PENGARUH MODEL ROLE PLAYING BERBASIS GAMBAR TERHADAP KETERAMPILANBERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Rafitamara Rafitamara

Abstract


Abstract: Media memiliki peran penting karena media dapat membantu proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Role palying berbasis gambar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa materi legenda Malin kundang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pra-eksperimen. Populasi dalam Penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa dengan sampel kelas V sebagai kelas eksperimen sebanyak 15 siswa dan di kelas kontrol sebanyak 15 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik statistik dengan jenis sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Role Playing berbasis gambar terhadap hasil belajar siswa materi legenda Malin Kundang, yakni penggunaan media Role Playing berbasis gambar lebih meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model Konvensional. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu acuan guna mengetahui pengaruh media Role Playing dengan menggunakan variabel lain.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224

Azis, A. (2002). Mendidik Dengan Cerita. PT : Remaja Rosdakarya.

Haryadi. (1997). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Depdikbud.

Kristin, F. (2018). META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 172. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Pada Bahasa Anak. Prenada Media.

Prasetyoningsih, L. S. A. (2021). Keterampilan Berbicaara; Tinjauan Deskriftif dan Penerapannya salam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi Nusantara.

Rahmayanti, Z. (2021). Hubungan Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Mitra PGMI :Jurnal Pendidikan, 7(2), 95. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mpgmi.v7i2.364

Risva Anggriani, I. I. (2017). Keefektifan metode role playing terhadap keaktifan dan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS (HSJPI), 4(2), 212. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.11017

Roestiyah, N. . (2021). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Setyawan, D. A. (2021). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas & Homogenitas Data dengan SPSS. Tahta Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v3i1.12571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats