Pentingnya Pembaharuan Teknologi Media Informasi Terhadap Kebutuhan Perpustakaan Dan Pustakawan

Fayeesha Salsabila, Marlini - Marlini

Abstract


Pembaharuan teknologi media informasi adalah hal yang penting terhadap kebutuhan perpustakaan dan pustakawan karena tuntutan dari kemajuan teknologi kian berkembang. Di era Revolusi Industri 4.0, perpustakaan tidak hanya tempat penyimpanan dan peminjaman buku, tapi juga tempat tersedianya informasi terbaru dan lainnya. Pada penelitian ini, penulis menggunakan studi literature dengan mengumpulkan data dari bahan literature seperti jurnal ilmiah atau artikel falid. Usaha yang dilakukan perpustakaan dalam mengembangkan kebutuahan akan teknologi informasi dengan membuat kreasi baru seperti memanfaatkan layanan internet dan pembaharuan pada fitur-fitur alat bantu kerja perpustakaan. Dan usaha yang bisa dilakukan pustakawan adalah dengan menambah, memperluas dan mengupdate ilmu teknologi agar dapat menunjang jalannya perpustakaan. Berkembangnya teknologi informasi juga menghasilkan alat yang membantu manusia dalam merekam informasi dan menyimpan filenya dengan menggunakan komputer dan media penyimpanan lainnya.


Keywords


teknologi informasi, revolusi industri 4.0, perpustakaan, pustakawan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amri. (2016). Komunikasi Dalam Menunjang Terwujudnya Makassar Sebagai “ Smart City .” Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2), 431–445.

Fatmawati, E. (2018). Disruptif diri pustakawan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 12(1), 1-13.

Sumiati, E. (2020). REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI PERPUSTAKAAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Buletin Perpustakaan, 13-22.

Armen, A. (2019). KESIAPAN PUSTAKAWAN DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI. Maktabatuna, 1(2), 161-170.

Rifai, A. (2019). Teknologi Media Informasi di Perpustakaan.

Wahyuningsih, I. (2017). Analisis Dampak Teknologi terhadap Kebutuhan Tenaga Pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Rifai, A. (n.d.). Teknologi Media Informasi di Perpustakaan. 1–34.

Simulakrum, T., Baudrillard, J., Upaya, D. A. N., Azwar, M., Azwar, P., Simulakrum, M. T., Baudrillard, J., & Ilmu, J. (2014). REALITAS. 38–48.

Subroto, G. (2009). Perpustakaan Digital. Pustakawan Perpustakaan UM, 10(2), 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v17i1.16645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fayeesha Salsabila, Marlini - Marlini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia