PEMILIHAN IBU KOTA NEGARA ISLAM

Yudhi Septian Harahap

Abstract


Suatu negara tidak akan terbentuk tanpa adanya adanya wilayah, rakyat, pemerintah dan undang-undang dasar atau konstitusi yang berdaulat. Nabi Muhammad saw saat berhijrah ke Madinah yang kala itu bernama Yastrib membuat suatu konsep Tatanan Negara. Artike ini membahas bagaimana proses pemilihan ibu Kota Islam pada saat Rasulullah saw di Madinah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan pendekatan kualitatif. Studi pustaka ini bertujuan untuk mengumpulkan data dari membaca, mencatat, dan mengolah bahan yang ditemukan untuk penelitian. Dari kajian yang dilakukan ditemukan bahwa: Madinah merupakan Negara Islam pertama yang berhasil dibentuk oleh Nabi Muhammad. Konsep awal terbentuknya Negara ini ialah tertuang dalam pembent ukan Piagam Madinah yang mana Piagam Madinah ini merupakan Undang-undang pertama yang disepakati oleh kaum Islam dan Yahudi di madinah. Kontribusi terhadap kemajuan Islam yang pertama ialah: membangun asas-asas politik, ekonomi dan sosial. Membangun pusat pendidikan, dan membangun pertahanan Negara. Yang mana semua ini memiliki kontribusi yang besar terhadap perkembangan Islam dimasa selanjutnya.

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2019). Dinamika Islam di Arab Saudi. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari (JIAJ), 4(1), 152–171.

Adab, F., Humaniora, D. A. N., Islam, U., & Sunan, N. (2018). Sejarah kota baghdad dalam peradaban islam masa abbasiyah tahun 762-1258 m “ skripsi. Jurnal Skripsi, 1–106.

Adnan, M. (2019). Wajah Islam Priode Makkah-Madinah Dan Khulafaurrasyidin. CENDEKIA/ : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.74

Ahmad Masrul Anwar. (2015). Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam pada Masa Bani Ummayah. Jurnal Tarbiya, 1(1), 47–76.

Amin, A. M. (2021). Pembangunan Kesatuan Dogma Dan Politik Dalam Piagam Madinah. Jurnal Keislaman, 1(1), 45–73. https://doi.org/10.54298/jk.v1i1.3347

Annisa Rasyidah. (2020). Pendidikan Pada Masa Rasulullah Saw Di Makkah Dan Di Madinah. AL-HIKMAH/ : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam Jurnal, 2(1), 32–44.

Azizi Batubara, A. H., & Salminawati. (2022). Pengertian Ontologi Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Journal Of Social Research, 1(4), 239–247. https://doi.org/10.55324/josr.v1i4.72

Daulay, Haidar Putra, D. (2020). Masa Keemasan Dinasti Umayyah dan Dinasti Abbasiyah. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), 1(2), 72–77.

Dukungan, H., Terhadap, K., Pasien, M., & Stroke, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715.

Fauzi, I., Mukti, A., & Dahlan, Z. (2021). Pembangunan Pemerintahan Madinah Melalui Pemikiran Dan Usaha Intelektual Perspektif Peradaban Islam Masa Nabi Muhammad Saw. GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 8(2), 123–127. https://doi.org/10.56015/governance.v8i2.46

Gabriel, E. (2020). Pengertian Dan Bentuk-Bentuk Negara. 1–16.

Ifendi, M. (2021). Pendidikan Islam Rasulullah Saw Periode Madinah: Strategi, Materi Dan Lembaga Pendidikan. Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(01), 10–15.

Jailani, I. A. (2016). Piagam Madinah: Landasan Filosofis Konstitusi Negara Demokratis. Al-Daulah/ : Jurnal Hukum Dan Perundangan Islam, 6(2), 269–295.

Jatmika, S. (2012). Warisan Kejayaan Madinah bagi Pengembangan Kajian Ilmu Sosial dan Politik. Jurnal Hubungan Internasional, 1(2). https://doi.org/10.18196/hi.2012.0018.171-178

Kosim, M. (2015). Institusi Politik Di Zaman Nabi Muhammad Saw. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i1.651

Lukitarina. (2020). Rasulullah dan Peradaban Islam Madinah. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.52166/tabyin.v2i2.88

Mutiani, T. (2020). Negara Utama Menurut Al-Farabi (Konsep Dan Relevansinya Dalam Kehidupan Bernegara Masa Kini). Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 6(2), 29. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v6i2.6892

Najib, M. A., & Imawan, D. H. (2022). Dinamika Intelektual dan Peradaban Islam pada Masa Rasulullah. Jurnal Pemikiran Islam, 2(1), 105. https://doi.org/10.22373/jpi.v2i1.12527

Nurfazillah. (2020). Praktik Politik Dalam Sejarah Islam Era Dinasti-Dinasti Islam. Al-Ijtima‘i: International Journal of Government and Social Science, 6(1), 43–62. https://doi.org/10.22373/jai.v6i1.615

Program, W. G., Hukum, S., Negara, T., Syariah, F., Bengkulu, I., Raden, J., Pagar, F., & Bengkulu, D. (2017). Trias Politica Dalam Perspektif Fikih Siyasah. 2(2), 123–134.

Rio R, M. B. (2021). Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Lembaga Yudikatif Di Indonesia. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 5(2), 59–68. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i2.371

Rohman, M. M. dan K. (2017). Pemikiran Imam Malik dan Imam Syafi’i tentang Saksi dalam Rujuk. Jurnal Hukum Keluarga Islam, 2(April), 21–38.

Sholikhah, A. (2015). Piagam Madinah, Konsensus Masyarakat Pluralis: Madinah dan Makkah. Komunika, 9, 1–16.

Susanti, E. F. F. (2021). Konsep Jilbab dalam Prespektif Al- Qur ’an. TADRIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 124–138.

Tohir, S. (2020). Dakwah Pengembangan Masyarakat dalam Pembangunan Kota Madinah. Al-Risalah, 11(2), 129–152.

Ulum, B. (n.d.). Reaktualisasi Madinah Charter Bagi Pembangunan Civil Society Di.

Vachruddin, V. P. (2021). Konsepsi dan Strategi Muhammad SAW dalam Mendirikan Negara Madinah Al-Munawwarah. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 5(1), 70–88. https://doi.org/10.29408/fhs.v5i1.3355

Zaman. (2012). NEGARA MADINAH (Sebuah Prototype Ketatanegaraan Modern). IN RIGHT: Jurnal Agama Dan Hak Azazi, 2(1), 69–92.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v2i3.17050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats