DESAIN INSTRUKSIONAL LITERASI INFORMASI MENGGUNAKAN MODEL I-LEARN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS YARSI

Elfitri Kurnia Erza, Indah Kurnianingsih, Fitri Risalatul Hafifah

Abstract


Program literasi informasi merupakan salah satu kegiatan yang sangat diperlukan di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan kebutuhan mahasiswa untuk kegiatan literasi informasi serta membuat desain instruksional menggunakan model I-Learn. Model I-LEARN terdiri dari beberapa aspek yaitu identify, locate, evaluate, apply, reflect, dan know. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 359 mahasiswa Universitas YARSI. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara kepala perpustakaan dan kuesioner. Desain Instruksional menggunakan Model I-LEARN untuk perpustakaan Universitas YARSI terdiri dari (1) identify, perpustakaan dapat membuat program pelatihan mind mapping; (2) locate, perpustakaan dapat melaksanakan seminar dan pelatihan akses informasi, pemilihan sumber informasi, dan seminar dan pelatihan subjek pencarian; (3) evaluate, program seminar evaluasi informasi; (4) apply, program pelatihan aplikasi reference manager dan pelatihan infografis; (5) reflect, perpustakaan dapat menyelenggarakan program seminar anti plagiarisme dan layanan pengecekan plagiarisme; dan (5)  know, menyelenggarakan program pengenalan publikasi jurnal & media online dan menyediakan layanan konsultasi publikasi ilmiah.


Keywords


desain instruksional, literasi informasi, model I-Learn, perpustakaan Universitas YARSI

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Baji, F. et al. (2018) ‘Developing information literacy skills of the 6th grade students using the Big6 model’, Malaysian Journal of Library & Information Science, 23(1), pp. 1–15. doi: 10.22452/mjlis.vol23no1.1.

Dalton, M. (2013) ‘Developing an evidence-based practice healthcare lens for the SCONUL Seven Pillars of Information Literacy model’, Journal of Information Literacy, 7(1), pp. 30–43. doi: 10.11645/7.1.1813.

Greenwell, S. C. (2013). Using the I-LEARN model for information literacy instruction: An Experimental Study. ProQuest Dissertations and Theses, 106. Retrieved from https://uknowledge.uky.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1005&context=edc_etds

Harjatanaya, T. Y., Islamy, G. C. S., Damayanti, I. L., Fadlan, Susanti, D. R., Yuliati, … Wina. (2018). White Paper : Literasi di Indonesia Divisi Kajian Komisi Pendidikan PPI Dunia 2017/2018. Retrieved from http://ppidunia.org/wp-content/uploads/2018/11/White-Paper-Komisi-Pendidikan-Pendidikan-Literasi.pdf %0A

Hafifah, F.R. (2020). Rancangan Program Literasi Informasi Menggunakan Model I-Learn Untuk Perpustakaan Universitas YARSI. Skripsi. Universitas YARSI

Hess, A. K. N. and Greer, K. (2016) ‘Designing for Engagement: Using the ADDIE Model to Integrate High-Impact Practices into an Online Information Literacy Course’, Communications in Information Literacy, 10(2), pp. 264–282. doi: 10.15760/comminfolit.2016.10.2.27.

Mubasyaroh. (2016) ‘Pengaruh Perpustakaan Bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi, Libraria, 4(1), pp 77-104.

Lau, J. (2006). Guidelines on Information Literacy for Lifelong Learning. International Federation of Library Associations and Institutions. Retrieved from https://www.ifla.org/files/assets/information-literacy/publications/ifla-guidelines-en.pdf

Neuman, D. (2011). Constructing knowledge in the twenty-first century: I-LEARN and using information as a tool for learning. School Library Media Research, 14(August). Retrieved from http://www.ala.org/aasl/sites/ala.org.aasl/files/content/aaslpubsandjournals/slr/vol14/SLR_ConstructingKnowledge_V14.pdf

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61–76. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370

Unesco. (2007) ’Understanding Information Literacy: A Primer’. Paris. Unesco

University of Kentucky. (2020). The I-LEARN Model: Introduction. Retrieved April 26, 2020, from https://libguides.uky.edu/ilearn




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v14i2.8154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Elfitri Kurnia Erza, Indah Kurnianingsih, Fitri Risalatul Hafifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia