Upaya Perencanaan Penyelamatan Koleksi Dalam Rangka Menghadapi Bencana Alam di Perpustakaan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta

Mus Rifah M.IP

Abstract


Sebuah perencanaan terhadap bencana merupakan elemen yang penting dalam melakukan tindakan pencegahan dalam upaya penyelamatan di perpustakaan. Salah satu penyelamatan yang harus dilakukan di suatu perpustakaan adalah penyelamatan koleksi. Koleksi perpustakaan merupakan salah satu faktor utama dalam kualitas suatu perpustakaan. Inilah yang melatarbelakangi penulis untuk meneliti tentang Upaya Perencanaan Penyelamatan Koleksi dalam Rangka Menghadapi Bencana Alam di Perpustakaan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif, teknik-teknik yang peneliti gunakan dalam upaya pengumpulan data yaitu, observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh tentang upaya yang direncanakan dalam menyelamatkan koleksi yang dilakukan oleh Perpustakaan Peternakan Univeritas Gadjah Mada yaitu ada empat (4) tahap. yaitu tahap pencegahan, tahap tanggapan, tahap reaksi, dan tahap pemulihan. Untuk  proses penyelamatan koleksi dalam rangka menghadapi bencana alam di perpustakaan tersebut yaitu sebelum terjadinya bencana, melakukan back-up untuk koleksi yang di anggap penting, seperti repositori, back up data yang disimpan di tiga (3) server yang berbeda yaitu, di luar kota Yogyakarta, di server perpustakaan pusat dan disimpan oleh kepala Perpustakaan Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Adapun alat yang sudah tersedia untuk menyelamatkan koleksi dalam rangka menghadapi bencana alam hingga saat ini baru tersedia alat pemadam kebakaran yaitu dua unit alat pemadam kebakaran, satu unit pipa penyalur air, dan satu hydran yang digunakan untuk menyalurkan air ketika terjadinya kebakaran.

Kata kunci: Perencanaan, Bencana Alam, Koleksi, Perpustakaan.


Keywords


Perencanaan, Bencana Alam, Koleksi, Perpustakaan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Badudu. Muhammad Zain, Sultan. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 1994.

Dureau, J.M. dan D.W.G. Clements, Dasar-Dasar Pelestarian dan Pengawetan Bahan-Bahan Pustaka. Jakarta: Perpustakaan Nasional. 1990.

Fatmawati, Endang. The Art of Library Ikatan Esai Bergizi Tentang Seni Mengelola Perpustakaan. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang. 2010.

Harvey, Ros. Preservation in Libraries: Principles, Strategies, and Practice for Librarias. London: Bowker-Saur. 1993.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1989.

Kohar, Ade. Teknik Penyusunan Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan: Suatu Implementasi Studi Retrospektif. Jakarta: Citra Aditya. 2003.

Krihanta. Pengelolaan Arsip Vital. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka. 2013.

Lasa HS. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. 2009.

Muttaqin, Ahmad. Dkk. Cerdas Menghadapi Bencana: Persiapan, Penanganan dan Tips Menghadapi Bencana Alam. Yogyakarta: Center for the Study of Islam and Social Transformation (CISForm) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. 2007.

Rewaju Issa, Abdul Wahab Olan. “Disaster Preparedness at the State Public Library Ilorin Kware State”. Dalam Http://Unllib. Unl. Edu/LPP/, Diakses Pada Tanggal 30 April 2015. Pukul 12:45.

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Cet Ke-4 Bandung: Alfabeta. 2010.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2005.

Sulistyo-Basuki. Pengantar Ilmu Kearsipan. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka. 2013.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI. 2007.

WJS. Poerwadarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v13i2.5770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mus Rifah M.IP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia