Implementasi Elaborated Likelihood Model (ELM) Dalam Iklan Kampanye Pilpres Jokowi-Ma’ruf 2019

Ofi Hidayat, Nikmatus Solihah

Abstract


Pemilihan Umum Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2019. Pemilihan presiden yang berlangsung 23 September hingga 13 April, publik dimanjakan dengan munculnya iklan kreatif yang digunakan pasangan calon. Kedua pasangan capres dan cawapres berlomba-lomba untuk menjabarkan visi dan misi masing-masing melalui kampanye agar mendapatkan simpati rakyat. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan teori Elaborated Likelihood Model (ELM) dengan media kampanye yang digunakan Jokowi-Ma’ruf, kemudian penulis akan mengkaji dan menganalisis iklan kreatif yang digunakan oleh tim sukses Jokowi-Ma’ruf di media sosial Youtube. Survey yang dilakukan oleh CSIS (Centre for Strategic and International Studies), dalam Pilkada serentak beberapa tahun lalu ditemukan tiga kelompok demografi penting yang diperebutkan dalam Pilpres 17 April 2019: perempuan, milenial, dan kelompok Muslim. Pada tingkat partisipasi perempuan lebih tinggi yaitu 75%, sementara partisipasi laki-laki hanya 71%. Sehingga kelompok pemilih perempuan penting karena partisipasi perempuan dalam pemilu lebih besar dibanding laki-laki. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan interpretif (subjektif) varian konstruktivis. Penggunaan metode penelitian kualitatif bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan mendalam melalui pengkoleksian atau pengumpulan data secara mendalam, karena pada riset ini tidak mengedepankan atau mengutamakan besar populasi sampling atau dikatakan samplingnya terbatas. Berdasarkan ELM, kegiatan persuasi bisa berhasil melalui dua alternatif teknik, yang disebut "route", yaitu "central route" atau rute pusat dan "peripheral route" atau rute peripheral. Elaborated Likelihood Model berfokus pada perubahan sikap, baik secara kognitif, afektif, maupun konatif. Maka dari tulisan ini kita bisa melihat bagaimana penggunaan media youtube untuk kampanye Jokowi-Ma’ruf  mengadopsi kajian dari teori Elaborated Likelihood Model (ELM) dalam menyasar target untuk menyampaikan pesan

Keywords


Elaborated Likelihood Model; Iklan Kampanye; Media Persuasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Chmielewski, T. L. (2012). Applying the elaboration likelihood model to voting. International Journal of Interdisciplinary Social Sciences, 6(10). https://doi.org/10.18848/1833-1882/cgp/v06i10/52160

Dainton, M., & Zelley, E. D. (2011). Applying communication theory for professional life : a practical introduction. In Journal Communication Oaks. SAGE Publications.

Griffin, E. (2011). A First Look at Communication Theory, 8th Edition. Mc Graw Hill.

Kennamer, J. D. (1987). How Media Use during Campaign Affects the Intent to Vote. Journalism Quarterly, 64(2–3), 291–300. https://doi.org/10.1177/107769908706400202

Kriyantono, R. (2014a). Teknik Praktis Riset komunikasi. Prenada Media.

Kriyantono, R. (2014b). Teori public relations perspektif barat dan lokal : aplikasi penelitian dan praktik. Kencana.

Kue, M. F., & Sahertian, C. (2019). Model Elaboration Likelihood Dalam Pembentukan

Personal Branding Pita’s Life Di Youtube Channel. Jurnal Nomosleca, 5(1).

Lee, M. J., & Xi, L. (2017). What motivates online charitable giving among unaware and not-so-involved publics? Public Relations Journal, 11(1).

McQuail, D. (2012). Teori Komunikasi Massa Edisi 6. Salemba Humanika.

Norhabiba, F. (2019). Aplikasi Elaboration Likelihood Model Theory dalam Iklan Calon

Gubernur 2018 terhadap Perilaku Memilih. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 101-110.

Pierce, P. A. (1993). Political Sophistication and the Use of Candidate Traits in Candidate Evaluation. Political Psychology, 14(1), 21–35. https://doi.org/10.2307/3791391

Rinaldi. (2018). Pengamat: Rakyat Hanya Tahu Harga Sembako Melonjak Tinggi - poskota.co.id. Poskota.Co.Id. https://poskota.co.id/2018/8/21/pengamat-rakyat-hanya-tahu-harga-sembako-melonjak-tinggi/

Rinaldi. (2019). PoliticaWave: Jokowi-Ma’ruf Dominasi Pembicaraan di Medsos Selama April 2019. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/pilpres/read/3940787/politicawave-jokowi-maruf-dominasi-pembicaraan-di-medsos-selama-april-2019

Sitepu, M. (2019). Pilpres 2019: Siapa sebenarnya pemilih Jokowi dan Prabowo? - BBC News Indonesia. Bbc.Com. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-47909130

Tucker, C. (2018). Public relations as persuasion. PR Academy. https://pracademy.co.uk/insights/public-relations-as-persuasion/




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v8i2.10725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ofi Hidayat, Nikmatus Solihah

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.