PERAN MASJID AL-JIHAD DALAM MENGEMBANGKAN GERAKAN SOSIAL KEAGAMAAN KELAS MENENGAH DI PERKOTAAN

Mutia Zahrah, Ismail Ismail

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran masjid Al-Jihad dalam mengembangkan gerakan sosial keagamaan pada masyarakat kelas menengah di perkotaan. Masyarakat kelas menengah rata-rata jarang mau memenuhi kebutuhan keagamaannya di masjid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Studi kasus yang terkandung dalam penelitian ini menghasilkan data deskriptif seperti kata-kata tertulis atau tanya jawab yang dilakukan dengan para informan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyak sekali peran Masjid Al-Jihad dalam mengembangkan gerakan sosial keagamaan pada kelas masyarakat menengah di perkotaan. Dari mulai pembelajaran ilmu fiqh, banyaknya komunitas Islam yang sering berkolaborasi dengan masjid Al-Jihad, Kata Kunci : Peran Masjid, Kelas Menengah

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abshar-Abdalla, U. (2023). Tiga Jenis Kajian Islam di Indonesia. Kajian Islam.

Ammar, A. F. (2017). “Efektivitas Dakwah Media Infokus Dalam Meningkatkan Ibadah Jamaah Di Masjid Al-Jihad Dan Masjid Al-Musabbihin Medan.” Skripsi UIN Sumatera Utara.

Hascan, M. A. (2019). “Peranan Masjid Dalam Mewujudkan Pendidikan Nonformal (Kasus Pada Masjid Al-Jihad Jalan Abdullah Lubis Medan).” Skripsi UIN Sumatera Utara.

Ibid. (n.d.).

Moleong. (2011). Penelitian Studi Kasus.

Puspitasari, S. (2020). “Peran Masjid Bagi Warga NU Sebagai Sarana Peningkatan Pendidikan Islam Di Dusun Joso Desa Turi Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan.” Skripsi IAIN Ponorogo.

Ramadhani, R. (2021a). “Peran Masjid Jami Dalam Pembinaan Sosial Keagamaan Bagi Masyarakat Di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis.” Skripsi UIN Suska Riau.

Ramadhani, R. (2021b). “Peran Masjid Jami Dalam Pembinaan Sosial Keagamaan Bagi Masyarakat Di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis.” Skripsi UIN Suska Riau.

Ramadhona Khairani. (2023). “Dinamika Pengkajian Keagamaan di Masjid Al-Jihad MedanTahun 2010-2022.” Skripsi UIN Sumatera Utara.

Rosana, E. (2018). Agama Dan Sekularisasi Pada Masyarakat Moderen. Jurnal Agama Dan Sekularisasi, 13(1), 143.

Rosyadi, I. A. (2023). Masjid dalam Fungsi, Arti dan Tonggak Sejarahnya.

Salim, M. P. (2023). Pengertian Kajian Islam, Berikut Tujuan, Ruang Lingkup, dan Metode yang Digunakan. Liputan 6.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Kualitatif Dan R & D.

Suharko. (2006). “Gerakan Sosial Baru di Indonesia: Repertoar Gerakan Petani.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 10 Juli.

Sukmana, O. (2016). Konsep Dan Teori Gerakan Sosial. Intrans Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v4i1.17583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats