Nilai, Norma dan Keyakinan Remaja dalam Menyebarkan Informasi Sehari-hari di Media Sosial
Abstract
Penelitian ini membahas nilai-nilai, norma dan kepercayaan remaja dalam menyebarkan informasi di media sosial. Proses penyebaran informasi tidak hanya karena teknologi yang memungkinkan informasi untuk disebarluaskan tetapi kehadiran budaya di media sosial untuk mendistribusikan kembali informasi yang diperoleh. Budaya ini kemudian berkembang menjadi kebiasaan digital bagi pengguna media sosial. Tujuan dari penelitian ini menggambarkan nilai-nilai, norma dan kepercayaan remaja dalam menyebarkan informasi di media sosial, yang dipahami dan mendasari remaja dalam menyebarkan informasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini nilai, norma dan kepercayaan adalah filter untuk informasi yang akan disebarkan oleh remaja. Nilai saling menghargai itu membuat remaja tidak serta merta menyebarkan informasi di media sosial. Norma yang disampaikan oleh orang tua dan guru di sekolah dan pemahaman mereka tentang kepercayaan memiliki pengaruh besar pada keputusan remaja untuk menyebarkan informasi.
This study discusses the values, norms and beliefs of teenagers in disseminating information in social media. The process of disseminating information is not only due to technology that allows information to be disseminated but the presence of culture in social media to redistribute the information obtained. This culture then evolved into a digital habit for social media users. So the purpose of this study illustrates the values, norms and beliefs of teenagers in disseminating information in social media, which understood and underlies adolescents in disseminating information. The research approach used is qualitative with phenomenological method. Data collection methods used interview and observation. The results of this study values, norms and beliefs is a filter for information to be disseminated by adolescents. The value of mutual respect that makes teenagers do not necessarily disseminate information in social media. Norms delivered by parents and teachers at school and their understanding of beliefs have a major influence on teenagers' decisions to spread information.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albrechtslund, Albert. 2010. Online Social Networking as Partisipatory Surveillance. Fist Monday, Volume 13, Number 3 - 3 March 2008.
http://firstmonday.org/article/view/2142/1949 (diakses 19 Februari 2018)
Creswell, John W. 2010. Research Design: pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Endraswara, Suwandi. 2012. Metodologi Penelitian Kebudayaan Yogjakarta: Gajah Mada University Press.
Harmsworth, Sally and Sarah Turpin. 2000. Creating and Effective Dissemintation Strategy. Addition by Alexandra Rees &GodFrey Pell, Bridging in Gap: Innovation Project.
Hanafi, Abdullah,. 1986. Memasyarakatkan Ide-Ide Baru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hatch, Mary Jo. 1997. Organization theory: modern, symbolic, and postmodern perspective. USA: Oxford University Press.
Laksono, Dwi Agung., Ratna Dwi Wulandari. 2011. Analisis Potensi Penyebaran Informasi Kesehatan: Studi Kasus pada Forum Jejaring Peduli AIDS. Bulletin of Health System Research. Vol 14, no. 4 Okt 2011.
http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/hsr/article/view/1373 (diakses 7 Februari 2018)
Laksmi & Kiki Fauziah. 2016. Budaya Informasi. Jakarta: ISIPII Press.
Laksmi, Tamara Adriani Susetyo- Salim dna Ari Imansyah. 2010. Manajemen Lembaga Informasi: Teori dan Praktik. Depok: Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi.
Nasrullah, Rulli, Dr. M.Si,. 2015. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Rubin, Richard E. 2016. Fondations Library and Information Science. Fourth Edition. Chicago: Neal-Schuman.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v4i1.4110
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Margareta Aulia Rachman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.