SASTRAWAN MUSLIM DI NUSANTARA: Analisis Sejarah

Ika Wirdani

Abstract


Seni dan sastra adalah elemen penting dalam sejarah penyebaran Islam khususnya di Indonesia, namun realita yang terjadi masih banyak perdebatan panjang di kalangan ulama, fuqaha, maupun di kalangan para intelektual tentang kesenian dan kesusastraan. Jika melihat dari kalangan dunia sufisme Islam melihat kesenian memiliki kaitan dengan nilai ketuhanan, dan kesusastraan sebagai media penyebaran Islam yang memiliki nilai keindahan. Tidak adanya instrument yang pasti mengenai Sastra dan Seni menyebabkan kesenian dan kesusastraan di masyarakat muslim menjadi seolah terkucilkan dan tidak mampu berkembang. Tulisan ini akan fokus untuk melihat bagaimana perjalanan sastra dan seni dalam perkembangan Islam, serta Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis.

Keyword: Sastrawan, Muslim, Nusantara

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Azra, Azyumardi. 2003. Surau, Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi. Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu.

Fang, Liaw Yock. 2011. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik.Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Fredrica R. 2001.”The creative Imagination of The Sufi Mystic, Ibn ‘Arabi, International Journal of Religion and Health, Vol. 40, No. 2, Summer. Hamid, Mas’an. 1995. Ilmu Arudl dan Qawaf. Surabaya:Al-Ikhlas.

Hazbini. 2011. Kontroversi Puisi Sufi : Struktur dan Resepsi Puisi Ibn al-Farid. Bandung : Sastra Unpad Press.

Rauf, Fathurrahman. 2009. Syair-syair Cinta Rarul: Studi Tahlily atas Corak Sastra Kasidah Burdah Karya al-Bushiry. Ciputat: Puspita Press.

Ar-Rasuli, Sulayman. 1923. Tsamaratul Ihsan fi Wiladatil Sayyidil Insan. Fort de kock: Mathba’ah al-A’amiyah.

Ridha, Abdurrasyid. 2007. The True Power of Love: Kitab Para Pecinta Allah. Bandung: Mizan Pustaka.

Salam, Aprinus. 2004. Oposisi Sastra Sufi. Yogyakarta: Lkis. Schimmel, Annemarie2008. Mystical Dimension of Islam. Kuala Lumpur: Academe Arts and Printing Services.

Schrieke, B.J.O. 1973. 2009. Pergolakan Agama di Sumatera Barat. Jakarta: Bhratara. Shalikin, Muhammad. 17 Jalan Menggapai Mahkota Sufi Syekh Abdul Qadir al-Jailani. Yogyakarta: Mutiara Media.

Shafadi. 2000. al-Wafi bi al-Wafayat. Beirut: Daar Ihya al Turas, Vol 3. Siradj, Agiel. Januari 2000. “Perkembangan Tasawuf dalam Islam”, Jurnal Media, IAIN Wali Songo Semarang, Edisi 32.

Sutiasumarga, Males. 2001. Kesusastraan Arab Asal Mula dana Perkembangannya. Jakarta : Zikrul Hakim.

Yusuf, Abi. 1991. Maulid Barzanji. Surabaya: Anugerah. Zaimul Am. 2008. Secret of The Secret: Hakikat Segala Rahasia Kehidupan. Bandung: PT. Serambi Ilmu Semesta




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v2i3.17084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats