Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Diploma 3 Perpustakaan Jurusan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak

SAHIDI SAHIDI SAHIDI

Abstract


Abstrak

Salah satu jenjang pendidikan yang ada di Perguruan Tinggi adalah berdirinya program studi Ilmu Perpustakaan baik jenjang Diploma 3, Sarjana, dan bahkan tingkat magister. Lahirnya program studi ilmu  perpustakaan dilatarbelakangi oleh perkembangan informasi dan lembaga informasi seperti perpustakaan. Untuk menjalankan fungsi perpustakaan dan lembaga informasi, maka perpustakaan tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang ilmu informasi dan perpustakaan. Sumber daya di bidang perpustakaan ini nantinya disebut sebagai ahli informasi atau pustakawan. Penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi mahasiswa memilih Program Studi Diploma 3 Perpustakaan, Jurusan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak”. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptf dengan pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) faktor-faktor yang mendorong mahasiswa memilih program studi Diploma III Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak diperngaruhi oleh faktor eksternal. Faktor eksternal yang mendorong mereka sebagian besar dilakukan oleh orang tua keluarga dekat mahasiswa yang bersangkutan. Sebanyak 42 responden atau sekitar 56,7 % mahasiswa didorong oleh orang tuan dan keluarga dekatnya dan hanya 13 responden atau sekitar 17, 5% atas dasar kemauan atau sendiri. (2) Prospek karir yang diharapkan oleh mahasiswa setelah lulus dari Prodi Diploma III Perpustakaan sekitar 56, 7 % responden menyatakan bahwa mereka menginginkan menjadi pustakawan yang profesional dalam mengelola informasi.

 

 

Abstract

One of the education levels in Higher Education is the establishment of Library Science study programs at both Diploma 3, Bachelor, and even master level levels. The birth of library science study programs was motivated by the development of information and information institutions such as libraries. To carry out the functions of libraries and information institutions, libraries certainly need competent human resources in the field of information science and libraries. Resources in the library field will later be referred to as information experts or librarians. This study aims to determine the motivation of students to choose the Library 3-D Study Program, Language and Arts Department, Faculty of Teacher Training and Education, Tanjungpura University, Pontianak ". This research method uses descriptive methods with a qualitative approach. The results of this study are as follows: (1) the factors that encourage students to choose Diploma 3 study programs in the Teaching and Education Faculty Library of Tanjungpura University in Pontianak are influenced by external factors. External factors that encourage them are mostly carried out by parents of close family of the students concerned. As many as 42 respondents or around 56.7% of students are encouraged by their parents and close relatives and only 13 respondents or around 17.5% are of their own volition. (2) Career prospects expected by students after graduating from the Diploma III Library Program about 56, 7% of respondents stated that they want to become professional librarians in managing information

 


Keywords


Motivation, Choosing Study Program, Diploma 3 Library

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arianto, M. Solihin, 2011. “Bercermin pada Gerakan Open Acces: Menghilangkan Kesenjangan Akses Informasi dalam Layanan Perpustakaan”, dalam The Key Word: Perpustakaan di Mata Masyarakat, cet. I, (Yogyakarta: Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Perpustakaan Kota Yogyakarta dan Blogfam.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.

Rineka Cipta. Jakarta.

Blasius Sudarsono. Pustakawan Cinta dan Teknologi. Jakarta: ISIPII. 2009.

Darmono. Perpustakaan Sekolah Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja.Jakarta: PT Grasindo. 2007.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar (2nd ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayani, Ninis Agustini (2011) Kompetensi dan Sertifikasi Pustakawan: Ditinjau dari Kesiapan Dunia Pendidikan Ilmu Perpustakaan. Jurnal Media Pustakawan, Vol.18 No.3 Tahun 2011.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Danarjati, Dwi Prasetia, dkk.(2014).Psikologi Pendidikan.Yogyakarta.Graha Ilmu.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rajawali Press.

Krisnawan, I K.M. 2013. Kontribusi Ekspektasi Karir, Motivasi Belajar Siswa, dan Kualitas Sarana Laboratorium terhadap Kualitas Pelaksanaan Pembelajaran Praktikum (Studi Persepsi Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 1 Sukawati). JurnalAdministrasi Pendidikan 4: 4-10.

Shuman, Bruce A. (1992) Foundations and Issues in Library and Information Science. Englewood, Colorado: Libraries Unlimited, Inc.

Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyo-Basuki (1994) Periodisasi Perpustakaan Indonesia. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Martini, Nina Ariyani, Ida Farida.(2009).Psikologi Perpustakaan. Banten Universitas Terbuka.

McCook, K. D. L. P. (2009). Opportunities in Library and Information Science Careers. New York: McGraw Hill.

Nashihuddin, Wahid. (2015). Perkembangan Pendidikan Ilmu Perpustakaan Indonesia: Dari Masa ke Masa. Jurnal Jurnal Pustakawan Indonesia. Volume 13 No. 1.2015.

Revaldi, Aischa. (2010).Memilih Sekolah Untuk Anak. Jakarta: Inti Medina.

Rohani, Ahmad. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Saleh, A. R. (2011). Percikan Pemikiran di Bidang Kepustakawanan. Jakarta: Sagung Seto.

Uno, H. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

______. (2013). Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan.. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Zain, Labibah (2009) Pendidikan Perpustakaan di Indonesia: Upaya memadukan Isu-isu perkembangan Teknologi Informasi Dalam Kurikulum Program Pendidikan Perpustakaan dan Informasi. Makalah Seminar dan Diskusi Interaktif "Library and Information Education @the Crossroad," 16-18 November 2009, Hotel Topas, Bandung, dalam http://isipii-librarian-indonesia.blogspot.com /2009/11/pendidikan-perpustakaan-di-indonesia.html (Diakses tanggal 10 September 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v13i2.5775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SAHIDI SAHIDI SAHIDI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia