampak positif misalnya melalui aplikasi WhatsApp dan WhatsApp Group yaitu pesan bisa langsung tersampaikan ke semua anggota group secara seketika, adanya efesiensi waktu, memudahkan bagi mahasiswa untuk membagikan tugas-tugas kuliah, menjaga silaturrahmi, dan sarana mengekspresikan diri mareka, sedangkan dampak negatif yaitu penyebaran hoaks, menurunnya etika, menurunnya manajemen waktu, mis interpretasi, dapat mengganggu orang lain, mudah tersinggung, terjadinya kecemburuan sosial, terjadinya gosip, phubbing dan menurunnya privasi. Oleh karena itu sepatutnya di harapkan kepada mahasiswa agar lebih bijak dalam menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak merugikan diri sendiri dan orang lain
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Bustomi, A. R., & Yuliana, N. (2023). Peran Aplikasi Whatsapp Dalam Dinamika Ilmu Komunikasi. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 2(4), 2023–2054.
Devito, J. A. (n.d.). The Interpersonal Communication Book (14th ed.). Global edition.
Hafiidha Gusti Haryani. (2016). Penggunaan Alat Komunikasi melalui Aplikasi WhatsApp pada pembelajaran Seni Tari Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 5 Padang. 9(4), 1–23.
Halimatus sa’diah. (2022). Dampak Penggunaan Media Sosial Whatsapp terhadap Interaksi Sosial Masyarakat Desa Lok Batu Kabupaten Balangan The Impact of The Use of Whatsapp Social Media on Social Interaction of The Community of Lok Batu Village Balangan Regency. Jurnal Entitas Sosiologi, 11(1), 60–70.
Junaedi, Fajar & Sukmono, G. F. (2019). Komunikasi Dalam Media Digital.
Junida, D. S. (2018). E-Gossip: Studi Kasus Budaya Gosip Pengguna Whatsapp E-Gossip: Case Study Of Whatsapp Users Cultural. 63, 435–445. https://id.techinasia.com/
Kaganga, J. (2023). Pengaruh Terpaan Informasi Hoaks Di Aplikasi Whatsapp Terhadap Sikap Mahasiswa (Studi Kuantitatif Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu). Kaganga, 7(1), 83–91.
Novita Sari Wahyu, N. K. (2013). Dampak Penggunaan Gadged Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Teratai, 5(3), 182–186.
Prabowo, galih akbar. (2021). Penggunaan Emoji Dalam Komunikasi Pembelajaran Daring Melalui Media Whatsapp. 7(3), 6.
Pranoto, B., & Walisyah, T. (2023). Analisis Fenomena Perilaku Phubbing terhadap Rendahnya Kualitas Pergaulan Remaja di Kecamatan Hinai. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5077–5084. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2212
Sari, L. (2023). Analisis Fenomena Phubbing Dalam Etika Komunikasi Di Kalangan Generasi Z (Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas VII-B di SMP Negeri 12 Bandung)
Veranika, P., Su’ad, S., & Rahayu, R. (2022). Analisis Hasil Belajar Matermatika Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Whatsapp Group. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 7–13. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.6991
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v11i2.23410
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fitri Eliyani, Darmadi Darmadi, T. Faizin Faizin

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.