IMPLEMENTASI ETIKA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONTIANAK

Sahidi Sahidi

Abstract


Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan implementasi etika pustakawan dalam melayankan informasi kepada pengguna pada perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Untuk teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden, kemudian diolah secara deskriptif dengan statistik persentase (%). Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Perhatian pustakawan bahwa sebagian besar responden 53,3% yang menyatakan bahwa pustakawan sigap dan konsentrasi dalam melayani pertanyaan pemustaka (2) Pertolongan, bahwa hampir setengah responden yang menyatakan pustakawan belum sepenuhnya memberikan arahan dan petunjuk dalam memanfaatkan fasilitas, layanan dan koleksi yang ada. (3) Tenggang rasa, hampir separuh yaitu 36,7 % yang menyatakan bahwa Pustakawan menerima keritikan dan saran yang membangun, pustakawan dapat memperlihtkan sikap empatinya dengan baik. (4) Kesopanan,  50% responden menyatakan pustakawan sudah bertutur kata sopan pada saat melayani pemustaka dan pustakawan menggunakan pakaian yang rapi dan sopan ketika melayani pemustaka. (5) Kepedulian, hampir setengah responden yaitu 46,7% bahwa pustakawan memberikan rujukan informasi lain yang relevan (6) Penampilan tenang, dari sekian responden 66,7% menyatakan pustakawan menampilkan sikap tenang ketika melayani pemustaka (7) Keramahan dan pemberian senyuman 63,3% menyatakan kurang setuju pustakawan tersenyum dalam melayani.

Kata Kunci: Etika, Pustakawan, Layanan

This study intends to describe the implementation of librarian ethics in serving information to users in the library of the Pontianak Islamic Institute. The research approach used is quantitative with descriptive methods. The number of samples in this study were 30 respondents. For data collection techniques in this study using a questionnaire given to respondents, then processed descriptively with percentage statistics (%). The results of the research are as follows: (1) The attention of librarians is that most of the respondents are 53.3% who state that librarians are alert and concentrated in serving users' questions (2) Help, that almost half of the respondents who stated that librarians have not fully provided directions and directions in using existing facilities, services and collections. (3) Tolerance, almost half, namely 36.7% which stated that librarians accept criticism and constructive suggestions, librarians can show their empathetic attitude well. (4) Courtesy, 50% of respondents stated that librarians have spoken polite words when serving users and librarians use neat and polite clothes when serving visitors. (5) Concern, almost half of the respondents are 46.7% that librarians provide references to other relevant information (6) Calm appearance, 66.7% of the respondents stated that librarians display a calm attitude when serving visitors (7) Kindness and giving a smile 63 , 3% stated that they disagree with the librarian smiling in serving.

 

Keywords: Ethics, Librarians, Service


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adya, Atep Barata. 2003.Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Jakarta: Elex Media Kompotindo.

Chaplin, James P. 2006.Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fatmawati, Endang. 2008.Perlunya courtesy bagi pustakawan. Jurnal Genta Pustaka,vol.2 No.10, Edisi Maret,2008.

Hermawan, Rachman dan Zulfikar Zein. 2006.Etika Kepustakawanan. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Iman, Philips HW.2011.Jurnal.Peran Pustakawan dalam Memasarkan jasa Informasi”. Jakarta: Universitas Pelita Harapan, Wipa Volum 13, Edisi Desember 2011.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2007.Jakarta: Balai Pustaka.

Maddy, Khairul. 2009.Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima, Jakarta: Kata Buku.

M.bonuong, Risno. 2013. Implemenasi Kode Etik Pustakwan dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pelayanan di Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara, Journal Volume II. No. 4. Tahun 2013.

Naibaho, Kalara. 2011.“Pustakawan Asertif Idaman Masyarakat: Tinjauan Terhadap Tugas dan Kompetensi Pustakawan dalam Mencapai Kepuasan Pengguna dalam www.staff.blog.ui.ac.id/clara/2011/01/06/pustakawan-asertif-idaman-masyarakat/) diakses pada tanggal 15 November 2014 pukul 11.00 WIB.

Sutarno NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Pawit, M.Yusuf. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta; Kencana.

Purwono. 2003. Profesi Pustakawan mengahadapi Tantangan Perubahan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Qalyubi, Syihabuddin dkk. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi.Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Soeatminah. 1992. Perpustakaan, Kepustakawanan, dan Pustakawan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1992.

Sulistyo-Basuki. 1993.Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Suwarno,Wiji. 2003. Ilmu Perpustakaan dan Kode Etik Pustakawan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono.2010.Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sutarno NS. 2006.Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Tjiptono, Fandy. 2002. Starategi Pemasaran,edisi revisi, cetakan keempat, Yokyakarta: Andi.

Tjitropranoto, Prowo. 1995. Penelitian dan Sumber Daya Manusia di Bidang Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan Pertanian, IV (1), 1995: hal 1-9. Bogor: Pusat Perpustakaan Pertanian dan Komunikasi Penelitian.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 Tentang Perpustakaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v15i1.9242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sahidi Sahidi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia