Penggunaan WhatsApp Dalam Sarana Dakwah di Kalangan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam

Nur Hanifah Nihlam Hasibuan, Juni Wati Sri Rizki, Nurfitriani M. Siregar

Abstract


Perkembangan media sosial yang pesat dimanfaatkan oleh mahasiswa khususnya bagi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam yang digunakan untuk menyebarkan sarana dakwah melalui aplikasi media sosial seperti WhatsApp. Ada dua Tujuan dalam penelitian ini, pertama untuk mengetahui bagaimana fenomena yang terjadi terhadap mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam dalam menggunakan media sosial WhatsApp sebagai sarana dakwah di kalangan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Kedua, Untuk mengetahui Alasan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam menggunakan media sosial WhatsApp sebagai sarana dakwah. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif yang menggambarkan situasi di lapangan yang terjadi secara nyata. Teori yang digunakan adalah Uses and Gratification yang menjelaskan bagaimana penggunaan dan kepuasan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam terhadap media yang digunakan terutama penggunaan media sosial WhatsApp. Kemudian desain penelitian yang penulis gunakan yaitu metode desain fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa yang menggunakan media sosial WhatsApp sebagai sarana dakwah dengan mengunggah dan mengakses konten dakwah melalui fitur-fitur yang ada pada media sosial WhatsApp dan terkadang dengan mengakses konten dakwah yang diambil dari media sosial lain kemudian diunggah ataupun dibagikan kembali ke media sosial WhatsApp. Alasan yang mendasari Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam menggunakan WhatsApp sebagai sarana dakwah ialah kemudahan dalam menyebarkan dan mengakses konten dakwah melalui fitur yang ada pada aplikasi WhatsApp.


Keywords


Media Sosial; Sarana Dakwah; Mahasiswa; WhatsApp.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Annur, C. M. (2022). Databoks. Retrieved from Databoks Katadata: https://databoks. katadata. co. id/datapublish/2022/01/20/survei-kic-mayoritas-masyarakat-indonesia-mengakses-informasi-di-media-sosial.

Delwan Telknologi Informasi dan Komulnikasi Nasional (WANTIKNAS). (2020). Aksels Digital Melningkat Sellama Pandelmi. http://www.wantiknas.go.id/id/belrita. Diaksels pada 20 Delselmbelr 2022

Fajrussalam, H., Farhatunnisa, G., Realistiya, R., Rosyani, W. A., & Rahmawati, Y. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pengembangan Dakwah Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2337-2447.

Fitriansyah, F. (2018). Efek komunikasi massa pada khalayak (studi deskriptif pengguna media sosial dalam membentuk perilaku remaja. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 171-178.

Hasanah, N., Anggraini, T., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Media Sosial dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Konsumsi di Masa Pandemi Menurut Ekonomi Islam:: Studi pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara Medan. MES Management Journal, 2(1), 1-13.

Helrdiansyah, H. (2014). Meltodel Pelnellitian Kulalitatif. Jakarta: Salelmba Hulmanika.

Kamaria, A. (2021). Implementasi Kebjikan Penataan dan Mutasi Guru Pegewai Negeri Sipil di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 82-96.

Moellelong, L. J. (2018). Meltodel Pelnellitian Kulalitatif. Bandulng: Relmaja Rosdakarya.

Nasultion, S. (2013). Meltodel Relselarch. Jakarta: Bulmi Aksara.

Nulruldin. (2017). Pelngantar Komulnikasi Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Pelrsada.

Pranajaya, P., & Wicaksono, H. (2018). Pemanfaatan Aplikas6i Whatsapp (Wa) Di Kalangan Pelajar: Studi Kasus Di Mts Al Muddatsiriyah Dan Mts Jakarta Pusat. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 14(1).

Rahmawati, D., & Zaini, A. (2021). Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial di Era Media Baru. Kudus: At-Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus, 8(1),

Saifuddin, A. (2013). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 1(17), 43–66.

Salsabila, F., & Muslim, I. F. (2022). Pemanfaatan WhatsApp sebagai Media Literasi Digital untuk Dakwah di Kalangan Mahasiswa. 3(1), 89-95

Sellpan, M. (2020). “Stratelgi Komulnikasi Dakwah Mellaluli Pelsan WhatsApp Groulp Dalam Melningkatkan Kulalitas Ilmul Agama”. Julrnal Komulnika, 3(1), 29-38

Triyono, A. (2021). Meltodel Komulnikasi Kulalitatif, Yogyakarta: Bintang Pulstaka Madani

Wulandari, M. T., Jaelani, J., & Manja, M. (2021). PENGGUNAAN GRUP WHATSAPP BAGI MAHASISWA SEBAGAI MEDIA DAKWAH. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan dan Bimbingan Masyarakat Islam, 4(1), 10-22.

Yusuf, A. M. (2017). Meltodel Pelnellitian Kulantitatif, Kulalitatif dan Pelnellitian Gabulngan, Eld.1. Jakarta: Kelncana.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v11i1.21234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Hanifah Nihlam Hasibuan, Juni Wati Sri Rizki, Nurfitriani M. Siregar

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.