KAUM MODERNIS DI NUSANTARA: GERAKAN PADERI

Sabilla Hidayani Br. Tarigan

Abstract


Gerakan Padri merupakan gerakan dakwah Islam yang ada di Minangkabau, Sumatra Barat. Gerakan ini terjadi pada tahun 1821-1837, dakwah Islam ini menjadi perselisihan antara kaum Adat, kaum Padri dan kolonial Belanda. Tulisan ini bertujuan untuk memahami bagaimana gerakan padri yang terjadi pada masa itu dan mengetahui cara-cara berdakwah dalam Islam yang ada pada masa pra kemerdekekaan yang masih dilakukan sampai sekarang. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif, yaitu dengan menganalisa fenomena yang ada serta menjabarkannya di dalam dalam bentuk poin-poin. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa pendakwah Islam sejak sebelum kemerdekaan sudah banyak yang belajar agama ke Timur Tengah, dakwah Islam dilakukan melalui ceramah di masjid-masjid, lembaga madrasah serta melalui perdagangan dan perkawinan. Pada masa selanjutnya hal ini tetap dilakukan sebagai metode dakwah dan menjadi sebuah komunitas Islam yang berbentuk lembaga pendidikan, organisasi masyarakat serta tradisi yang masih dilakukan hingga sekarang.

Full Text:

PDF

References


Asroruddin. 2020. "Gerakan Padri dan Munculnya Modernisasi Pemikiran Islam di Indonesia." El Huda.

Chaniago, Danil Mahmud. 2018. "NASIONALISME Akar dan Pertumbuhannya di Minangkabau." Khazanah.

Duriana. 2015. "ISLAM DI INDONESIA SEBELUM KEMERDEKAAN." dialektika.

Elvira, Maiza. 2020. "Wajah Bukittinggi dan Riwayat Masa Silam Sebuah Kota." Analisis Sejarah.

Hadler, Jeffrey. 2013. "Sengketa Tiada Putus: Matriarkat, Reformisme Agama, dan Kolonialisasi di Minangkabau." Tingkap.

Indra, Ristapawa. 2017. "Wahabisme: Gerakan Padri di Minangkabau ke Islam Organisais Pembela di Indonesia." Researchesh World.

Indrawati, Nadia Nur. 2016. "Peran Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi (1860-1916 M) Dalam Islamisasi Nusantara." Tamaddun.

Iza Hanifuddin. 2016. Jejak-jejak Genealogies. Padang: Sukabina Press.

M, Shafiq Mohd. 2020. "Teknologi Masyarakat Minangkabau dalam Perang Padri di Sumatera Barat Minangkabau Technology in the Padri War at West Sumatera." International Journal of the Malay World and Civilisation.

Marajo, Sjafnir Aboe Nain Dt. Kando. 2016. Bianglala Kehidupan Bagindo Tan Labih. Tabing Padang: Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat.

Masdison, S. Metron. 2018. Tokoh-tokoh Gerakan Padri. Rawamangun: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nashir, Haedar. 2008. "Purifikasi Islam dalam Gerakan Padri." Unisia.

R, Dwi Cahyadi. 2020. "Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Canduang: Gerakan Modernisasi Lembaga Pendidikan Islam di Sumatera Barat." Kronologi.

Yetti, Erli. 2017. "Penulisan Sejarah Perang Padri dalam karya sastra melayu sebuah studi bandingan." Atavisme .




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v3i3.17046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats