UIN MATARAM COMMUNICATION STRATEGY IN THE SOCIALIZATION OF NEW STUDENT ADMISSIONS

Nasrudin Nasrudin, Akhmad Rifai, Masuratun Hidayah

Abstract


Meningkatnya jumlah mahasiswa pada penerimaan mahasiswa baru disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah strategi komunikasi yang digunakan UIN Mataram dalam mensosialisasikan mahasiswa baru. Oleh karena itu tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi komunikasi UIN Mataram dalam mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru. Tulisan ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan review dokumen. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif (Interactive Model of Analysis). Dalam penelitian ini, ada dua bentuk strategi komunikasi UIN Mataram dalam sosialisasi pada penerimaan mahasiswa baru, yaitu komunikasi langsung dan tidak langsung. Tulisan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi kampus-kampus lain dalam mensosialisasikan kampusnya dalam tahap penerimaan mahasiswa baru.

Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26.

        Https://Doi.Org/10.18860/Jt.V6i2.3301

 

Cangara, H. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.

 

Edy, S. (2016). Pengaruh Intensitas Membaca, Kohesivitas Kelompok Referensi Dan Kepedulian Pada Klub Terhadap Persepsi Individu Tentang Pssi Dalam Penjatuhan Sanksi Komisi Disiplin Pada Psis Semarang. Majalah Ilmiah Inspiratif, 1(01).

 

Effendy, O. U. (1986). Dimensi-Dimensi Komunikasi. PT Alummi.

 

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.

 

Faisal, S. Al. (2015). Persepsi Guru Ummi Sd Fastabiqul Khairat. 3(4), 16–28.

 

H. A. W, W. (2010). Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat. Bumi Aksara.

 

Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79.

        Https://Doi.Org/10.14710/Interaksi.7.2.79-86

 

Ismail, Y. (2022). Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Manfaat Pajak Bumi Dan Bangunan Daerah Di Kabupaten Bangka (Studi Pada Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Bangka). Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 92–107. Https://Doi.Org/10.47995/Jik.V5i1.82

 

Kuntowijoyo. (1999). Paradigma Islam Interpretasi. PT Mizan.

 

Lahamit, S. (2021). Sosialisasi Peraturan Daerah Dalam Rangka Optimalisasi Fungsi Legislasi Anggota Dprd Provinsi Riau (Studi Pelaksanaan Sosialisasi Peraturan Daerah Di Masa Pandemi Covid 19). Jiap, 7(1), 32. Https://Doi.Org/10.25299/Jiap.2021.Vol7(1).6766

 

Nasruddin, N. (2023). Bentuk Komunikasi Antar Umat Beragama Dalam Menciptakan Kerukunan Di Desa Pembakulan Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Al-Hiwar: Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 11(1), 21–29.

 

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Journal Educational Research And Social Studies, 2, Hal. 31.

 

Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi Dalam Membangun Awareness Wisata Halal Di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 78. Https://Doi.Org/10.24198/Jkk.V6i1.12985

 

Saragih, M. Y. (2019). MEDIA MASSA DAN JURNALISME: Kajian Pemaknaan Antara Media Massa Cetak Dan Jurnalistik. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 12. Https://Doi.Org/10.37064/Jpm.V6i1.4988

 

Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jurnal Visi Komunikasi, Vol.16(01), 71–90. Www.Queenova.Com,

 

Sotya Partiwi Ediwijoyo, Wakhid Yuliyanto, & Ari Waluyo. (2020). Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Padureso Kec. Padureso Kebumen Dengan Sosialisasi Dan Penyuluhantata Kelola Administrasi Desa. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 354–363.

        Https://Doi.Org/10.37339/Jurpikat.V1i3.412

 

Susanti, H. A. (2015). Strategi Komunikasi Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Jurnal ASPIKOM, 2(4), 243. Https://Doi.Org/10.24329/Aspikom.V2i4.75

 

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif (2nd Ed.). Universitas Sebelas Maret.

 

Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatan Pembangunan. Jurnal Perencanaan Dan Strategi Komunikasi, XVIII(1), 53–61. Http://Journal.Uinsi.Ac.Id/Index.Php/Lentera_Journal/Article/View/428

 


Keywords


Strategi Komunikasi,;UIN Mataram; Mahasiswa Baru

Full Text:

PDF

References


Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26.

Https://Doi.Org/10.18860/Jt.V6i2.3301

Cangara, H. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.

Edy, S. (2016). Pengaruh Intensitas Membaca, Kohesivitas Kelompok Referensi Dan Kepedulian Pada Klub Terhadap Persepsi Individu Tentang Pssi Dalam Penjatuhan Sanksi Komisi Disiplin Pada Psis Semarang. Majalah Ilmiah Inspiratif, 1(01).

Effendy, O. U. (1986). Dimensi-Dimensi Komunikasi. PT Alummi.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.

Faisal, S. Al. (2015). Persepsi Guru Ummi Sd Fastabiqul Khairat. 3(4), 16–28.

H. A. W, W. (2010). Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat. Bumi Aksara.

Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79.

Https://Doi.Org/10.14710/Interaksi.7.2.79-86

Ismail, Y. (2022). Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Manfaat Pajak Bumi Dan Bangunan Daerah Di Kabupaten Bangka (Studi Pada Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Bangka). Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 92–107. Https://Doi.Org/10.47995/Jik.V5i1.82

Kuntowijoyo. (1999). Paradigma Islam Interpretasi. PT Mizan.

Lahamit, S. (2021). Sosialisasi Peraturan Daerah Dalam Rangka Optimalisasi Fungsi Legislasi Anggota Dprd Provinsi Riau (Studi Pelaksanaan Sosialisasi Peraturan Daerah Di Masa Pandemi Covid 19). Jiap, 7(1), 32. Https://Doi.Org/10.25299/Jiap.2021.Vol7(1).6766

Nasruddin, N. (2023). Bentuk Komunikasi Antar Umat Beragama Dalam Menciptakan Kerukunan Di Desa Pembakulan Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Al-Hiwar: Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 11(1), 21–29.

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Journal Educational Research And Social Studies, 2, Hal. 31.

Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi Dalam Membangun Awareness Wisata Halal Di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 78. Https://Doi.Org/10.24198/Jkk.V6i1.12985

Saragih, M. Y. (2019). MEDIA MASSA DAN JURNALISME: Kajian Pemaknaan Antara Media Massa Cetak Dan Jurnalistik. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 12. Https://Doi.Org/10.37064/Jpm.V6i1.4988

Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jurnal Visi Komunikasi, Vol.16(01), 71–90. Www.Queenova.Com,

Sotya Partiwi Ediwijoyo, Wakhid Yuliyanto, & Ari Waluyo. (2020). Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Padureso Kec. Padureso Kebumen Dengan Sosialisasi Dan Penyuluhantata Kelola Administrasi Desa. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 354–363.

Https://Doi.Org/10.37339/Jurpikat.V1i3.412

Susanti, H. A. (2015). Strategi Komunikasi Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Jurnal ASPIKOM, 2(4), 243. Https://Doi.Org/10.24329/Aspikom.V2i4.75

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif (2nd Ed.). Universitas Sebelas Maret.

Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatan Pembangunan. Jurnal Perencanaan Dan Strategi Komunikasi, XVIII(1), 53–61. Http://Journal.Uinsi.Ac.Id/Index.Php/Lentera_Journal/Article/View/428




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v10i1.16958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nasrudin Nasrudin, Akhmad Rifai, Masuratun Hidayah

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.