Kemampuan Literasi Informasi Kesehatan Anak Para Followers Dalam Memanfaatkan Konten Edukasi Di Instagram @buminalabooks Untuk Melawan Hoaks

Elok Nafilah, Elnovani Lusiana, Fitri Perdana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi kesehatan anak para followers dalam memanfaatkan konten informasi kesehatan anak diInstagram @buminalabooks untuk mengatasi hoaks. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka.  Informan pada penelitian ini berjumlah 5 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa semua informan pernah menemukan berita hoaks di media sosial Instagram, namun mereka berusaha untuk mengatasinya dengan mencari informasi kesehatan anak dari sumber kredibel.  Kemampuan literasi informasi 5 informan dalam mencari informasi pada Instagram @buminalabooks berbeda-beda. Sebagian besar informan sudah memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi, mengidentifikasi kesenjangan informasi, merencanakan strategi pencarian informasi, mengumpulkan informasi, mengevaluasi informasi yang telah diperoleh, mengelola informasi, dan mengaplikasikan informasi pada kehidupan sehari-hari. Namun, sebagian besar informan belum dapat mengumpulkan informasi dengan perangkat lunak tertentu, hanya satu informan yang membuat rangkuman dan memanfaatkan Canva untuk membuat konten hasil rangkumannya. Seluruh informan juga belum memanfaatkan kutipan dan bibliografi untuk mengelola informasi, namun mereka berpendapat bahwa hak cipta merupakan suatu yang penting.


Keywords


Hoaks; Literasi Informasi; Kesehatan Anak; Media Sosial; Instagram; Followers; Buminalabooks.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anisah, N., Sartika, M., & Kurniawan, H. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan pada Mahasiswa. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 4(2), 94–107. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jp.v4i2.11080

Creswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Fardila, A., Za, S., & Sari, N. P. (2019). Promosi Kesehatan “ Sadari ” Menggunakan Instagram pada Mahasiswi Non Kesehatan Universitas Andalas. Jurnal MKMI, 15(3), 253–263. https://doi.org/https://doi.org/10.30597/mkmi.v15i3.6270

Husna, H. T. (2023). Sampai Mei 2023, Kominfo Identifikasi 11.642 Konten Hoaks. Aptika.Kominfo.Go.Id. https://aptika.kominfo.go.id/2023/06/sampai-mei-2023-kominfo-identifikasi-11-642-konten-hoaks/

Juditha, C. (2019). Literasi Informasi Melawan Hoaks Bidang Kesehatan di Komunitas Online. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 16(1), 77–90. https://doi.org/https://doi.org/10.24002/jik.v16i1.1857

Kemp, S. (2023). Digital 2023: Indonesia. Datareportal.Com. https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

Komariah, N., Prijana, & Winoto, Y. (2018). Upaya Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Literasi Informasi Kesehatan pada Ibu-Ibu Kader PKK. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 7(1), 26–31. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v7i1.10319

Lia. (2021). Cek Fakta: Tidak Benar Anak-Anak Kebal Terhadap Virus Covid-19, Ini Faktanya. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-anak-anak-kebal-terhadap-virus-covid-19-ini-faktanya.html

Rachmawati, T. S., & Agustine, M. (2021). Keterampilan Literasi Informasi sebagai Upaya Pencegahan Hoaks Mengenai Informasi Kesehatan di Media Sosial. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 99–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24198/jkip.v9i1.28650

Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986

SCONUL. (2011). The SCONUL Seven Pillars of Information Literacy, Core Model for Higher Education. https://www.sconul.ac.uk/sites/default/files/documents/coremodel.pdf

Sugeng, H. M., Tarigan, R., & Sari, N. M. (2019). Gambaran Tumbuh Kembang Anak pada Periode Emas Usia 0-24 Bulan di Posyandu Wilayah Kecamatan Jatinangor. Jurnal Sistem Kesehatan, 4(3), 96–101. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jsk.v4i3.21240

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v17i2.17311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elok Nafilah, Elnovani Lusiana, Fitri Perdana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia