Information Literacy of Library Science
Abstract
Abstrak
Literasi Informasi telah menjadi keterampilan penting pustakawan di era global saat ini. Informasi keaksaraan bagi pustakawan tidak hanya ditandai melek dan hanya untuk membacanya. Tetapi aplikasi mempunyai nilai lebih. Pustakawan harus menjadi manajer ilmu. Pustakawan harus bergerak sesuai dengan perubahan teknologi terus bergerak maju dan pustakawan harus mampu beradaptasi sebagai pencari dan pemberi informasi dalam bentuk apapun. Saat ini pustakawan dituntut tidak hanya perawatan terampil dari buku atau jenis media lainnya, tetapi juga untuk menguasai literasi informasi. Dengan demikian, pustakawan harus memiliki komitmen dan sadar untuk mengakses, memahami dan menggunakan informasi yang dikumpulkan untuk dikomunikasikan kepada orang yang membutuhkan.
Abstract
Information Literacy has become important skill of librarians in today's global era. Information literacy for librarians not only marked a literate and just to read it. But the application is more. Librarians must be a manager of science. Responding to this, the librarian must be run in accordance with the changing technology continues to move forward and librarians should be able to adapt as a seeker and giver of information in any form. Nowadays librarians are required not only skilled care of a book or other media types, but also to master the required search information literacy. Thus, librarians should have commitment and conscious in order to access, understand and use the information gathered to be communicated to people in need.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus R, Engkus K, Analisis Sistem Informasi, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2013
Amstrong, Walrick, The New Literacy: The 3rs Evolve Into The 4es Dalam Technology And Learning, Vol 25, No.2, Retrieved Via Proquest Database, 2004
Amsyah Zulkifli, Manajemen Sistem Informasi, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 2001
Eisenberg , Michel B, Information Problem-Solving , Norwood NJ: Ablex Publishing Corporation, 1996
Fatmawati , Endang, The Art of Library Ikatan Esai Bergizi tentang Seni Mengelola Perpustakaan, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2010
Keller, Share j., Toward”Critical Media Literacy: Core Concept, Debates, Organization and Policy” dalam Discourse: Studies in the Cultural Politics of Education, vol. 26, no.3, September 2005
Purwono, Profesi Pustakawan menghadapi Tantangan Perubahan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013
Ratih, Florentina, dkk, Dasar-Dasar Informasi, Jakarta: Universitas Terbuka, 2011
Sconul, Information Skill in Hinger Education: a Sconul Position Paper. Diakses pada tanggal 5 Desember 2015 dari (http://www.sconul.ac.uk/groupsinformation_literacy/sp/sp/model.htm)
Sudarsono , Blassius, dkk, Literasi Informasi: Pengantar untuk Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2007
Sulistyo Basuki, Metode Penelitian, Jakarta: Wedatama Widya Sastra bekerjasama dengan fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
Sulistyo Basuki, Perpustakaan dan Informasi dalam konteks Masyarakat, Jakarta: Wedatama Widya Sastra bekerjasama dengan fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
Sutarno NS, Tanggung Jawab Perpustakaan dalam Mengembangkan Masyarakat Informasi, Jakarta: Panta Rei, 2005
Suwarno , Wiji, Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2014
Williamson , Nancy J , Knowledge Organization and Classification In International Information Retrieval, New York: The Haworth Information Press, 2013
Yusup, Pawit M., Priyo Subekti, Teori dan Praktik Penelusuran Informasi, Jakarta: Kencana, 2010
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v1i1.96
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Yusniah Yusniah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.