Problematika Komunikasi Orang Tua dan Anak di Era Digital (Studi Fenomenologi pada Keluarga di Desa Sragi Kecamatan Talun Kabupaten Blitar)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184
Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269
Astuti, S., & Sukardi, T. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian untuk berwirausaha pada siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 334–346. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1847
Atmojo, A. M., Sakina, R. L., & Wantini, W. (2021). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1721
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Effendy OU. (2008). Dinamika Komunikasi. 1, 90–95.
Helaluddin. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif. Uin Maulana Malik Ibrahim Malang, March, 1–15.
Herawati, T., Pranaji, D. K., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pelaksanaan Fungsi Keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(3), 213–227. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.3.213
Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996
Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Musawa, 7(2), 265–282.
Irzalinda, vivi, Puspitawati, H., & Muflikhati, I. (2014). Aktivitas Bersama Orang Tua-Anak dan Perlindungan Anak Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Anak. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 7(1), 40–47. https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.1.40
Kristiyono, J. (2015). Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat. Scriptura, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30
Lestari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034
Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77
Nurfalah, F., & Lestari, A. D. (2020). MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH ( Studi Fenomenologi Keluarga di Griya Lobunta Lestari Cirebon ) EFFECTIVENESS OF FAMILY COMMUNICATION IN FORMING THE SAKINAH FAMILY ( Family Phenomenology Study at Griya Lobunta Lestari Cirebon ). Signal, 8(1), 79–88. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Signal
Nurhayati, N., Pitoweas, B., Putri, D. S., & Yanzi, H. (2020). Analisis Kepekaan Sosial Generasi (Z) Di Era Digital Dalam Menyikapi Masalah Sosial. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.11415
Palar, J. E., Onibala, F., & Wenda Oroh. (2018). Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Dengan Perilaku Anak Dalam Penggunaan Gadget. E-Journal Keperawatan, 6(2), 1–8.
Pratiwi, M. R., Mukaromah, M., & Herdiningsih, W. (2018). Peran Pengawasan Orangtua Pada Anak Pengguna Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 37–57. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i1.73
Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Gadget Usage, Mother-Child Interaction, and Social-Emotional Development among Preschool Children. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75
Ratnasari, A. (2007). Komunikasi Harmonis Orang Tua dengan Anak. Mediator: Jurnal Komunikasi, 8(2), 345–352. https://doi.org/10.29313/mediator.v8i2.1247
Rini, T. P., & Masduki, M. (2020). Pendidikan karakter keluarga di era digital. 1(1), 8–18.
Setiawan, A., & Bodroastuti, T. (2012). Pengaruh Karakteristik Individu dan Faktor-Faktor Pekerjaan Terhadap Motivasi ( Studi Pada Karyawan CV . Bintang Timur Semarang ). Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 1–18.
Setyowati, Y. (2013). Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Emosi Anak pada Keluarga Jawa). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 67–78. https://doi.org/10.24002/jik.v2i1.253
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Susilo, D., Baihaqi, A., Maela, N. F. S., & Fitriyah, I. (2018). Komunikasi Keluarga Buruh Migran Indonesia: Hambatan dan Penyelesaian. JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 1(2), 166–188. https://doi.org/10.32534/jike.v1i2.157
Ulfa, K. (2015). Khoiriyah Ulfa, Peran Keluarga Menurut...... 123–140.
Wahyuti Dan Leonita, T. (2016). Korelasi Antara Keakraban Anak dan Orangtua. Jurnal Visi Komunikasi, 15(01), 143–157. http://pekanbaru.tribunnews.com
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v9i1.12067
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Cici Yulianti, Sukma Ari Ragil Putri
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.