INTERAKSI SOSIAL PENGANUT BAHA’I DI MEDAN

Yolandari Lingga Bayu, Sakti Ritonga

Abstract


Penelitian ini membahas tentang interaksi sosial penganut Baha’i di Medan. Pokok masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana interaksi sosial penganut Baha’i di Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi penganut Baha’i di Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian fieldresearch (penelitian lapangan) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif, selanjutnya teknik pengumpulan data melalui informan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan verifikasi.

Hasil penelitian, agama Baha’i di Indonesia telah ditetapkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dalam surat Keputusan Menteri Nomor: MA/276/2014 sebagai salah satu agama tersendiri (independen) dan bukan aliran kepercayaan dari agama lain. Agama Baha’i telah masuk ke kota Medan berawal dari tahun 1949 dan lebivsh diketahui pada tahun 1957. dr. Samandari merupakan pelopor Baha’i yang masuk ke kota Medan. Interaksi penganut agama Baha’i di Medan dapat dilihat dari aktivitas umat Baha’i di Medan terbuka bagi siapa saja untuk mewujudkan prinsip kesatuan umat manusia, keterbukaan itu dapat kegiatan, yaitu: Doa bersama, Pendidikan rohani bagi anak-anak, pemberdayaan rohani bagi remaja, pemberdayaan rohani bagi muda-mudi dan dewasa. Agama Baha’i terbuka karena ingin diakui dan diterima di tengah-tengah masyarakat dan menyatukan seluruh masyarakat dari agama atau pun suku mana pun.

Full Text:

PDF

References


Astawa, I. B. M. (2017). Pengantar Ilmu Sosial. Rajawali Pers.

Bahai. (n.d.). Agama Bahل¼ي Indonesia.

Bungin, M. B. (2014). Penelitian Kualitatif. Kencana.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Andi Offset.

Djam’an, S., & Aan, K. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Effendi, R., & Malihah, E. (2007). Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi. CV. Maulana Media Grafik.

Hafidy, E. A. (1997). Aliran-aliran Kepercayaan dan Kebatinan di Indonesia. Ghalia Indonesia.

Isnaeni, H. F. (2014). Riwayat Baha’i di Indonesia. Historia.Id.

Istiqomah, S. N. (2015). Pengaruh Kematangan Emosi dan Kecerdasan Sosial Terhadap Interaksi Sosial Siswa Program Akselerasi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

J. Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Kholis, N. (2018). Humanisme Dalam Agama Baha’i dan Implementasinya di Masyarakat (Studi Kasus Ajaran Agama Baha’i di Desa Cebolek, Kec. Margoyoso, Kab. Pati). Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Kuswanto, & Siswanto, B. (2003). Sosiologi. Tiga Serangkai.

Lubis, E. A. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. UNIMED Press.

Lufri. (2007). Kiat Memahami dan Melakukan Penelitian. UNP Press.

Marhumah, I. (2021). Agama-agama Minor (Agama Baha’i).

Nuh, N. M. (2014). Eksistensi Agama Bahai di Beberapa Daerah di Indonesia Studi Kasus di Pati Jawa Tengah, Banyuwangi dan Malang Jawa Timur, Palopo Sulawesi Selatan, dan Bandung Jawa Barat’. Puslitbang Kehidupan Keagamaan Balitbang Dan Diklat Kemenag RI.

Putra, N., & Dwilestari, N. (2012). Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers.

Syah Wardi, I. W. (2021). DISKURSUS PENGAMALAN BERQURBAN MENURUT LDII DAN AL WASHLIYAH; BERQURBAN SECARA BERJAMA’AH (PATUNGAN). Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences, 2(1), 29–42. https://doi.org/10.30821/islamijah.v2i1.14679

Syarifudi, & Mariam, N. (2010). Sosial Budaya Dasar Untuk Mahasiswa Kebidanan. Trans Info Media.

Wardi, S., & Arif, Z. (2023). A Critical Review on The Law of Cina Buta (Chinese Blind) According to Shaykh Abdul Qadir Bin Abdul Muthalib Al Mandili Al Indonesia Al Shafi’i. Diktum: Jurnal Syariah Dan Hukum, 21(1), 15–23. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/diktum.v21i1.4954

Wulandari, T. N. (2018). Penganut Agama Baha’i dan Interaksinya dengan Agama Lain (Studi Deskriptif di Kota Medan). Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v3i2.14681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats