Analisis Bibliometrik: Perkembangan Tren Penelitian Literasi Digital di Perguruan Tinggi dalam Database Scopus (2014 - 2023)
Abstract
Bidang pendidikan di perguruan tinggi menghadapi tantangan besar terkait literasi digital. Sebagai tempat pembelajaran yang berkualitas, perguruan tinggi dituntut agar meningkatkan kemampuan literasi yang sesuai dengan perkembangan teknologi digital. Hal tersebut sejalan dengan urgensi literasi digital di perguruan tinggi. Penelitian bertujuan mengetahui: (1) perkembangan tren publikasi; (2) jurnal inti; (3) peneliti produktif; (4) sebaran subjek area penelitian; (5) sebaran negara; (6) pemetaan pengetahuan untuk melihat bagaimana struktur pengetahuan literasi digital di perguruan tinggi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis bibliometrik menggunakan bantuan software VOSviewer. Penelitian tentang literasi digital di perguruan tinggi pada database Scopus dalam rentang waktu 2014-2023 mengalami pertumbuhan yang signifikan. Namun tahun 2014-2016 mengalami penurunan dan kenaikan kembali pada 2016 hingga 2021. Selanjutnya, mengalami penurunan kembali pada 2022 dan kenaikan lagi pada 2023 hingga saat ini. Dari 646 dokumen dihasilkan 56 kata kunci yang terhubung satu sama lain dan terbagi dalam 5 klaster. High educations, Covid-19, pandemic, educational innovation, digital competencies, digital transformation, dan student adalah kata kunci paling terbaru dari penelitian literasi digital di perguruan tinggi selama 10 terakhir. Education and Information Technologies merupakan jurnal yang paling banyak dikutip. Penelitian tentang literasi digital di perguruan tinggi mengalami banyak perkembangan seiring berkembangnya teknologi dan konsep pengetahuan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ariyani, Y. D., Wilujeng, I., & Dwiningrum, S. I. A. (2022). Bibliometric analysis of SCAMPER strategy over the past 20 years. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 1930-1938. 10.11591/ijere.v11i4.22316
Audrin, C., & Audrin, B. (2022). Key factors in digital literacy in learning and education: A systematic literature review using text mining. Education and Information Technologies, 27, 7395-7419. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10832-5
Azzahrawaani, Z., Johan, R. C., & Ardiansah. (2023). Analisis bibliometrik tren penelitian literasi pada lansia dengan menggunakan VOSviewer. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 44(2), 125-140. https://doi.org/10.55981/baca.2023.1679
European Commission. (2020, February 19). Shaping Europe's digital future - European Commission. European Commission. https://commission.europa.eu/strategy-and-policy/priorities-2019-2024/europe-fit-digital-age/shaping-europes-digital-future_en
Farias-Gaytan, S., Aguaded, I., & Ramirez-Montoya, M. S. (2023). Digital transformation and digital literacy in the context of complexity within higher education institutions: A systematic literature review. Humanities & Social Sciences Communications, 10(386), 1-11. https://doi.org/10.1057/s41599-023-01875-9
Hamidah, I., Sriyono, & Hudha, M. N. (2020). A bibliometric analysis of Covid-19 research using VOSviewer. Indonesian Journal of Science & Technology, 5(2), 209-216. https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2.24522
Handayani, E., Rahman, T., & Gandana, G. (2024). Analisis bibliometrik terhadap perkembangan literasi digital dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal PAUD AGAPEDIA, 8(1), 123-129. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/73343
Iriyanti, S. A., Milla, D., Lede, Y. K., & Kholidi. (2023). Perkembangan literasi digital dalam pendidikan: Sebuah tinjauan bibliometrik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 1289-1301. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.349
Masni. (2020). A bibliometric study on students' theses at the department of elementary school teacher education, Universitas Negeri Makassar. Literatify: Trends In Library Developments, 1(1), 27-32. https://doi.org/10.24252/literatify.v1i1.13159
Mok, K. H., Xiong, W., Ke, G., & Cheung, J. O. W. (2021). Impact of COVID-19 pandemic on international higher education and student mobility: Student perspectives from mainland China and Hong Kong. International Journal of Education Research, 105, 1-11. https://translate.google.com/website?sl=en&tl=id&hl=id&client=srp&u=https://doi.org/10.1016%252Fj.ijer.2020.101718
Nurhayati, E. S., & Salim, T. A. (2023). Analisis bibliometrik perkembangan penelitian preservasi pengetahuan di Indonesia. Iqra: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 17(2), 297-320. http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v17i2.17366
Shi, R., & Wan, X. (2024). A bibliometric analysis of knowledge mapping in Chinese education digitalization research from 2012 to 2022. Humanities & Social Sciences Communications, 11(505), 1-14. https://doi.org/10.1057/s41599-024-03010-8
Smith, E. E., & Storrs, H. (2023). Digital literacies, social media, and undergraduated learning: What think they need to know? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(29), 1-19. https://doi.org/10.1186/s41239-023-00398-2
Soraya, S. M., Kurjono, K., & Muhammad, I. (2023). Analisis bibliometrik: Penelitian literasi digital dan hasil belajar pada database Scopus (2009-2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 387-398. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.270
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.
Sulardja, E. C. (2021). Analisis bibliometrik publikasi ilmiah bidang digital asset management berbasis data Scopus 2011-2020. Informatio: Journal of Library and Information Science, 1(3), 259-280. https://doi.org/10.24198/inf.v1i3.35339
UNESCO. (2015, November 4). Education 2030 Framework for Action to be formally adopted and launched. UNESCO. https://www.unesco.org/en/articles/education-2030-framework-action-be-formally-adopted-and-launched
UNESCO. (2023, March 2). The Impact of COVID-19: How are Universities Three Years After the Pandemic? | Observatory IFE | #InThePress – UNESCO-IESALC. UNESCO-IESALC. https://www.iesalc.unesco.org/en/2023/03/02/the-impact-of-covid-19-how-are-universities-three-years-after-the-pandemic-observatory-ife-inthepress/
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v18i2.21627
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Siti Rina Latifah, Yunus Winoto, Ute Lies Siti Khadijah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA': JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara