Layanan Daring Perpustakaan Perguruan Tinggi UPI Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid 19 (Sejak tahun 2019 – 2021)

Fadilla Selsha Amanda

Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar pada aktivitas manusia. Tak terkecuali perpustakaan pun mendapat dampak berupa ditutupnya kunjungan langsung dalam rangka mencegah penularan Covid-19. Dengan ditutup sementara kunjungan pemustaka, Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia tetap berupaya melayani pemustaka dengan mengoptimalkan layanan daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui upaya maupun inovasi yang dilakukan perpustakaan Univeristas Pendidikan Indonesia juga pengaruhnya pada perpustakaan dan juga pemustaka. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ini yaitu studi literatur. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa layanan daring mengalami peningkatan selama pandemic covid-19. Layanan repository paling banyak diakses oleh pemustaka. Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia juga melakukan inovasi dengan mengembangkan layanan daring selama masa pandemic covid-19 sehingga pemustaka dapat terpenuhi kebutuhan informasinya kapan pun dan dimana pun.

Keywords


Layanan daring; Perpustakaan; Pandemi covid-19

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ardiana, Dewa Putu Yudhi, Arin Tentrem Mawati, Agus Supinganto, Janner Simarmata, Ika Yuniwati, I. Made Sudarma Adiputra, Ni Putu Wiwik Oktaviani, Ni Wayan Trisnadewi, Bonaraja Purba, Bertha Natalina Silitonga, dan Sukarman Purba. 2021. Metodologi Penelitian Bidang Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Febriana, Rina. 2021. Evaluasi Pembelajaran. Bekasi: Bumi Aksara.

Hasan, Thamrin, dan Agus Rifai. 2021. “Layanan Daring Perpustakaan Perguruan Tinggi Dan Sikap Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Provinsi Riau.” Media Pustakawan 28(2):98–108.

Idham, Fadillah Suryana. 2020. “KONTRIBUSI PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI INSTAGRAM @PERPUSTAKAAN_UPI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PEMUSTAKA (Studi Kuantitatif Deskriptif Dengan AISAS Model Pada Pengikut Instagram Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia).” other, Universitas Pendidikan Indonesia.

ISO. 2013. “ISO 2789:2013(en), Information and documentation — International library statistics.” Diambil 29 Mei 2020 (https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:2789:ed-5:v1:en).

Johan, Riche Cynthia, Hada Hidayat Margana, Damayanty Damayanty, Santi Santika, Tri Agung Yogaswara, dan Yayu Wulandari. 2020. “OPTIMALISASI LAYANAN DALAM JEJARING PERPUSTAKAAN UPI MASA BENCANA COVID-19.” Edulib 10(1):84–99. doi: 10.17509/edulib.v10i1.24288.

Permadi, Agie. 2020. “Dampak Corona, Perkuliahan di UPI Dilakukan Secara Online.” KOMPAS.com. Diambil 21 Oktober 2021 (https://regional.kompas.com/read/2020/03/14/22113521/dampak-corona-perkuliahan-di-upi-dilakukan-secara-online).

Powell, Jill. 2021. “LibGuides: Books & Bytes: Librarians as Information Managers: Types of Libraries.” Diambil 24 September 2021 (https://guides.library.cornell.edu/c.php?g=30898&p=198569).

Putri, Vanya Karunia Mulia. 2021. “Komponen Penunjang Komunikasi dalam Jaringan (Daring).” KOMPAS.com. Diambil 21 Oktober 2021 (https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/26/140408069/komponen-penunjang-komunikasi-dalam-jaringan-daring).

Rahma, Elva. 2018. Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Rifai, Agus. 2017. “Open Access’ Dan Wacana Pengembangan Perpustakaan Akademik Berkelanjutan.” AL-MAKTABAH 16(1).

Stephanie, Conney. 2021. “Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet dan Medsos Setiap Hari? Halaman all.” KOMPAS.com. Diambil 21 Oktober 2021 (https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/11320087/berapa-lama-orang-indonesia-akses-internet-dan-medsos-setiap-hari).

Suharti, Suharti. 2020. “Layanan Perpustakaan Di Masa Pandemi Covid 19.” Buletin Perpustakaan 0(0):53–64.

Sutarno, NS. 2006. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto.

Wulandari, Risti Ari. 2021. “Tantangan dan Peluang Pelaksanaan Kelas Literasi Informasi Daring di Masa Pandemi Covid-19.” Pustakaloka 13(1):59–72. doi: 10.21154/pustakaloka.v13i1.2538.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v16i1.10456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fadilla Selsha Amanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________
Alamat:

IQRA': JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
20371
Medan - Sumatera Utara
Indonesia