MANAJEMEN PROGRAM TUNTAS BACA AL -QURAN DENGAN METODE ASY-SYAFII DI RUMAH TAHFIDZ ‘AISYIYAH MABAR

Fajar Fadillah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan di Rumah Tahfidz ‘Aisyiyah Mabar, dan untuk mengetahui perkembangan pembelajaran tuntas baca Alqur’an serta mengetahui kendala-kendala yang dapat menghalangi kemajuan dari program tersebut sehingga dapat mengatasi kendala-kendala yang menghambat kemajuan dari pembelajaran tuntas baca Alqur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research (lapangan) dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, pengumpulan data dari penelitian ini diperoleh dengan observasi dan wawancara. Adapun hasil temuan penelitian yang langsung diperoleh oleh peneliti menunjukkan bahwa manajemen program tuntas baca di Rumah Tahfidz ‘Aisyiyah Mabar sudah dilaksanakan sebaik mungkin sebagaimana mestinya fungsi dari manajemen yang dilaksanakan tersebut, yaitu melalui langkah perencanaan, adapun langkah dari perencanaan tersebut dimulai dari melaksanakan rapat guru, kegiatan penerimaan santri baru, penentuan kelas dan pengajar serta pelaksanaan ujian (evaluasi). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Manajemen program tuntas baca Alqur’an untuk meningkatkan kualitas bacaan Alqur’an santri di Rumah Tahfidz ‘Aisyiyah Mabar sudah cukup baik yaitu sesuai dengan beberapa karakter dari tahap perencanaan, adapun pelaksanaan kegiatannya sendiri memiliki beberapa pelaksanaan baik itu bentuk ataupun metode, yaitu pelaksanaan pembelajaran program tuntas baca Alqur’an yang memiliki beberapa tahapan dalam pelaksanaannya, seperti kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Adapun metode dalam pembelajaran tahsin tersebut menggunakan metode Asy-Syafii, dimana menurut hasil wawancara dengan santri dan ustadz mengatakan metode Asy-Syafii sangat efektif untuk perbaikan bacaan, karena dapat praktek langsung dan diperbaiki langsung oleh ustadz. Dalam pelaksanaannya sendiri memiliki dua evaluasi pembelajaran, evaluasi setiap pembelajaran berlangsung dan evaluasi bulanan, evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui progres santri dalam pembelajaran tuntas baca Alqur’an tersebut. Akan tetapi sangat disayangkan waktu pembelajaran yang sangat terbatas hanya Sembilan puluh menit saja untuk santri sebanyak 15 siswa, sehingga setiap santri hanya mendapatkan jatah perbaikan bacaan selama 3 menit per orangnya.Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran, Tuntas Baca Alqur’an, Metode Asy-Syafii 

Full Text:

PDF

References


Abdussamad Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press. abu ya’la, & kurnaedi. (2018). Tajwid Lengkap Asy-Syafii. pustaka imam. ahmad bukhari, & iskandar. (2013). Materi Dalam Islam. al azhar press.

ahmad kustamil khoiron, & adi kusumastuti. (2019). Metode Penelitian Kualitatif.

karya prima. ahmad nasution, & syafarudin. (2005). Manajemen Pembelajaran. quantum teaching.

ahmad rukajat. (2018). Manajemen Pembelajaran. deepublish.

alawi, muhammad. (1999). Mutiara Ilmu Ilmu Alquran. cv pustaka setia.

Artikel, R. (2021). IBTIDA’IY : Jurnal Prodi PGMI DAMPAK PENERAPAN METODE ASY- SYAFI’I DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN AL QUR’AN INFO ARTIKEL ABSTRAK. https://doi.org/10.31764

budi cahyo. (2018). Manajemen Pembelajaran. unnes press.

Candra, B. Y. (2018). PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. In

ISTIGHNA(Vol.1,Issue1).http://e-journal.stit-islamic village.ac.id/index.php/istighna

Efendi Abdurrahman Muhammad, Entang M, Hidyat Rais, & Wulandari Dian. (2020).

MANAJEMEN PEMBELAJARAN SENI BACA ALQURAN DI PONDOK

PESANTREN

ALQURAN AL-ITQON BOGOR. Jurnal Manajemen Pendidikan , 08.

Fachrudin Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani Tangerang Jln Tamrin Komplek Mahkota Mas Blok J No, Y. M., & Tanggerang, C. (n.d.). PEMBINAAN TAHFIZH AL-QURAN DI PESANTREN TAHFIZH DAARUL

QUR’AN TANGERANG.

www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islamnusantara/10/09/24/136336-jumlah- penghafal-

fadhillah, fajar. (2022). Ilmu Tauhid. cv. berkah.

fatah nanang. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. remaja rosdakrya.

Fatmawati Eva. (2019). MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN.

JurnalIslamic Education Manajemen , 4 (1).

hikmat. (2009). Manajemen Pendidikan. pustaka setia. hikmatul, & hidayah. (2023). Pengertian Sumber dan Dasar Pendidikan Islam. syukri press. Jannah, F. (2013). PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM

PENDIDIKAN NASIONAL (Vol. 13,Issue 2).

Jannana, N. S., Suryono, Y., Magelang, P. M., & Yogyakarta, U. N. (2017a).

MANAJEMEN PROGRAM SHORT COURSES. Jurnal Akuntabilitas

Manajemen Pendidikan, 5(1), 82–94. http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp

Jannana, N. S., Suryono, Y., Magelang, P. M., & Yogyakarta, U. N. (2017b).

MANAJEMEN PROGRAM SHORT COURSES. Jurnal Akuntabilitas

Manajemen Pendidikan, 5(1), 82–94. http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp

Kartika, T. (2019). MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN BERBASIS METODE TALAQQI. Jurnal Isema : Islamic Educational

Management, 4(2), 245–256. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5988

Kristianty Wardany, D. (n.d.-a). Implementasi Metode Asy-Syafi’i dalam

Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Orang Dewasa. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1833

Kristianty Wardany, D. (n.d.-b). Implementasi Metode Asy-Syafi’i dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Orang Dewasa. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1833

Maisaro, A., & Wiyono, B. B. (2018a). MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/

Maisaro, A., & Wiyono, B. B. (2018b). MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR.

JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan

Manajemen Pendidikan, 1. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/

MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMP N 2 BOJA KENDAL. (n.d.).

Maros -julian Elitear, F. (n.d.). PENELITIAN LAPANGAN (FIELD RESEARCH).

masjfuk, & zuhdi. (1977). Pengantar Ulumul Quran. karya abditama.

metode Asy-Syafi, P., Pembelajaran Tahsin Al Qur, D., Di Mushallah Ahsanul Qolbu Mappanyompa, an, & Fariyatul Fahyuni, E. (2021). Application of

Ash-Shafi’i Method in Learning Tahsin Al Qur’an in Mushallah Ahsanul Qolbu. https://doi.org/10.21070/halaqa.v5vi2i.1436

Mubarak, H., Tarbiyah, F., Keguruan, D., & Banjarmasin, I. A. (2013a). UPAYA

GURU AL- QUR’AN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR

MEMBACA AL-QUR’AN DI SDIT

UKHUWAH BANJARMASIN. http://www.depag.go.id.,

Mubarak, H., Tarbiyah, F., Keguruan, D., & Banjarmasin, I. A. (2013b). UPAYA

GURU AL- QUR’AN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR

MEMBACA AL-QUR’AN DI SDIT

UKHUWAH BANJARMASIN. http://www.depag.go.id.,

Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018a). Al -Quran Literacy for Early

Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72

Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018b). Al-Quran Literacy for Early

Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini, 2(2), 202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72

Nadia Siregar, F., & Muhammadiyah Sumatera Utara, U. (2022). Manajemen Program

Pendidikan Hafizh Qur’an Dalam Peningkatan Hafalan Al-Qur’an Siswa Di SMP Al- Hikmah Medan Marelan. In Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran (Vol. 1, Issue 2). https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Pemerintah, K., Pengelolaan, D., Pendidikan, S., Islam, K., Terhadap, T., Manajemen, I., Sekolah, B., & Za, T. (n.d.). Kebijakan Pemerintah dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan Keagamaan Islam {245.

quraish shihab. (n.d.). Membumikan Alquran. lentera hati.

Ridwan, M. F. (2020). Manajemen Program Takhfidz Al-Quran (Studi Kasus di Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan).

Rusdiah. (n.d.-a). KONSEP METODE PEMBELAJARAN ALQURAN.

Rusdiah. (n.d.-b). KONSEP METODE PEMBELAJARAN ALQURAN.

Salsabillah, N., & Muhammadiyah Sumatera Utara, U. (2022). Manajemen Program

Pembiasaan Membaca Al-Quran Di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. In Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran (Vol. 1, Issue 2). https://creativecommons.org/licenses/by- sa/4.0/

Suryana Yaya. (2018). Manajemen Program Tahfidz Al-Quran. Jurnal Islamic Education Manajemen , v3i2::5014.

Thahir, M. (2021). Kajian Alquran Sebagai Sumber Hukum. Al Fathonah : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman

T.M. Hasbi Ash Shiddieqy. (2000). Sejarah dan Pengantar Ilmu-Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. PT. Pustaka Rizki Putra.

Tulus Budi Swadayani, dan. (n.d.-a). IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP.

Tulus Budi Swadayani, dan. (n.d.-b). IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP.

Warsono SMP Negeri, S., & Bengkulu Utara, K. (n.d.-a). PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA.

Warsono SMP Negeri, S., & Bengkulu Utara, K. (n.d.-b). PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA.

Warsono SMP Negeri, S., & Bengkulu Utara, K. (n.d.-c). PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA.

Yumarni, A. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis

Teknologi Informasi. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2),

–126. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.894 zakiyah, & daradjat. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. bumi aksara . zuhairini. (1983).

Metodologi Penelitian Agama. ramdani




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v4i3.17159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats