The Role of Miftahul Huda Al-Ulya Sragen Islamic Boarding School in Strengthening Islamic Values Amidst Cultural Diversity
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiah, A. U., Ismail, I., Abbas, H., Darwis, D., & Yusran, Y. (2024). Peran Guru Penggerak dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik (Studi Kasus Dan Implikasinya Pada Peningkatan Guru di UPT SD NEGERI 331 Tempe Kabupaten Wajo). Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.59818/jpi.v4i3.813
Ali Muhtarom & Sahlul Fuad. (2020). Moderasi Beragama: Konsep, Nilai, dan Strategi Pengembangannya di Pesantren. Jakarta: Yayasan Talibuana Nusantara.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. books.google.com.
Bambang Triyono, & Elis Mediawati. (2023). Transformasi Nilai-Nilai Islam melalui Pendidikan Pesantren : Implementasi dalam Pembentukan Karakter Santri. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(1), 147–158. https://doi.org/10.62504/jimr403
Barizi, A. (2011). Pendidikan integratif : akar tradisi dan integrasi keilmuan pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press.
Cahyono, H. (2017). Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren: Sebagai Strategi dalam Menumbuhkan NilaiKarakter. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01). https://doi.org/10.24127/att.v1i01.333
Daud, H. M., Yussuf, A., & Kadir, F. A. A. (2020). Pembentukan akhlak dan sahsiah pelajar melalui pembelajaran sosial menurut perspektif Islam. E-Bangi : Journal of Social Sciences and Humanities, 17(9).
Djelantik, S., Dania, S., Nindya, A., & Irwanti, A. M. (2013). Terorisme dan Kekerasan Berlatar Belakang Agama di Jawa Barat. Research Report - Humanities and Social Science, 2.
Fadhilah, D. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembentukan Relasi Sosial yang Harmonis di Pondok Pesantren Darul Huda Ponorogo dan Pondok Pesantren An-Najiyah Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Handoko, S. B., Sumarna, C., & Rozak, A. (2022). Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Dan Konseling: Special Issue (General), 4(6). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10233
Harahap, R. L. (2021). Pendidikan multikultural dalam pembinaan karakter sosial santri di Pondok Pesantren Islamiyah Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Padangsidimpuan.
Harun, M. H. (2019). Pendidikan Islam: Analisis dari Perspektif Sejarah. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 66. https://doi.org/10.33506/jq.v7i2.370
Hasmiza, H., & Muhtarom, A. (2023). Kiai dan Pengembangan Kurikulum Pesantren di Era Digitalisasi. Arfannur, 3(3), 137–150. https://doi.org/10.24260/arfannur.v3i3.1049
Herdiansyah, H. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Hidayat, F. (2015). Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu: Harmonisasi Islam dan Sains dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 299. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.299-318
Indarwati, K. (2018). Penerapan Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 121. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1358
Istianah, A., Darmawan, C., Sundawa, D., & Fitriasari, S. (2024). Peran Pendidikan Kebinekaan dalam Pendidikan Kewarganegaraan untuk Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Damai. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(1), 15–29. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i1.10192
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1).
Kristanto, Y. D. (2021). Pelatihan Desain Aktivitas Pembelajaran Matematika Digital dengan Menggunakan Desmos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 27(3). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v%25vi%25i.23908
M. Yusuf, M. Y. (2023). Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Buntet. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 3(1), 66–75. https://doi.org/10.54213/jieco.v3i1.247
Mu’adib, I. (2018). Pendidikan Berwawasan Multikultural sebagai Upaya Kontra Radikalisme (Studi di Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Parung-Bogor). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Muamara, R., & Ajmain, N. (2020). Akulturasi Islam Dan Budaya Nusantara. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 1(2), 111–125. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.150
Muhtarom, A., Fuad, S., & Latif, T. (2020). Moderasi Beragama: Konsep, Nilai, dan Strategi Pengembangannya di Pesantren. Jakarta: Yayasan Talibuana Nusantara.
Mumtahanah, L. (2020). Integrasi Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 55–74. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.461
Najmina, N. (2018). Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter bangsa Indonesia. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52–56.
Nisa, N. F., Chasanah, N., & Kamil, R. M. N. (2024). Optimalisasi Pendidikan dan Pelatihan untuk Mengembangkan Karir Guru. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.27770
Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Nurlaelah, N. (2022). Program Bimbingan Musyrif dan Musyrifah di Pondok Pesantren. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 239. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.7621
Rahmat. (2022). Inovasi Pembelajaran PAI Reorientasi Teori Aplikatif Implementatif. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Rajab, S. (2011). Syariat Islam dalam Negara Hukum. Cet. I, p. 8.
Roqib, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.
Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi dan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491
Rosyad, R., & Dian. (2022). Model Pendidikan Perdamaian di Sekolah Pondok Peacesantren Garut (M. T. Rahman, Ed.). Bandung: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Rosyada, D. (2014). Pendidikan multikultural di Indonesia sebuah pandangan konsepsional. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(1), 1–12.
Sibarani, A. M., Manurung, A., & Samosir, N. (2023). Dialog Lintas Agama dan Kunjungan Lapangan Sebagai Upaya Menjalin Relasi dan Membangun Toleransi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4).
Sipuan, S., Warsah, I., Amin, A., & Adisel, A. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 815. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.815-830.2022
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017). Implementasi pendidikan multikultural dalam praktik pendidikan di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1).
Suradi, A. (2017). Transformasi Pondok Pesantren (Analisis Dampak Transformasi Sistem Pendidikan Terhadap Penanaman Panca Jiwa Pondok Pesantren Kepada Santri di Provinsi Bengkulu). Tadris Jurnal Pendidikan Islam, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i2.1601
Syafiqurrohman, M. (2020). Implementasi Pendidikan Keberagamaan Inklusif di SMK Yos Sudarso Kawunganten Cilacap. IAIN Purwokerto.
Syamsudin, D., Subangkit, W., Supriyadi, & Nugraha, L. (2024). Membangun Jembatan Pendidikan Multikultural: Merayakan Suasana Sekolah yang Menerima Keberagaman. BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1).
Tulung, J. M., Syahid, A., Janis, Y., & Kalampung, Y. O. (2019). enerasi milenial: diskursus teologi, pendidikan, dinamika psikologis dan kelekatan pada agama di era banjir informasi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Yusuf, M., & Wahyuni, S. (2024). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural di Madrasah Tsanawiyah Favorit Darut Taqwa. Journal of Contemporary Islamic Education, 4(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/juspi.v8i2.22063
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Kholil Kholil, Sukari Sukari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam)
Published by Department of History of Islamic Civilization,
Sumatera Utara State Islamic University, Medan, Indonesia
Email: jurnal.juspi@uinsu.ac.id
JUSPI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License