PENDEKATAN KNOWLEDGE AUDIT DALAM ORGANISASI : STUDI KASUS PERUSAHAAN XYZ

Afryna Veronica

Abstract


Knowledge Audit (KA) merupakan salah satu bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari Knowledge Management (KM). KA digunakan untuk proses pemeriksaan dan evaluasi sumber pengetahuan dalam organisasi. KA adalah teknik yang berguna untuk memantau manajemen pengetahuan tentang masalah kualitas seperti kelengkapan, efektivitas dan ketepatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses atau langkah pendekatan knowledge audit dalam suatu organisasi berdasarkan pendekatan tinjauan literatur yang sistematis terdiri dari sejumlah tahap dengan fokus pada pembentukan kerangka keseluruhan dan alat yang disesuaikan untuk audit pengetahuan. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa pendekatan sistematis untuk audit pengetahuan diajukan dan percobaan berhasil dilaksanakan di Perusahaan XYZ. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan audit pengetahuan sistematis menghasilkan sejumlah manfaat yang mencakup identifikasi pengetahuan kritis dan rekomendasi selanjutnya dapat dioptimalkan untuk mengelola pengetahuan yang lebih baik di Perusahaan XYZ.


Keywords


Knowledge Audit, Knowledge Management, Audit Pengetahuan di Organisasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Chong, Y. (2004). Re-Thinking knowledge audit: Its values and limitations in the evaluation of organisational and cultural Assets. Kowloon, Hong Kong: The Hong Kong Polytechnic University.

Creswell, J. (2008). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Qualitative and Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Creswell, J. W. (2009). Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Crockett, M., & Foster, J. (2004). Using ISO 15489 as an Audit Tool. The Information Management Journal.

Henczel, S. ( 2000). The Information Audit as a first step towards effective Knowledge Management: An opportunity for the special librarian. INSPEL, 34(3), 210-226.

Henczel, S. (2001). The Information Audit: A Practical Guide. München: Saur.

Hylton, A. (2008). Knowledge Audit must be people-centered and people focused. Hylton Associates.

Liebowitz, J., Rubenstein-Montano, B., McCaw, D., Buchwalter, J., Browning, C. (2002). Conducting a Knowledge Audit

Makambe , U. (2015). A Systematic Approach to Knowledge Audit: A Literature Review. Information and Knowledge Management, 05.

Mekhilef, M., Olesen, A.J., Kelleher, D. (2004). European Guide to good Practice in Knowledge Management –part 5, KM terminology.

N. S. A. Rahman, A., & Shukor. (2011). Knowledge Audit Process-Tales of Two Organizations. Research and Innovation in Information Systems (ICRIIS), 1-5.

Pa, N. C., & Taheri , L. (2012). A Survey on Approaches in Knowledge Audit in Organizations. Asian Transactions on Computers, 02(05).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v14i2.8058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Afryna Veronica

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia